• Breaking News

    Peran Karang Taruna Dalam Peningkatkan Kecakapan Hidup Generasi Muda


    karang taruna & life skill
    • Peningkatan Kecakapan Hidup ( life skil )
    Bidang kecakapan hidup ( life skil ) atau sering di sebut ketrampilan merupakan bidang yang sangat di butuhkan oleh masyarakat desa. Bidang ini di harapkan dapat bermanfaat untuk mengisis kekosongan waktu sehabis bekerja atau mungkin menjadi sumber pendapatan. Ada banyak ketrampilan yang dapat di berikan kepda mereka di berbagai bidang. Sebagai contoh ketrampilan menyablon atau membuat kerajinan dari abmbu dan bahan baku lainnya. Jika karang taruna mampu mengembangkan bidang ketrampilan ini , di harapkan para pemuda yang berada di desa dapat mencukupi kebutuhan hidupnya. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk memulai kegiatan ini.

     Memilih Jenis Ketrampilan
    • Langkah pertama, Memilih Jenis Ketrampilan.
    Jangan semua jenis ketrampilan di latihkan. Tetapi pilihlah ketrampilan yang memang layak  dan tepat untuk di berikan pada peserta. Ada beberapa criteria yang harus di perhatikan dalam memberikan ketrampilan, yaitu :
    a. Ketrampilan harus dapat meningkatkan penghasilan masyarakat,
    b.Ketrampilan yang harus di berikan harus dapat di gunakan oleh mereka sendiri,
    c. Ketrampilan yang di hasilkan harus mudah di pasarkan,
    d.Ketrampilan yang di berikan tidak banyak memakan biaya,
    e.Ketrampilan yang di berikan harus mudah di lakukan oleh masyarakat desa.   
      
    •         Mengundang Para Tutor
    Setelah jenis ketrampilan di sesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat, langkah selanjutnya adalah mencari tutor ( pelatih ) yang dapat mengajarkan para peserta. Tutor bisa berasal dari kalangan mereka sendiri ataupun dapat di ambil dari luar. Jika memungkinkan, di ambil dari peserta yang sanggup menjadi tutor. Tindakan ini di lakukan agar tidak banyak mengeluarkan biaya.
    • Mitra Pemasaran
    Jika produk ketrampilan yang kita buat sulit untuk di pasarkan,  barang itu akan menumpuk dan sia-sia. Oleh karena itu, kita harus mencari mitra strategis untuk memasarkan produk kita. Pemasaran atau marketing dalam istilah perusahaan memegang peran yang sangat penting. Peran marketing inilah yang kemudian akan memasarkan produk kita, di tangannyalah nasib produk kita di tentukan. Produk akan laku di pasaran atau bahkan sampai menembus pasar luar negri ataupun kemungkinan lain “membusuk” di gudang  berada di tangan marketing.
    • Pameran Produk Ketrampilan
    Agar banyak yang melirik produk kita, tidak ada salahnya jika kita mengadakan pameran untuk memperkenalkan produk tersebut. Jika kita tidak mampu untuk melakukan pameran sendiri, kita dapat ikut serta pada pameran yang di selenggarakan oleh orang lain atau kita minta bantuan dari dinas terkait. Bila perlu, produk kita di seminarkan di hadapan para pengusaha agar mereka tertarik dan mau menanamkan modalnya.


    Bersambung……….

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad