• Breaking News

    Tomat Ungu, Cantik dan Sarat Antioksidan

    Foto Tomat Ungu


    Tomat Ungu, Cantik dan Sarat Antioksidan
    Foto: parkseedjournal.com Jakarta - Biasanya tomat berwarna merah, oranye, dan hijau. Varietas baru tomat ungu menjadi sangat populer karena rasanya enak dan warnanya sedikit gelap. Dalam penelitian terbaru ditemukan bahwa tomat ungu ini tinggi akan antioksidan.

    Tomat bertekstur padat berair, bijinya kecil dan tersebar keseluruh daging buah. Tomat ungu disebut juga sebagai super tomato atau indigo rose. Varietas ini merupakan jenis tomat generasi terbaru, warna ungunya sama seperti warna ungu pada blueberry.

    Tahun lalu di Inggris telah dibuktikan manfaat tomat ungu sebagai anti obat anti kanker. Peneliti dari
    Oregon State University resmi meluncurkan tomat generasi baru yang berwarna ungu kebiruan. Tomat ini mengandung anthocyanin yang merupakan antioksidan tertinggi.


    Tomat ungu dinyatakan sebagai buah pertama yang mengandung anthocyanin dan bisa ditaman di kebun atau halaman rumah. Meskipun warna tomat ini sama dengan blueberry, namun berdasarkan penelitian tomat ungu paling digemari di Amerika Serikat, setelah kentang, selada dan bawang.

    Tomat ungu pertama kali ditanam pada tahun 1960-an oleh petani budidaya tomat dengan spesies liar dari Chili dan Kepulauan Galapagos. Selain tomat para peneliti juga meluncurkan jenis brokoli varietas baru tahun lalu. Brokoli ini mengandung fikonutrien dan dapat melawan kanker.

    Brokoli varietas baru ini juga mengandung glucoraphanin tiga kali lipat dari brokolo biasa. Selain untuk melawan kanker brokoli ini juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Anda sudah bisa membeli tomat ungu dan brokoli ini di swalayan.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad