Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit

Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Pertanian, Syarat Tumbuh, Tanaman Obat-obatan, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit
link : Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit

Baca juga


Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit

-- --
Potret Pertanian - Kunyit  merupakan salah satu rempah yang sangat banyak terdapat di Indonesia, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai herbal tradisional. Tidak heran karena manfaat tanaman / rempah ini tidak hanya untuk masakkan melainkan juga untuk kesehatan. Manfaat kunyit antara lain yang paling sering diketahui oleh masyarakat umum adalah untuk ibu menyusui, untuk ibu hamil dan sebagainya. Sedangkan manfaat lainnya dari kunyit adalah untuk membersihkan wajah dan menghilangkan flek hitam pada kulit

Berikut adalah syarat tumbuh tanaman kunyit yang meliputi iklim yang cocok untuk budidaya kunyit, media tanam kunyit dan ketinggian tempat yang cocok untuk memelihara kunyit.


Berikut adalah beberapa sayarat tumbuh tanaman kunyit.

Iklim untuk budidaya kunyit 
  • Tanaman kunyit dapat tumbuh baik pada daerah yang memiliki intensitas cahaya penuh atau sedang, sehingga tanaman ini sangat baik hidup pada tempat-tempat terbuka atau sedikit naungan.
  • Pertumbuhan terbaik dicapai pada daerah yang memiliki curah hujan 1000-4000 mm/tahun. Bila ditanam di daerah curah hujan < 1000 mm/tahun, maka system pengairan harus diusahakan cukup & tertata baik. Budidaya Kunyit dpt dibudidayakan sepanjang tahun. Pertumbuhan yang paling baik adalah pada penanaman awal musim hujan.
  • Suhu udara yang optimum bagi tanaman ini antara 19-30°C.
Media Tanam 
  • Kunyit tumbuh subur pada tanah gembur, pada tanah yang dicangkul dgn baik akan menghasilkan umbi yang berlimpah.
  • Jenis tanah yang diinginkan adalah tanah ringan dgn bahan organik tinggi, tanah lempung berpasir yang terbebas dari genangan air/sedikit basa.
Ketinggian Tempat 

Kunyit tumbuh baik di dataran rendah (mulai < 240 m dpl) sampai dataran tinggi (> 2000 m dpl). Produksi optimal + 12 ton/ha dicapai pada ketinggian 45 m dpl..


Sekian dan semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit

Sekianlah Pembahasan Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit"
    Back To Top