• Breaking News

    Penuhi kebutuhan Cabai Bangka Belitung Kembangkan 110 Hektare Lahan Cabai


    Potret Pertanian. Cabai Bagi masyarakat Indonesia, cabai merupakan salah satu bahan yang tidak bisa dipisahkan dengan masakan sehari-hari. Cabai adalah bahan pelengkap masakan yang sangat digemari masyarakat Indonesia, makin hari kebutuhan cabai makin meningkat seiring pertumbuhan penduduk, seperti halnya di Bangka Belitung Saat ini hampir 90 persen kebutuhan cabai merah masyarakat yang masih mengandalkan pasokan dari luar daerah, guna memenuhi kebutuhan masyarakat daerah ini Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengembangkan tanaman cabai di lahan seluas 110 hektare.

    Kepala dibas pertanian menjelaskan, dana pengembangan tanaman cabai itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Langkah ini diharapkan meningkatkan animo petani dalam mengembangkan usaha pertanian cabai.

    "Saat ini pembangunan pertanian cabai masih tahap mencari lokasi di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, dan Belitung," ucapnya.
    Ia berujar, pertanian cabai ini akan kelola kelompok petani supaya mudah dipantau dan mudah membina petaninya.

    "Kami berharap adanya pembangunan pertanian cabai ini dapat meningkatkan produksi sehingga dapat mengurangi ketergantungan cabai dari Pulau Jawa dan Sumatera," tuturnya.

    Ia berharap kelompok petani mengelola cabai ini dengan baik, agar hasil yang diperoleh maksimal.

    "Jika pertanian cabai yang dikelola kelompok petani berhasil, minat petani lain mengembangkan usaha pertanian ini akan meningkat," katanya.
    Sumber 
    ANTARA

    1 komentar

    Effendi Nurdiaman mengatakan...

    Gak kebayang ya serunya kalau musim panen :) pasti banyak cbai-cabai segar yang siap di pasarkan :)

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad