Senin, Maret 28, 2016

Petani lomba Pacuan Bajak

Baca Juga

potret pertanian_ mengabarkan
Petani adalah pera pahlawan yang selalu memeprjuangkan ketahanan pangan sebuah negara, Tanpa mereka kita mungkin kitatidak akan menikmati nikmatmnya makan malam kita dirumah, mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang seharusnya kita dukung keberadaan merekalah yang memproduksi segala kebutuhan kita terutama tentang urusan perut. bagaimana sahat potret sekalin, setu kan.
kali ini potret akan membahas kegiatan petani dinegara yang satu ini, nah jika di Indonesia ada karapan sapi, blapan kerbau dan lain sebagainya, lallu dinegara yang satu ini ada yang namanya Pacuan Bajak, hehe aneh kan, di negara yang satu ini lomba pacuan bajak selalu dilakukan pada ahir musim panen yang bertujuan untuk menghilangkan rasa penat pada petani setelah berbulan-bulan berjibaku dengan limpur dan segala kegiatan yang mereka lakukan untuk menghasilkan produk pertanian yang baik. Di negara Tailan inilah selalu berlangsung lomba Pacuan Bajak yang diselenggarakan, selain sebagai hiburan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengecek kelengkapan bajak atau mengecek kerusakan bajak mereka yang sehabis acara tersebut harus diserfis kembali untuk selanjutnmya digunakan kembali untuk mengolah lahan pertanian yang akan mereka garap lagi setelah musim panen yang baru saja usai.
hem lalau bagaimana ya kalau pacuan bajak kita laksanakan di indonesia, tapi masalahnya tidak semua petani memiliki bajak seperti para petani di thailan, yah gak papa deh cukup dengan pacuan kerbau saja seperti yang dilakukan di daerah bukit tinggi dan sumbawa NTB sambil mempertahankan budaya yang kita miliki,. ok salam potret pertanian.
Rekomendasi Untuk Anda × +