Hutan adalah Titipan dari anak cucu kita

Hutan adalah Titipan dari anak cucu kita - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Hutan adalah Titipan dari anak cucu kita, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, serba-serbi potret pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Hutan adalah Titipan dari anak cucu kita
link : Hutan adalah Titipan dari anak cucu kita

Baca juga


Hutan adalah Titipan dari anak cucu kita

asalamualakum salam sukses selalu buat sahabat potret pertanian yang baik dimanapun berada, semoga kita selalu dalam lindungan Allah yang maha kuasa amin... sahabat setelah lama menghilang dikarenakan kesibukan yag menyita banyak waktu sehingga potret baru sempat membuat posting baru di potret pertanian ini... hehe harap maklum kan pengacara (pengangguran banyak acara). nah inilah postingan pertama potret yang setelah lama absen di dumay, inspirasi ini potret dapat ketika berkunjung diwilayah taman hutan raya Bung Hatta di padang sumatera barat, yang mengingatkan kita betapa pentingnya perana hutan bagi kehidupan manusia yang ada di bumi tercinta ini. ok sahabat potret mari kita simak artikel dibawah ini semoga bermanfaat bagi pelestarian hutan kita untuk menjaga ekosistem alam ini..

MENGAPA HUTAN DIANGGAP PENTING
Hutan merupakan tempat tinggal bagi 50% spesies dunia dan mendukung mata pencaharian 90% dari 1,2 miliar penduduk yang hidup dalam kemiskinan. Dengan demikian, hutan mempunyai peran yang jauh lebih penting daripada sekedar menyimpan karbon saja.
Pencegahan Perubahan Iklim
 Hutan tropis mencakup sekitar 15% dari daratan di dunia dan mengandung lebih banyak karbon daripada atmosfer. Hutan mengatur iklim dan cuaca dan memainkan peran penting dalam siklus air dunia. Namun demikian, hutan mengalami penurunan dengan cepat sehingga mengakibatkan 17% emisi gas rumah kaca global. Hal ini menyebabkan pentingnya pengelolaan hutan untuk pencegahan perubahan iklim.
Penduduk Asli 
 Secara global, hutan merupakan tempat tinggal bagi 60 juta penduduk asli yang bergantung pada hutan sebagai sumber bahan bakar, makanan, obat-obatan, dan tempat berteduh. Penduduk asli dan mereka yang hidupnya bergantung pada hutan merupakan para pengurus hutan mereka, yang memberikan layanan ekosistem penting bagi umat manusia selebihnya. Perubahan iklim akan berdampak besar bagi penduduk tersebut dan dengan demikian mengurangi penggundulan hutan akan membantu melindungi komunitas tersebut dari dampak iklim. Pengembangan proyek-proyek REDD juga akan memberikan dukungan finansial pengadaan fasilitas-fasilitas yang di butuhkan masyarakat tanpa harus melakukan pembukaan lahan hutan mereka.
Layanan Ekosistem
 Hutan juga memberikan layanan ekosistem yang penting di luar penyimpanan karbon – seperti memberikan perlindungan pada daerah aliran sungai, mengatur aliran air, daur ulang zat gizi, menghasilkan curah hujan, dan mengatur penyakit. Hutan tua mengumpulkan karbon dioksida dari atmosfer – dengan mempertukarkan emisi karbon. Perlindungan terhadap hutan tropis memberi dampak penyejuk ganda (double-cooling effect) dengan mengurangi emisi karbon dan mempertahankan tingkat penguapan yang tinggi dari kanopi hutan.
Penggundulan Hutan
Penggundulan hutan adalah pembukaan lahan hutan melalui proses penebangan, pembukaan dan/atau pembakaran. Penggundulan hutan terjadi karena beberapa alasan, yaitu: kayu dan arang dapat dijual dan digunakan oleh manusia, sementara tanah yang dibuka dapat digunakan untuk perkebunan dan hunian manusia. Pengelolaan wilayah hutan merupakan hak setiap negara dan akan mempengaruhi kehidupan rakyat untuk selamanya. Pertimbangan seksama perlu dilakukan oleh setiap negara untuk memastikan adanya keseimbangan antara manfaat dan ganjaran dalam pembukaan atau pelestarian hutan. Pemusnahan pohon-pohon secara global tanpa melakukan penghijauan kembali secara memadai telah mengakibatkan kerusakan habitat, hilangnya keragaman hayati, dan pemanasan global. Dalam beberapa hal, sisa hutan dunia berada di wilayah-wilayah yang sebagian besar memerlukan pembangunan – sehingga bagaimana kita dapat memastikan bahwa perlindungan terhadap hutan tersebut dapat dilakukan dengan cara yang paling menguntungkan bagi tujuan pembangunan wilayah tersebut berikut penduduknya.
             


Demikianlah Artikel Hutan adalah Titipan dari anak cucu kita

Sekianlah Pembahasan Hutan adalah Titipan dari anak cucu kita kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 48 Komentar untuk "Hutan adalah Titipan dari anak cucu kita"

    Tapi hutan Indonesia lumayan dan cukup parah. Penggundulan yang merajalela.

    bener sekali gan, parah tu para pencuri kayu hutan. mereka hanya mengurusi kebutuhan merek sekarang, tak memikirkan kebahagiaan anak-cucu mereka

    Benar sekali sobat, Hutan memang titipan untuk anak cucu kita, makanya kita perlu menjaga, melestarikan, dan sedapat mungkin kita melakukan reboisasi,
    postingan bagus dan bermanfaat
    terima kasih

    hutan adalah sumber oksigen bagi kehidupan, mencintai alam mewujudkan kepedulian kita bagi kelestarian hutan.

    hutan ntuh sumber penghidupan kita.

    hutan salah satu sumber keseimbangan alam, jangan hancurkan. tumbang satu,tumbuhkan lagi 1000.. go green :D

    Bagaimana dengan masayarakat pinggir hutan yang selalu mendapat gangguan dari binatang liar yang merusak tanaman ladang? Perlindungan ke arah itu kayaknya jarang dibahas.....

    hutan adalah harta kita yang harus kita lindungi, maka cintailah hutan kita, jangan sampai diruksak. aku mohon.. agar hutan tidak gundul :)

    tpi apa keadaan sekarang? hutan banyak digunduli.. semoga saja orang2 yg sering gunduli termasuk penebang liar bisa tobat :)

    @Djangkaru Bumi: benar sekali mas bro hal-hal seperti itulah yang seharusnya menjadi perhatian penuh pemerintah...

    @Penyuluh Perikanan: trimakasih pak atas kesedianya berkinjung mari bersma kita sosialissikan kemasyrakat dilingkungan kita..

    @cove ranza: manteb mas ayo kita sosialisasikan menanam 1000 pohon..

    @Lukman Hakim: semoga masyarakat kita lebioh cinta hutan kita supaya anak cucu kita lebih sejahtera ya mas broo amin..

    @Harun Ar: oh ya pak kita akan bahas masalah itu di postingt yang akan datang sekarang sedang dipersiapkan, tunggu aja di postingan yang akan datang.

    @Aldio Blog: amin.... semoga saja mereka cepat taubat ya mas broo..

    hutan dmana tempat kita berteduh pula ketika ada badai atau segala macam menyebabakan bencana, maka disebut hutan itu sgt penting bagi kita semua.

    penting na hutan bagi kita semua
    /salam kenal ya mas :D

    ini yang bener bener penting, sebuah paradigma sederhana. kalau hutan adalah titipan, kita akan selalu menjaga. kalau hutan adalah warisan, akhirnya kita yang memakai seenaknya. ga tau betapa pentingnya hutan.

    waalaikumsalam, hutan memang sangat penting, dan yang lebih penting lagi...alam ini sebenarnya hanyalah titipan dari anak cucu kita di masa depan, untuk kita jaga..agar kelak bisa dimanfaatkan oleh mereja di masa depan...jadi jangan di bolak balik..bahwa hutan adalah titipan leluhur...bukan, yang benar adalah titipan anak cucu kita kelak di masa depan :)

    hutan di batam malah banyak yang di tebang dan di jadikan komplek perumahan tuh mas....serba susah ya...:)

    sahabat potret sekalian, trimakasih telah berkomentar.. Itulah masalahnya kesadaran tentang hutan di masyarakat kita sangat kurang, sehingga mencuapnya berbagai masalah akibat rusaknya hutan akibat tangan tangan manusia yang tak bertanggung jawab. Dengan berbagai dalih. Nah kira kira apa langkah yang harus kita lakukan untuk menanamkan betapa besarnya pengaruh hutan di alam kita ini.? Bagaimana menurut sahabat semua.?

    Kenyataanya banyak hutan di alihfungsikan menjadi sesuatu yang ga penting. Huft

    apa lagi anak cucu kita, generasi kita aja sudah tidak bisa mnikmati hijaunya hutan nusantara, para cukong kayu tuh mestinya sadar

    /Mmm.. mampir lagi dech disini sob :D

    @Hzndi: iulah mas banyak alih fungsi lahan yang berkedok kebutuhan yang ahirnya merigikan masyarakat, yang ahir nya banyak terjadi bencana akibat keruskan hutan, banjir bandang longsor dll.. seperti yang terjadi di padng sumatera barat, belum sembuah luka akibat banjir bandang yang terjadi pada bulan puasa kemarin kemarin sore telah terjadi lagi bnjir bandang yang sama ditempat yang sama akibat kerusakan hutan.

    @wongcrewchild: benar mas bro bagai mana anak cucu kita besok jika mereka tidak bisa menik mati hijaunya nusantara... kita bisa bayangkan betapa sedihnya mereka..

    @Ulan News: monggo silahkan dan trimakasih semoga berkesan sob..

    iya benr mas. semoga pada sadar semua..

    walau didaerah aku banyak gunung-gunung yang gundul..
    rasanya sedih lihatnya..

    mugnkin mksudnya "Hutan adalah titipan Untuk anak cucu kita" ^^

    . . ea nich. hayuk kangen^an dulu. he..86x . .

    Akhir-akhir ini banyak hutan di indonesia yang sudah berubah fungsi menjadi lahan perkebunan,terutama di kalimantan,bahkan banyak orang hutan yang merupakan habitat aslinya ikut menjadi korban bahkan banyak yang mati,miris kalau lihat di TV.love,peace and gaul.

    Hadir lagi, rasanya miris mendengar kabar dari media, sumatra dilanda banjir bandang. Ini semua akiabat tidak bisa menjaga hutan.

    @Lukman Hakim: amin itulah harapan kita semua mas..

    @Bayu Handono: bukan itu maksudnya mas hutan adalah titipan dari anak cucu kita, memang agak sedikit janggal bahasanya, tapi kata dari mempunyai arti yag lebih luas jika kita hayati dibanding untuk trims salam potret pertanian.

    @saryadi nilan: benar mas dalam dua bulan ini telah terjadi dua bencana alam banjir bandang dan ditempat yang sama, akibat kerusakan hutan..

    @Djangkaru Bumi:benar mas dalam dua bulan ini telah terjadi dua bencana alam banjir bandang dan ditempat yang sama, akibat kerusakan hutan

    wah sob,judul postingan nya "hutan adalah titipan DARI ank cucu kita"..pa bukan "hutan adalah titipan UNTUK ank cucu kita"...tp g peting lah hehehe yg jadi masalah adalah perlindungan hutan indonesia yg kurang ketat,dan para pencuri kayu yang tambah hebat dan pesat....? bisa gundul nih hutan kita sob....??

    @Masnady_Bloegreen: ok sob apapun judulnya yang penting niat dan manfaatnya ya sob, hehe

    datang memberi semangat baru sobat, trims sudah ditengok.

    @TABUHGONG: sama-sama mas bro trimakasih juag telah berkunjung,

    Back To Top