Jenis Tanaman Sawo

Jenis Tanaman Sawo - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Jenis Tanaman Sawo, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Budidaya Petani, Budidaya Sawo, Budidaya Tanaman, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Jenis Tanaman Sawo
link : Jenis Tanaman Sawo

Baca juga


Jenis Tanaman Sawo

JENIS TANAMAN SAWO - Budidaya Petani. Berikut ini adalah jenis tanaman sawo.
 
Tanaman sawo dalam taksonomi tumbuhan diklasifikasikan sebagai berikut:
  • Divisi : Spermatophyta (Tumbuhan berbiji)
  • Sub Divisi : Angiospermae (Berbiji tertutup)
  • Kelas : Dicotyledonae (Biji berkeping dua)
  • Ordo : Ebenales
  • Famili : Sapotaceae
  • Genus : Achras atau Manilkara
  • Spesies : Acrhras zapota. L sinonim dengan Manilkara achr
Kerabat dekat sawo dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
  1. Sawo Liar atau Sawo Hutan : Kerabat dekat sawo liar antara lain: sawo kecik dan sawo tanjung. Sawo kecik atau sawo jawa (Manilkara kauki L. Dubard.) Sawo kecik dimanfaatkan sebagai tanaman hias atau tanaman peneduh halaman. Tinggi pohon mencapai 15 - 20 meter, merimbun dan tahan kekeringan. Kayu pohonnya sangat bagus untuk dibuat ukiran dan harganya mahal. Sawo tanjung (Minusops elingi) memiliki buah kecil-kecil berwarna kuning keungu-unguan, jarang dimakan, sering digunakan sebagai tanaman hias, atau tanaman pelindung di pinggir-pinggir jalan.
  2. Sawo Budidaya : Berdasarkan bentuk buahnya, sawo budidaya dibedakan atas dua jenis, yaitu:
    • Sawo Manilas : Buah sawo manila berbentuk lonjong, daging buahnya tebal, banyak mengandung air dan rasanya manis. Termasuk dalam kelompok sawo manila antara lain adalah: sawo kulon, sawo betawi, sawo karat, sawo malaysia, sawo maja dan sawo alkesa.
    • Sawo Apel : Sawo apel dicirikan oleh buahnya yang berbentuk bulat atau bulat telur mirip buah apel, berukuran kecil sampai agak besar, dan bergetah banyak. Termasuk dalam kelompok sawo apel adalah: sawo apel kelapa, sawo apel lilin dan sawoDuren.
     
Demikian Artikel jenis tanaman sawo, semoga bermanfaat.
 Artikel Lainnya:
 Budidaya Buah Sawo


Demikianlah Artikel Jenis Tanaman Sawo

Sekianlah Pembahasan Jenis Tanaman Sawo kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Jenis Tanaman Sawo"
    Back To Top