Pemupukan lewat Daun tanaman

Pemupukan lewat Daun tanaman - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Pemupukan lewat Daun tanaman, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, hara tanaman, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Pemupukan lewat Daun tanaman
link : Pemupukan lewat Daun tanaman

Baca juga


Pemupukan lewat Daun tanaman

POTHO HASIL DEMPLOT BRANTACOL 70 WP & BLEACHER 250 EC
Dari sekian banyak cara pemupukan salah satunya adalah pemupukan lewat daun. Pemupukan lewat daun ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan pemupukan lewat daun ini diantaran:
POTHO HASIL DEMPLOT BRANTACOL 70 WP & BLEACHER 250 EC
  1. Penyerapan unsur haranya relatif lebih cepat.
  2. Bisa ditambahkan unsur mikro, karena pupuk (kimia) yang dilewatkan akar kebanyakan hanya megandung unsur hara makro saja, kecuali kalau tanah sering diberi pupuk organik maka pupuk hara mikro tersedia juga.
  3. Tidak terjadi pengikatan unsur hara seperti halnya tanah dimana sebagian unsur hara akan diikat dengan kuat oleh partikel tanah dan sulit untuk dilepaskan sehingga;
  4. Tanah akan terhindar dari kerusakan.
Perlu diperhatikan bahwa pemupukan lewat daun sebaiknya disemprotkan melalui bagian bawah permukaan daun dan dilakukan pada pagi hari, karena masuknya pupuk daun melalui stomata (mulut daun) dimana stomata ini merupakan lubang untuk transpirasi dan juga sekaligus untuk masuknya cairan baik yang berupa pupuk atau pestisida yang bersifat sistemik, dan stomata ini sebagian besar terdapat dibawah permukaan daun. Membuka dan menutupnya stomata berkaitan dengan tekanan turgor melaului proses defusi-osmosis, dan proses defusi-osmosis pada daun di pengaruhi oleh sinar matahari. Oleh karena itu penyemprotan sebaiknya dilakukan setelah ada sinar matahari namun penyemprotan sebaiknya dihentikan setelah sinar matahari sudah mulai terasa terik, karena sebagian unsur akan lebih banyak menguap bila matahari semakin panas dan angin lebih kencang berhembus. Sementara bila penyemprotan dilakukan pada sore hari juga tidak terlalu efektif karena pada sore hari biasanya angin lebih kencang berhembus sehingga akurasi penyemprotan tidak sempurna, dan sinar matahari segera menghilang sehingga stomata juga segera menutup. Sementrara proses masuknya unsur hara kedalam daun yang optimal memakan waktu sekitar 2-4 jam.
Penyemprotan pada bagian bawah permukaan daun ini juga mempunyai keuntungan lain yaitu bila pupuk daun dicampur dengan pestisida (walaupun tidak ada anjuran mencampurnya tetapi hal itu bisa, boleh dan syah saja dilakukan) akan bisa mengendalikan hama-hama yang ada pada tanaman, karena sebagian besar hama bersembunyi pada permukaan daun bagian bawah, demikian juga halnya dengan fungi / jamur yang sebagian besar menyerang pada bagian bawah tanaman yang terhindar dari sinar matahari langsung. Namun purlu diingat penggunaan pestisida sebaiknya dilakukan sebijaksana mungkin, dengan mempertimbangkan faktor lingkungan dan kesehatan karena residu efek yang disebabkan pestisida tersebut akan berbahaya untuk jangka pendek ataupun panjang. Penyemprotan (secara teori dan anjuran) sebaiknya dilakukan setelah hama mencapai ambang batas pengendalian.
Oleh karena itu yang perlu dijadikan catatan adalah, penyemprotan tanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan dihentikan saat matahari terik, serta disemprotkan pada bagian bawah permukaan daun.


Demikianlah Artikel Pemupukan lewat Daun tanaman

Sekianlah Pembahasan Pemupukan lewat Daun tanaman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • Tag : hara tanaman
    33 Komentar untuk "Pemupukan lewat Daun tanaman"

    artikel bagus semoga bermanfaat bagi para petani

    wah bagus cabenya nanam dimana itu pak ? faritasnya apa ya ?

    berkunjung ke potret pertanian saling berbagi ilmu dan pengetahuan, suport terus sahabat

    arifudi, rimakasih atas kunjunganya, amin semoga saja bermanfaat.

    penggal malamku ,nanam nya dialahan panjang solok sumatera barat, faritas lokal karena untuk hibrida selama ini belum ada yang cocok untuk daerah alahan panjang.

    himafaperta , trimakasih atas kunjunganya semoga dengan berbagi semua akan menjadi lebih baik, amin..

    ikut meramaikan dan suport buat potret pertanian, dan salam hangat

    Trimakasih buat potret pertanian yang selalu memberikan informasi-informasi tentang pertanian di sumatera barat, succes buat potret

    inforcom, trimakasih dan salam hangat kembali, semoga sering-sering mampir, hehe ditunggu ya

    ktna sumbar, trimaksih buat dukunganya, dengan ini potret akan tambah semangat..

    Hemm banyak belajar nih disini :)

    system of blog . Sama sama belajar sobat, trimakasih atas kunjunganya

    singgah sambil promosi disini bahwa inthani makmur produsen benih yang menyediakan semua jenis tanaman, langsung saja ktk

    inthani makmur , silah kan monggo mawon mas in

    Penjelasannya sangat mendetail. Terimakasih buat infonya

    Berita Artis, trimakasih atas kunjunganya, semoga bermanfaat

    Terima kasih atas kunjungannya...
    jika butuh bibit tanaman, silakan hubungi melalui kontak yang ada. Mungkin kita bisa kerja sama.
    Terima kasih.....

    CV. Mitra Bibit. sama-sama sahabat, ok trimakasih atas informasinya kita carikan lobangnya dulu jika ok saya langsung ke TKP.

    bermanfaat ni bagi petani.. :D

    wah cocok tanam, seru kayaknya

    iydha. AMIN YAROBAL ALAMIN, semoga semakin sejahtera para bapak penyangga pangan bangsa kita indonesia..

    koclok .hehe iya sobat, belajar menanam cabe

    Bang Budi..aku pribadi salut banget sama blog abang yang isinya sangat bermanfaat..teru terang aku acungin jempol buat abang,salam kenal ya bang moga makin erat jalinan persaudaraan kita..amien,dan sebagai rasa hormatku sama abang itu sdh aku FOLLOW 23..wassallam.

    ICAH BANJARMASI. trimakasih atas suport nya. Salam kenal kembali buat Icah, dan trimakasih lagi telah follow. Potret akan segera follow beck ke Icah. Trim ya telah sempatkan buat mampir dan comentarnya.

    Terima kasih sahabat atas berbagi informasi dan juga pengetahuannya ini sahabat

    berguna nih buat pengetauan :) baca duluu ahh:)))


    ooo yaa. boleh minta follownya gk ?

    Blog Keperawatan. trimakasih kembali, dan salam kenal

    Candra. semoga saja begitu, silahkan baca-bacanya hehe, follow nya ten dengan sangat senang hati,...

    ane selalu suport buat potret pertanian, keren :D

    Aldio Blog. Trimakasih atas suport dan kesedianya komentar..

    Kirain hanya lewat akar, sekalinya bisa juga lewat daun. Informasi yang sangat berharga.......

    Ikut menyimak pertanian, sob,,,
    salam kenal ,,,

    wilujeng ngeblog

    Sakahayang Dot Com. silahkan sob. salam kenal kembali

    Back To Top