Amonisasi Jerami Sebagai Pakan Ternak

Amonisasi Jerami Sebagai Pakan Ternak - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Amonisasi Jerami Sebagai Pakan Ternak, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Budidaya Petani, Teknologi Pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Amonisasi Jerami Sebagai Pakan Ternak
link : Amonisasi Jerami Sebagai Pakan Ternak

Baca juga


Amonisasi Jerami Sebagai Pakan Ternak

Amonisasi Jerami Sebagai Pakan Ternak ~ Budidaya Petani. Tujuan dari amonisasi jerami ini adalah membuat jerami padi utk pakan ternak mempunyai kecernaan lebih baik. Berikut adalah Cara Pembuatan Amonisasi Jerami untuk Pakan Ternak:

Amonisasi Jerami Sebagai Pakan Ternak


Bahan
1) Jerami padi 2) Urea 3) Molases

Alat
1) Timbangan 2) Plastik 3) Ember 4) Skop 5) Cangkul 6) Sendok 7) Alat penyiram

Cara Pembuatan
1) Perlakuan amonisi jerami padi : - 4 kg urea - 100 kg bahan kering jerami padi 2) Cara perlakuan : - Urea (4 kg) dicampur dengan air 100 liter - Kemudian jerami padi disiram air larutan urea hingga merata lapis perlapis - Kemudian tutup dengan plastik, hingga kedap udara - Diamkan selama 1-2 minggu utk proses amonisi 3) Proses amonisi dapat dilakukan di dlm tempat khusus misalnya drum bekas atau di tempat lainnya, yg ditutup dengan plastik kedap udara. 4) Proses amonisi bila sempurna ditandai tekstur jerami relatif lebih mudah putus, berwarna kuning tua atau coklat & bau monia. utk mengurangi bau amonia, jerami harus dianginkan selama 1-2 jam sebelum diberikan pada ternak.
1) Perlakuan amonisi jerami padi :
- 4 kg urea
- 100 kg bahan kering jerami padi

2) Cara perlakuan :
- Urea (4 kg) dicampur dengan air 100 liter
- Kemudian jerami padi disiram air larutan urea hingga merata lapis perlapis
- Kemudian tutup dengan plastik, hingga kedap udara
- Diamkan selama 1-2 minggu utk proses amonisi

3) Proses  amonisi  dapat  dilakukan  di  dlm  tempat  khusus  misalnya  drum bekas atau di tempat lainnya, yg ditutup dengan plastik kedap udara.

4) Proses  amonisi  bila  sempurna  ditandai  tekstur  jerami  relatif  lebih  mudah putus,  berwarna  kuning  tua  atau  coklat  &  bau  monia.  utk  mengurangi bau  amonia,  jerami  harus  dianginkan  selama  1-2  jam  sebelum  diberikan pada ternak.



Demikianlah Artikel Amonisasi Jerami Sebagai Pakan Ternak

Sekianlah Pembahasan Amonisasi Jerami Sebagai Pakan Ternak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Amonisasi Jerami Sebagai Pakan Ternak"
    Back To Top