Cara Alami mengusir Tikus

Cara Alami mengusir Tikus - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Cara Alami mengusir Tikus, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, teknik budidaya, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Cara Alami mengusir Tikus
link : Cara Alami mengusir Tikus

Baca juga


Cara Alami mengusir Tikus

Tikus merupakan salah satu hewan yang menjadi biang penyakit. Memiliki rumah yang ramai dengan hewan ini tentu akan membuat was-was. Selain karena barang-barang anda akan terancam digigitnya. Makanan yang ada di rumah akan mudah tercemari oleh virus yang bawa oleh tikus.

Maka beberapa cara di bawah ini tentunya dapat membantu anda dalam mengatsi tikus-tikus nakal di rumah anda.

1. Jangkrik.

Hewan yang dapat mengerik merupakan salah satu pengusir tikus yang baik. Carilah jangkrik (Gryllus assimilis) yang biasa digunakan untuk aduan yang dapat mengerik keras. Letakkan jangkrik di tempat yang biasa dilalui tikus seperti di kamar atau di dapur. Tikus-tikus tidak akan berani menghampiri tempat tersebut karena sifat tikus yang tidak betah dengan keramaian.

 2. Kucing.

Musuh tikus dan yang paling ditakutinya adalah kucing. Peliharalah kucing (Felis sp) di rumah, terutama kucing jenis tertentu yang dapat memangsa tikus, niscaya rumah anda aman dari tikus. Kucing merupakan musuh alami bagi tikus.

3. Buah Mengkudu.

Buah mengkudu selain bisa digunakan untuk obat maka juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Persiapkan dua atau tiga buah mengkudu (Morinda citrifolia L). Potonglah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian. Letakkan mengkudu tersebut dalam wadah berisi potongan mengkudu di tempat yang sering dilalui tikus. Nah, bau yang menyengat dari buah mengkudu akan membuat tikus pergi dari rumah.

4. Buah Durian.

Bau yang mneyengat juga bisa mengusir tikus. Persiapkan dua atau tiga buah durian (Durio zibethinus). Potonglah durian menjadi beberapa potong. Bagian yang enak, makanlah isinya. Kemudian, letakkan potongan kulit durian tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Nah, bau yang menyengat dan kulit yang berduri dari durian akan membuat tikus pergi dari rumah.

 5. Minyak Mint.

Oleskan minyak yang berasal dari daun mint (Mentha codifolia) pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tidak akan datang lagi ke tempat itu karena tikus tidak suka bau mint.

6. Kapur Barus (Kamper).



Hancurkan secara kasar saja beberapa buah kapur barus (Dryobalanops aromatica) kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Cara ini cukup efektif dan murah meriah. Tikus pergi, rumah Anda pun wangi.
7. Mewarnai / Mengecat Badan Tikus.

Tangkap satu ekor tikus, kemudian lumuri badannya dengan cat kayu/besi berwarna mencolok, lalu lepaskan. Tikus tersebut tidak akan datang lagi demikian pula tikus-tikus lain juga tidak akan datang lagi ke tempat tersebut karena takut.
Sumber
potret pertanian


Demikianlah Artikel Cara Alami mengusir Tikus

Sekianlah Pembahasan Cara Alami mengusir Tikus kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Cara Alami mengusir Tikus"
    Back To Top