Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri

Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Perlintan, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri
link : Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri

Baca juga


Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri

Potret Pertanian - Selamat siang sahabat Potret Pertanian, Ketemu lagi dalam Postingan Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri Postingan Kali ini masih dalam lingkup budidaya tanaman cabe, setelah dipostingan yang lalu Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe. dalam membudidayan tanaman cabe memang tidak luput dari gangguan OPT, yang akan mengurangi Bahkan tak jarang petani harus mengalami kebangkrutan akibat gangguan dari OPT tersebut. seperti halnya dalam ostingan kali yang akan kita bahas sedikit tentang penyakit layu pada tanaman cabe.

Penyakit Layu Fusarium.  
Penyebab penyakit ini adalah cendawan Fusarium oxysporium f.sp.capsici Schlecht. Penyakit ini biasanya menyerang tanaman cabe yang ditanam pada tanah masam (ph tanah rendah, kurang dari 6).    Serangan ditandai dengan memucatnya tulang daun sebelah atas dan diikuti menunduknya tangkai daun.  Jika pada batas antara akar dengan batang dipotong akan terlihat cicncin coklat kehitaman diikuti busuk basah pada berkas pembuluh.

Penyakit Layu Bakteri. 
Penyakit layu bakteri ini biasanya menyerang tanaman cabe yang ditanam di dataran rendah dibandingkan di dataran tinggi.  Gejala serangan yang kelihatan adalah layu pada beberapa daun muda dan atau menguningnya daun tua sebelah bawah.  Gejala lain yang terlihat adalah berkas pembuluh pengangkut yang berwarna cokelat tua dan membusuk setelah batang, cabang atau pangkal batangnya kita belah.

Banyak sekali sistem pengendalian kedua penyakit tanaman ini,  tapi kali ini Potret akan membagikan sedikit tips  Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri Tip ini saya lakukan tapi sudah lama sekitar 6 tahun yang lalu, dan hasilnya lumayan bagus sekali, waktu tanaman Cabe milik saya  hampir 40 % terserang layu, tak sedikit yang suda saya cabut dan buang jauh-jauh, berbagai cara suadah saya lakukan untuk mengendalikan masalah tersebut, tapi semakin hari tanaman saya semakin bertambah banyak jumlah yang layu. Sampai ahirnya saya dianjurkan oleh sahabat saya yang mengarahkan untuk mencoba resep obat yang yang dia ramu sendiri. 

Saya pun langsung membuat resep yang dia berikan, dan hasilnya hem... ssngat mengejutkan. Batang cabe yang sudah tampak layu kembali sehat, dan tak terliahat ada penambahan layu pada tanaman cabe saya. dan ahirnya alhamdulilah saya bisa panen juga. Ingin tau Caranya.?! yuk kiita simak langsung ulasan dibawah ini.

Bahan Bahan yang harus disiapkan.
  • Bawang Putih. siapkan bawang putuh yang jantan ( Bawang Lanang ) dalam bahasa jawa. untuk membuat kapasitas tanaman sekitar 1000 batang, siapkan sekitar 300 gram atau 3 ons bawang jantan. 
  • Siapkan fungisida dengan bahan aktif Metalaksil, yang saya pakai dulu adalah saromil. Untuk kapasitas pembuatan antibioti untuk 1000 tanaman, siapkan metalsil sekitar 5 gram.
Cara Pembuatan
  • Cuci bersih bawang jantan tersebut, dan selanjut nya tumbuk hingga lembut, atau gunakan  blander.
  • Hasil blanderan bawang janter tersebut masukan dalam kain kasa, dan peras ambil airnya sampai kering. dan masukkan kedalam wadah apa saja.
  • hasil perasan air bawang tadi campurkan dengan Saromil atau fungisida berbahan aktis metalaksil. aduk hingga merata.
  • Anti biotik sudah jadi dan siap untuk diaplikasikan dipertanaman yang sedang terserang layu.
Antibiotik buatan sendiri tadi bisa langsung diaplikasikan dengan cara campur dengan air sebanyak 200 liter air dan kocorkan ke pangkal batang tanaman cabe yang terserang layu tadi. bisa juga sebagai antisipasi untuk pencegahan pada tanaman yang belum terkena, ingat mencegah lebih mudah daripada mengobati. dan lihat hasilnya semoga saja sesuai dengan yang kita harapkan. 

Demikian tadi sekilas Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri semoga bermanfaat dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian. Rekomendasi
Cara Pembuatan Pestisida Nabati Dari Bawang putih (Allium sativum L)



Demikianlah Artikel Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri

Sekianlah Pembahasan Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • Tag : Perlintan
    8 Komentar untuk "Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri"

    wah kreatif banget kang bikin anti biotik sendiri...

    WAh bisa jadi inspirasi yang lain nih mas :D

    kreasinya menarik buat petani cabe, bisa buat sendiri untuk mengatasi penyakit layu, top

    antibiotik buatan sendiri pastinya setelah melewati pengalaman mengatasi penyakit layu pada tanaman ini, keren euy

    wah saya mau coba ya mas, nama saya Andi dari jambi kerinci, tanaman cabe saya banyak terserang layu.. doakan semoga berhasil dan sukses ya mas.

    Kalo cabenya jenis cabe-cabean penyakitnya biasanya apa aja mas?

    Hahaha

    Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Hariyati Dewi Tki Hongkong, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya saya menemukan jalan /solusi melalui Program Pesugihan Dana Gaib Tanpa Tumbal. saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Dengan keyakina dan keberania saya ikut bergabung untuk mengikuti Program Pesugihan Dana Gaib Tanpa Tumbal dan memohonkan dana sesuai kebutuhan dan kesanggupan saya. Cuma dalam waktu 1 hari 1 malam saya mendapat telpon dari pihak Program tersebut, Alhamdulillah dana yang saya mohonkan sudah cair dan sudah dapat saya gunakan untuk melunasi hutang. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi
    Ki Witjaksono: 085-2222-31459
    Atau kunjungi website

    Klik-> PESUGIHAN DANA GAIB

    ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya.

    Back To Top