Penanaman dan Perawatan Tanaman Lidah Buaya

Penanaman dan Perawatan Tanaman Lidah Buaya - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Penanaman dan Perawatan Tanaman Lidah Buaya, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Budidaya Tanaman, Pertanian, Tanaman Hias, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Penanaman dan Perawatan Tanaman Lidah Buaya
link : Penanaman dan Perawatan Tanaman Lidah Buaya

Baca juga


Penanaman dan Perawatan Tanaman Lidah Buaya

-- --
Potret Pertanian - Tentunya banyak diantara Anda yang sudah tak asing lagi dengan tanaman bernama lidah buaya atau juga yang lebih dikenal sebagai aloe vera. Aloe vera merupakan sebuah tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk industri kecantikan, baik itu digunakan sebagai bahan dasar pembuatan shampo, lotion maupun produk kecantikan yang lainnya.

Selain itu juga jangan salah karena kandungan gizi yang ada di dalamnya cukup tinggi sebagian besar orang juga mengolahnya sebagai produk pangan, baik dengan menjadikannya sebagai minuman, nata de coco atau juga sebagai manisan. Semuanya tentu memiliki nilai jual yang terbilang tinggi bukan.
Lidah buaya atau Aloe vera adalah tanaman yang akrab di telinga. Selain sangat mudah perawatannya, tanaman ini pun dikenal punya banyak manfaat dan khasiat.

Lidah buaya biasanya ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias. Daunnya berwarna hijau tua sampai hijau pucat ; di bagian belakang daun berwarna bintik-bintik putih. Bentuk daun ramping, tebal dan pada bagian tepi bergerigi kecil-kecil.


Bila Anda tertarik menanam dan mengembangkan tanaman ini, berikut ini adalah beberapa tip yang dapat dijadikan panduan.

1). Butuh waktu cukup lama buat lidah buaya untuk tumbuh di dalam ruangan. Namun Aloe Vera dapat ditanam di dalam rumah atau pun di luar rumah. Tanaman ini butuh cahaya alami dan akan tumbuh bagus bila memperolah cahaya langsung selama sekitar 4 jam sehari . Warnanya akan kecoklatan bila kontak sinar matahari secara berlebihan. Pada siang hari lidah buaya butuh suhu 68-72 derajat Fahrenheit, dan malam hari 50-55 derajat Fahrenheit.

2. Gunakan pot dengan media tanam dan pengairan yang baik. Media tanam yang cocok terdiri atas satu campuran bagian tanah kebun, satu bagian pupuk kandang atau kompos, satu bagian pasir, dan setengah bagian serbuk arang. Media tanam diusahakan dalam kondisi agak ekring, tidak boleh terlalu basah. Karena lidah buaya salah satu jenis succulent, jangan terlalu sering disiram.

3. Pastikan tanah atau pasir dalam pot tetap kering sebelum disiram. Pastikan pula ada lubang di bawah pot supaya air dapat mengalir dengan mudah.

4. Tanaman yang baru dibeli tidak perlu langsung dipupuk pada tahun-tahun pertama. Tunggu sampai tahun berikutnya

5. Pengepotan kembali dilakukan saat media telah menjadi padat dan tanaman sudah memenuhi pot. Pengepotan dapat dilakukan setiap waktu.



Demikianlah Artikel Penanaman dan Perawatan Tanaman Lidah Buaya

Sekianlah Pembahasan Penanaman dan Perawatan Tanaman Lidah Buaya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Penanaman dan Perawatan Tanaman Lidah Buaya"
    Back To Top