Minggu, September 13, 2015

Teknis Penyusunan Proposal Kegiatan Karang Taruna

Baca Juga

Rapat penyusunan proposal
Pengertian proposal

Proposal berasal dari bahasa inggris to propose yang artinya usulan, tawaran, lamaran atau saran. Proposal berisi ajuan atau penawaran dari seseorang atau lembaga terhadap orang lain atau lembaga yang lainnya mengenai sesuatu hal. Proposal yang di ajukan bisa berupa permintaan dana auntuk sebuah kegiatan, pelaksanaan penelitian atupun kerjasama dalam usaha.

Sasaran Proposal

Sasaran dari proposal adalah orang atau lembaga yang pantas dan layak untuk memberikan bantuan atau bekerjasama dengan kita. Ada beberapa pihak yang menjadi sasarna proposal, yaitu sebagai berikut :

  • Pemilik Perusahaan ( Owner )
Sebagai contoh , perusahaan yang kita miliki adalah salah satu cabang dari perusahaan utama. Kemudian , perusahaan kita berencana mengembangkan produknya. Agar rencana itu terlaksana, kita mengajukan proposal program tersebut paeda pemilik perusahaan.

  • Lembaga Pengelola
Mitra atau orang dan lembaga yang memiliki kaitan dengan perusahaan yang kita kelola. Sebagai contoh, kita  adalah lembaga bimbingan belajar ( BIMBEL ). Agar lembaga kita mendapat banyak peminat (siswa ). Kita coba mengadakan kerja sama dengan pihak sekolah di sekitar tempat bimbel tersebut. Bentuk kerja sama dapat kita ajukan dalam bentuk proposal.

  • Sponsor
Sponsor merupakan pihak yang dapat kita jadikan sasaran dalam mengajukan proposal. Pihak sponsor dapat berasal dari perusahaan ataupun individu. Contoh, jika kita sedang menyelesaikan kuliah S-2 dan kita kekurangan dana, kita dapat mengusulkan  proposal ke perusahaan ataupun pemda untuk memberikan dana penelitian untuk tesis yang sedang kita buat. Contoh lainnya adalah jika kita sedang mengadakan sebuah kegiatan sepeti pelatihan ataupun seminar, kita dapat mengajukan proposal kepada seseorang / lembaga yangmau berpartisipasi dalam acara tersebut.

Tujuan Proposal

Ketika kita membuat proposal suatu kegiatan pasti memiliki tujuan yang akan di capai. Tujuan itu antara lain :
  • Mencari dana
Dana sangat berperan dalam berlangsungnya sebuahkegiatan. Sukses tidaknya sebuah kegiatan sangat bergantung pada besar kecilnya dana yang tersedia.  Namun untuk mendapatkan dana dan mengumpulkan dana  tidak semudah yang di bayangkan. Sebagai contoh, kita akan mengadakan penyuluhan tentang cara berternak ayam, sedangkan kita tidak memiliki dana untuk kegiatan tersebut. Salah satu cara untuk mendapatkan dana untuk kegiatan tersebut adalah dengan mengajukan proposal.
  • Meyakinkan Pendonor
Proposal merupakan bukti resmi, ketika kita akan melaksanakan sebuah kegiatan. Oleh karena itu, proposal biasanya dapat menjadi alat untuk meyakinkan pendonor untuk mengeluarkan dananya atau jenis bantuan yang lainnya. Misalnya, kita akan mengadakan kegiatan pengobatan gratis untuk masyarakat yang tidak mampu. Tentunya kita secara otomatis membutuhkan tenaga medis dari rumah sakit. Agar pihak rumah sakit merasa yakin akan kegiatan tersebut, kita membuat rencana  kita secara sistematis dalam bentuk proposal.
  • Memudahkan dan melancarkan kegiatan.
Kemudahan dan kelancaran dalam sebuah kegiatan sangat penting artinya. Untuk itu di butuhkan bantuan dan partisipasi semua pihak.  Sebagai contoh ketika kita mengadakan kegiatan hiburan music Band atau dangdut di balai desa, maka keamanan harus terjaga.Proposal bantuan kepada pihak kepolisian setempat sangat penting untuk di lakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban berlangsungnya acara.


Sifat penulisan proposal
Sifat penulisan proposal…  
          

Bersambung………… 
Rekomendasi Untuk Anda × +