SYARAT PERTUMBUHAN RAMBUTAN

SYARAT PERTUMBUHAN RAMBUTAN - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul SYARAT PERTUMBUHAN RAMBUTAN, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Budidaya Petani, Budidaya Tanaman, Rambutan, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : SYARAT PERTUMBUHAN RAMBUTAN
link : SYARAT PERTUMBUHAN RAMBUTAN

Baca juga


SYARAT PERTUMBUHAN RAMBUTAN

SYARAT PERTUMBUHAN RAMBUTAN - Budidaya Petani. Ada beberapa syarat tumbuh untuk tanaman rambutan yang harus ada supaya dalam budidaya tanaman rambutan dapat optimal.

SYARAT PERTUMBUHAN RAMBUTAN

Iklim
  1. Dalam budidaya rambutan angin berperan dlm penyerbukan bunga.
  2. Intensitas curah hujan yg dikehendaki oleh pohon rambutan berkisar antara 1.500-2.500 mm/tahun & merata sepanjang tahun
  3. Sinar matahari harus dapat mengenai seluruh areal penanaman sejak dia terbit sampai tenggelam, intensitas pancaran sinar matahari erat kaitannya dengan suhu lingkungan.
  4. Tanaman rambutan akan dapat tumbuh berkembang serta berbuah dengan optimal pada suhu sekitar 25°C yg diukur pada siang hari. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan penurunan hasil atau kurang sempurna (kempes).
  5. Kelembaban udara yg dikehendaki cenderung rendah karena kebanyakan tumbuh di dataran rendah & sedang. Apabila udara mempunyai kelembaban yg rendah, berarti udara kering karena miskin uap air. Kondisi demikian cocok untuk pertumbuhan tanaman rambutan.
Media Tanam
  1. Rambutan dapat tumbuh baik pada lahan yg subur & gembur serta sedikit mengandung pasir, juga dapat tumbuh baik pada tanah yg banyak mengandung bahan organik ataui pada tanah yg keadaan liat & sedikit pasir.
  2. Pada dasarnya tingkat/derajat keasaman tanah (pH) tidak terlalu jauh berbeda dengan tanaman perkebunan lainnya di Indonesia yaitu antara 6-6,7 & kalau kurang dari 5,5 perlu dilakukan pengapuran terlebih dahulu.
  3. Kandungan air dlm tanah idealnya yg diperlukan untuk penanaman pohon rambutan antara 100-150 cm dari permukaan tanah.
  4. Pada dasarnya tanaman rambutan tidak tergantung pada letak & kondisi tanah, karena keadaan tanah dapat dibentuk sesuai dengan tata cara penanaman yg benar (dibuatkan bedengan) sesuai dengan petunjuk yg ada.
Ketinggian Tempat
Rambutan dapat tumbuh subur pada dataran rendah dengan ketinggian antara 30-500 m dpl. Pada ketinggian dibawah 30 m dpl rambutan dapat tumbuh namun tidak begitu baik hasilnya. Baca selengkapnya tentang budidaya tanaman rambutan di >> Budidaya Tanaman Rambutan atau di http://budidaya-petani.blogspot.com/2013/03/rambutan.html


Demikianlah Artikel SYARAT PERTUMBUHAN RAMBUTAN

Sekianlah Pembahasan SYARAT PERTUMBUHAN RAMBUTAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "SYARAT PERTUMBUHAN RAMBUTAN"
    Back To Top