Potret Menyambut Bulan Ramadhan

Potret Menyambut Bulan Ramadhan - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Potret Menyambut Bulan Ramadhan, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, serba-serbi potret pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Potret Menyambut Bulan Ramadhan
link : Potret Menyambut Bulan Ramadhan

Baca juga


Potret Menyambut Bulan Ramadhan

-- --
Marhaban ya ramadhan
Selamat menyambaut Bulan suci Ramadhan, Bulan yang biasa disebut bualn seribu bulan, Dimana didalam bulan ramadhan ini semua umat Isalam di penjuru Dunia Menyambuat BUlan ramadahn dengan penuh suka ria, serta harapan dapat mengisi Bulan ramadhan dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang maha esa.
nah sekarang ini Potret akan mengabarkan bagaimana kemeriahan dalam rangka menyambut Datangya Bulan Suci Ramdan yang dimeriahkan oleh masyarakat Sumatera Barat sekalipun Postingan kali ini sangat Melenceng Dari Judul website ini, Tapi ini adalah bentuk Potret Pertanian yang ikut memeriahkan datangnya Bulan suci Ramadhan Kali ini. Ok langsung saja disimak ! wkwwk Kayak berita di TVRI aja.
Menyambut bulan suci Ramadhan, bagi sebagian besar umat muslim di berbagai pelosok Nusantara, tentu mempunyai tradisi masing-masing untuk untuk merayakannya. Tidak terkecuali dengan masyarakat di Sumatera Barat, acapkali menyelenggarakan suatu ritual membersihkan diri (mandi) yang disebut balimau. Dalam adat Minang, Balimau adalah sebuah tradisi turun temurun yang merupakan kegiatan seseorang dalam menyambut puasa, untuk membersihkan diri agar membasuh seluruh tubuhnya menggunakan air bersih yang dicampur dengan jeruk atau limau menurut bahasa setempat. Menurut cerita yang saya dengar dari beberapa orang tua di kota Padang, tradisi balimau telah berlangsung lama semenjak abad ke 19. Hanya saja, saat itu tradisi balimau meski dilakukan di sungai yang terbuka. 
Seperti yang dilakukan di Daerah pemandian Lubuk Minturun Padang yang dipadati elh semua lapisan masyarakat dari yang tua hingga yang setengah baya ikut memeriahkan acara Tahunan ini yang di lakukan setiap awal bulan Ramadhan( sehari sebelum Melakukan ibadah puasa). akan tetapi acara hari ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun lalu, yang terliahat ada sedikitnya lima puluh aparat kepolisian dibantu oleh dinas perhubungan ikut mengawal jalanya acara ini. Mungkin ini adalah salah satu partisipasi pemerintah dalam melestarikan budaya yang telah dilakukan secara turun temurun, sekalipun dalam acara tersebut sering dijadikan ajang ataukesempatan untuk berbuat mesum,  inilah hal-hal kurang terpuji yang ahirnya menodai kaidah budaya yang sebenarnya, sehingga acara ini sering menjadi kontrofersi. nah semoga acara kali ini tidak terjadi hal yang demikian karena telah ada campurtangan dari pemerintah yang yang ikut mengawal jalanya acara tersebut dengan berkeliarannya para aparat ditempat-tempat yang memungkinkan terjadinya tindakan yang tak terpuji yang ahirnya akan membuat rusaknya budaya yang sebenarnya agar tradisi yang telah turun temurun tersebut tidak punah dalam beberapa tahun kedepan akibat generasi selanjutnya memandang dari sisi negatifnya saja. 
demikaian lah sobat potret pertanian yang baik hati, semoga sajian ini dapat menjadi salah satu bentuk Potret yang berusaha mengenalkan pada dunia bahwa kita di indonesia ini memiliki beragam budaya yang diturunkan oleh nenek moyang kita.
selamat menunaikan ibadah puasa 1432 hijriah semoga amal ibadah kita diterima disi Allah Yang maha kuasa. salam Potret Pertanian.


Demikianlah Artikel Potret Menyambut Bulan Ramadhan

Sekianlah Pembahasan Potret Menyambut Bulan Ramadhan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 30 Komentar untuk "Potret Menyambut Bulan Ramadhan"

    unik Emang sumatera barat.........

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

    wah rame bnget bang, tradisi yang mnarik, dijawa jg ada tradisi yng hmpir serupa dg balimau, biasanya di danau...
    slmt mnjalankan ibadah puasa

    . . seru tuch kayak nya main^ di kali. he..86x . .

    di pulau jawa juga ada tradisi mandi seperti balimau itu, namanya tradisi padusan. inti dan tujuan utamanya pastinya sih untuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa.

    selamat menjalankan puasa ya.

    seperti tradisi dikampung saya, yang namanya padusan. rame dan ada dangdutan.

    ada jyga yang biasanya ramai sob,,yaitu pertamina

    Salam dari G-Tutorial

    subhanallah aku kagum sekali dengan budayanya..
    marhaban ya ramadhan sahabatku..:)

    @HOLTICULTURA SEED. iya sumatera barat memang banyak terdapat hal-hal unik yang lainya...

    @wongcrewchild. iya mas bro, selamat menunaikan ibadah puasa juaga semoga amal ibadah kita diterima Oleh Allah SWT.. amin.

    @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥. bener bhak yu hehe 1120x

    @Mami Zidane. iya bhak tapi setiap daerah mempunyai tradisi yang berbeda, tetapi intinya untuk mensucikan diri untuk mengerjakan ibadah puasa, selamat menjalankan puasa ya...

    @Djangkaru Bumi. wah mantap tu mas broo..

    @Lukman Hakim. iya mas dan selamat menunaikan ibadah puasa...

    wohhh rame banget bang....sama seperti di kota saya nih.... ramenya...

    @Ehwansah Jailani. hehe mantap lah mas broo..

    klo soal budaya ga papa, yang mesum itu loh. mau bulan baik ko malah mesum? aneh pemuda sekarang. semoga saja tidak.

    ko polisi turun tangan, berarti mau ada kerusuhan atau di pancing kerusuhan dalam acara itu ya?

    salam ramadhan, selamat berpuasa

    adatnya unik kang.. hehehe
    itu mandi dikali dalam proses pembersihan yah kang?? :D

    Seru ya..?? semoga tidak hanya sebatas sampai disitu saja tampa dibarengi dengan ibadah yang sungguh-sungguh. Marhaban Ya Ramadhan, mohon maaf lahir bati ya..?? Salam Silaturahim.

    Id survival.he he cuma jaga mas bro.

    cerita anak kost. he he iyatuh mang aneh anak jaman sekarang. tapi itu cuma rumor kok. semoga saja tidak.terjadi.

    Ahmad Rizal Samsi. trimakasih salam kembali.

    Chumhienk™. bener sekali mas bro..

    Suhendri Mr . amin ya robal alamin.

    Ramadhan emang hal yang paling ditunggu umat islam. seru kalo ramadhan tuh :)

    Sangat memberi motifasi Sobat, Sorry blum bisa rutin support, masih banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Met ngeBlog aja. Semoga tambah sukses selalu

    Back To Top