• Breaking News

    Pengertian Karang Taruna yang sebenarnya

    karang taruna harus kerja keras
    Pengertian Karang Taruna yang sebenarnya - Karang Taruna merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang bersifat local yang berada di bawah naungan Departemen Sosial ( DEPSOS ). Secara bahasa, Karang Taruna barasal dari dua suku kata, yakni Karang dan Taruna. Karang berarti tempat dan Taruna berarti pemuda atau remaja. Jadi, Karang Taruna bisa di artikan sebagai tempat berkumpulnya para pemuda dan remaja untuk beraktifitas dan melakukan kegiatan. Keberadaan Karang Taruna terdapat hampir di seluruh Indonesia, di sesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing. Sesuai dengan namanya, biasanya karang taruna di isi oleh para pemuda dan remaja. Pada awalnya, karang taruna di bentuk untuk memberikan pembinaan pada para remaja, terutama pada remaja yang putus sekolah dan menganggur. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, ternyata karang taruna tidak hanya di isi oleh para remaja yang menganggur, tetapi banyak pula remaja yang masih duduk di bangku sekolah SMP dan SMA, bahkan tidak sedikit dari anggota karang taruna yang sudah menikah.  Keanggotaan karang  taruna tidak lagi di batasi oleh umur, status dan predikat lainnya. Selama ada orang yang mau berpartisipasi dalam kemajuan kegiatan karang taruna dan mau mengikuti kegiatan yang di selenggarakan oleh karang  taruna ia dapatdi katakan anggota karang  taruna.

    Mengapa harus di bentuk Karang  Taruna? Karang  Taruna di dirikan dengan tujuan untuk memberikan pembinaan kepada para remaja, terutama remaja putus sekolah dan tidak memiliki pekerjaan. Jika mereka tidak di bina, ada kekawatiran dapat banyak menimbulkan permasalahan  social, mulai dari dari kenakalan remaja sampai pada tindakan kriminalitas. Dampak yang di timbulkan tidak hanya menimpa mereka saja, tapi juga bisa merugikan berbagai pihak, terutama  orang tua, keluarga dan masyarakat. Melalui Karang Taruna, di harapkan para remaja bisa menyalurkan semua bakat yang di milikinya, sehingga potensi yang mereka miliki bisa tergali secara optimal. Bakat yang selama ini terpendam dalam jiwa mereka, sedikit demi sedikit mulai bisa di  gali dan di naikan ke permukaan dan lama kelamaan akan lebih terasah. Pendek kata, dengan adanya Karang  Taruna di harap kan para remaja dapat di bina menjadi insan yang produktif dan bermanfaat  baik bagi dirinya sendiri ataupun bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Di harapkan mereka bisa menjadi orang-orang yang mandiri yang tidak bergantung dan menjadi beban bagi orang lain.

    Selama ini masih banyak masyarakat yang berpandangan salah tentang Karang Taruna  karena mereka hanya melihat karang taruna dengan sebelah mata. Bahkan tidak menutup kemungkinan  ada yang memiliki pandangan negative terhadap karang taruna. Pandanga seperti itu wajar terjadi dan hal itu bisa menjadi masukan bagi kita semua.Pandanga tersebut biasanya keluar dari orang-orang yang punya perhatian dan kepedulian pada tindak tanduk serta kegiatan karang taruna di desanya. Sebenarnya, respon seperti itu berpulang  pada anggota karang taruna sendiri. Jika ada masyarakat yang tidak peduli dengan keberadaan karang  taruna karena mungkin anggota karang  taruna sendiri yang tidak bisa bergaul dan menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat. Bahkan mungkin cenderung bertentangan dengan kehendak masyarakat. Jika ada pandangan masyarakat yang berpandangan negative pada karang taruna, mungkin saja mereka melihat perilaku negative dari sebagian anggota  karang taruna di lingkungannya. Oleh karena itu, pandai-pandailah dalam menjaga citra positif di hadapan masyarakat  sehingga keberadaan karang  taruna dapat di terima dengan baik di lingkungan masyarkat bahkan bisa menjadi mitra strategis dalam membangun desa.

    Sepintas, karang  taruna sering di identikan dengan kegiatan olah raga, padahal bukan itu saja. Olah raga mungkin sebagian kecil dari kegiatan karang taruna. Jika mau di selidiki lebih jauh, tarnyata kegiatan karang  taruna meliputi banyak bidang.  Salah satunya adalah kegiatan ketrampilan. Remaja yang berbakat di bidang elektronik di didik untuk terampil di bidang tersebut. Demikian juga mereka yang senang dengan kerajinan mereka akan di bina di bidang ketrampilan. Dan remaja putri pun tidak mau ketinggalan, untuk remaja putri yang menyukai seni merangkai bunga ataupun hobi masak memasak akan di berikan pelatihan  atau kegiatan yang terkait dengan hobi mereka. Selain ketrampilan, bidang kesenian juga menjadi salah satu garapan karang taruna. Ada yang senang  bernyayi di fasilaitasi untuk membuat grup. Yang senang dengan seni drama ataupun paduan suara di didk, di latih dan di kirim ke barbagai kompetisi.Keberadaan karang taruan, maju dan mundurnya di tentukan oleh keaktifan dan peran serta semua anggotanya. Bukan hal yang aneh jika ada karang  taruna yang sekedar ada. Namun ada pula karang  taruna yang dapat mensejahtrakan seluruh anggotanya, bahkan ada karang taruna yang dapat membatu masyarakat  sekitarnya.

    Bersambung………….

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad