Kamis, November 26, 2015

Cara Menanam Kacang Tanah Yang Baik

Baca Juga

Tanaman Kacang Tanah

Cara Menanam Kacang Tanah Yang Baik - Kacang tanah ( Arachis Hypogaea L. ) berasal dari Negara Brazil. Kacang tanah berperan dalam pemenuhan kebutuhan pangan nasional sebagai sumber protein nabati, minyak dan nutrisi lainnya. Produksi dan produktifitas kacang tanah nasional dari tahun ke tahun semakin meningkat. Namun laju permintaannya masih lebih besar daripada ketersediannya. Maka dari itu produksi dan produktifitas kacang tanah harus terus di tingkatkan. Antara lain dengan perluasan areal serta perbaikan teknologi budidaya dan pasca panen.

Tanaman kacang tanah cocok di tanam di dataran rendah dengan ketinggian di bawah 500 m dpl. Iklim yang di butuhkan adalah bersuhu tinggi (panas) antara 28-32 derajat celcius . curah hujan 800-1.300 mm per tahun. mendapat sinar matahari penuh dan musim kering.



 Tanaman kacang tanah membutuhkan keadaan tanah yang berstruktur ringan. seperti tanah regosol, andosol, latosol dan aluvial. 

Persiapan tanah untuk menanam kacang tanah sama dengan yang di persiapkan untuk menanam jagung.



  •  Jenis dan Varietas Kacang Tanah
Kacang tanah yang di budi dayakan di bedakan menjadi dua golongan, yaitu :
  1.  Berdasarkan tipe pertumbuhan kacang tanah di bagi menjadi dua golongan yaitu tipe tegak dan tipe menjalar.
  2. Berdasarkan umur, kacang tanah di bagi menjadi du macam, yaitu :  (a) kacang tanah umur panjang : batang panjang, berbuah banyak dan tiap buah berisi 3-4 biji. Umur tanaman sekitar 6-7 bulan dan saat masak buahnya (polongnya) tidak serempak. (b) Kacang Tanah umur pendek/ genjah. Pertumbuhan tegak dan berbatang pendek dan berumur 3-4 bulan.
Varietas unggul yang biasa di budidayakan oleh petani biasanya bertipe tegak dan berumur genjah. Varietas unggul kacang tanah di tandai dengan karakteristik sebagai berikut :
  1. Daya hasil tinggi, antara 85-90 hari.
  2. Hasil stabil
  3. Tahan terhadap penyakit karat dan bercak daun.
  4. Toleran terhadap kekeringan atau tanah becek. 

  • Penanaman
Biji yang di gunakan sebagai benih di pilih dari varietas unggul dengan ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Biji cukup tua, kulit biji halus mengkilat, berasal dari tanaman yang bebas dari hama penyakit.
  2. Daya tumbuh baik ( 90% lebih )
  3. Laju perkecambahan tinggi.
  4. Biji tidak tercemar dengan biji varietas lainnya.
  5. Berumur genjah (100-105 hari )
  6. Potendi hasil tinggi ( 1.8 ton per hektar atau lebih )

Waktu tanamyang baik di tanah tegalan adalah awal musim hujan. Dan waktu penanaman yang terbaik di lahan sawah adalah akhir musim hujan.

di lahan baru yang belum pernah di tanami kacang tanah, sebelum penanaman labih dahulu di lakukan inokulasi rhizobium pada benih. Benih harus segera di tanam paling lambat 6 jam setelah proses inokulasi.





Pada tanah yang subur, benih di tanam dengan jarak 40 X 15 cm atau 30 X 20 cm. Pada tanah yang kurang subur, jarak tanam dapat di atur lebih rapat yakni, 40 X 10 cm atau 20 X 20 cm.

Yang lebih penting lagi adalah Cara Memelihara Dan Mengendalikan Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Kacang Tanah



Rekomendasi Untuk Anda × +