• Breaking News

    Cara Menanam Jagung Yang Baik

    Jenis Jagung Yang Baik

    Cara Menanam Jagung yang baik - Jagung (Zea mays L.) berasal dari Amerika. Di Indonesia, jagung memegang peranan ke dua sesudah nasi. Sebagai bahan makanan, jagung bernilai gizi tinggi tidak kalah bila di bandingkan dengan beras/nasi. Selain untuk bahan makanan manusia, jagung dapat di gunakan untuk makanan binatang ternak, bahan dasar industri, minuman , sirup, kopi, kertas, minyak dan cat. 

    Hasil jagung per hektar di Indonesia masih lebih rendah bila di bandingkan dengan hasil jagung yang di hasilkan oleh negara yang lain. Rendahnya terutama disebakan oleh belum menyebarnya pemakaian varietas unggul, pemakaian pupuk yang sedikit serta cara bercocok tanam yang belum di perbaiki.

    • Iklim
    Tanaman jagung dapat tumbuh di daerah pada ketinggian 0-1.300 m dpl. Jagung dapat hidup dengan baik di daerah yang beriklim panas dan sedang. Suhu antara 23-27 derajat celcius. 
    • Tanah
    Tanaman jagung hampir dapat tumbuh di hampir semua macam tanah. Tetapi,jagung akan tumbuh dengan baik di tanah yang gembur dan kaya akan humus. Untuk tanah berat, perlu di buatkan saluran drainase yang cukup dekat dengan tanaman, karena jagung tidak tahan dengan genangan air.



    Keasaman tanah ( Ph Tanah ) antara 5.5-7.0 . Tanah miring , dengan tingkat kemiringan tidak lebih dari 8% masih dapat di tanami jagung dengan arah barisan melintang searah kemiringan tanah untuk mencegah erosi tanah apabila hujan turun.
    • Persiapan Lahan
    Saat mengerjakan tanah, keadaan tanah cukup lembab, sehingga mudah di kerjakan dan tidak lengket. Pada tanah ringan, tidak perlu pengerjaan yang terlalu sering, sedang pada tanah berat dengan kelebihan air perlu di buatkannya drainase.

    Pada umumnya tanah di bajak 15-20 cm di ikuti dengan penggaruan tanah sampai rata. Sebelum di garu , lahan di pupuk dengan pupuk kandang dosis 20 ton per hektar.
    • Penanaman.
    Waktu tanam yang baik adalah :
    1. Permulaan musim hujan , bila dii tanam di tegalan 
    2. Pada musim labuhan , musim marengan, dan musim kemarau kalau dii tanam di sawah
    Jarak tanam usahakan teratur agar ruasng tumbuh tanaman seragam dan pemeliharaannya mudah. Populasi optimum dari beberapa varietas kurang dari 50.000 tanam perhektar. Gunakan jarak tanam 100 X 40 cm dengan 2 tanaman perlubang atau 100 X 20 cm dengan 1 tanaman per lubang atau 75X25 cm denga 1 tanaman per lubang.

      


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad