Phytoplasma penyakit baru untuk kalapa sawit

Phytoplasma penyakit baru untuk kalapa sawit - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Phytoplasma penyakit baru untuk kalapa sawit, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, hama dan penyakit tanaman, Perlintan, Pertanian, Peternakan, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Phytoplasma penyakit baru untuk kalapa sawit
link : Phytoplasma penyakit baru untuk kalapa sawit

Baca juga


Phytoplasma penyakit baru untuk kalapa sawit

-- --
Penyakit baru yang berjangkit pada tanaman kelapa sawit adalah Lethal wilt (Marchitez letal), dilaporkan menyerang kelapa sawit di daerah Kolombia bagian timur. Penyebab penyakit ini telah diidentifikasi oleh Alvarez dan Claroz sebagai Phytoplasma dan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut penyakit ini telah dilakukan eradikasi seluas 400 ha tanaman kelapa sawit pada tahun 2002. Di India, sebagai tanaman “tamu”, kelapa sawit juga diserang oleh Phytoplasma penyebab penyakit Kerala wilt dan dilaporkan sebanyak 15.000 pohon kelapa sawit mati karena penyakit ini. Di Indonesia sendiri, khususnya di Kalimantan Tengah telah berjangkit penyakit Kalimantan wilt pada tanaman kelapa yang juga disebabkan oleh Phytoplasma.
Penyakit Kalimantan wilt ini dikuatirkan akan menyebar dan menyerang tanaman kelapa sawit mengingat kasus yang terjadi pada penyakit Kerala wilt.
Monitoring dan deteksi penyakit ini terhadap benih kelapa sawit baik yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri dengan menggunakan metoda “nested” polymerase chain reaction (PCR) telah dilaksanakan, dengan menggunakan dua pasang primer untuk mengamplifikasi ribosomal DNA (rDNA) phytoplasma pada daerah 16S dan 23S. Pasangan primer pertama yang digunakan adalah P1 dan P7 kemudian dilanjutkan dengan pasangan primer R16F2n dan R16R2 atau pasangan primer LY16Sf dan LY16Sr. Dengan metoda ini telah diuji berbagai sampel kelapa sawit dan dapat disimpulkan bahwa hingga kini penyakit Phytoplasma pada kelapa sawit belum diketemukan di Indonesia.


Demikianlah Artikel Phytoplasma penyakit baru untuk kalapa sawit

Sekianlah Pembahasan Phytoplasma penyakit baru untuk kalapa sawit kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Phytoplasma penyakit baru untuk kalapa sawit"
    Back To Top