Budidaya Hidroponik Sistem Wick

Budidaya Hidroponik Sistem Wick - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Budidaya Hidroponik Sistem Wick, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Hidroponik, Pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Budidaya Hidroponik Sistem Wick
link : Budidaya Hidroponik Sistem Wick

Baca juga


Budidaya Hidroponik Sistem Wick

Potret Pertanian - Pada Postingan beberapa waktu yang lalu yang membahas tentang Cara Budidaya Dengan Sistem Aeroponik tidak afdol rasanya jika tidak kita kupas sekalian sistem pertanian hidro ponik yang lainya, yang pada artikel ini akan kita bahas bersama tentang Budidaya Hidroponik Sistem Wick ini tergolong mudah untuk dilaksanakan dibanding sistim yanlain Pada 6 Jenis Sistem Hidroponik, termasuk Wick, Budaya Air, Ebb dan Aliran, tetes, Film Teknik Hara, dan aeroponik. 

Seperti yang coba Potret lakukan sebagai percobaan di rumah, dengan menggunakan Aquarium, dengan jenis tanaman kangkung dan sawi pacoy. Dari berbagai jenis sistem hidroponik, cara bertanam hidroponik sistem Wick adalah jenis yang paling sederhana. Cara bertanam hidroponik Wick sistem sebuah solusi pemberian nutrisi lewat di media tumbuh melalui Sumbu yang digunakan sebagai reservoir. Sistem ini dapat menggunakan berbagai media tanam, misalnya Perlite, Vermiculite, kerikil pasir, sekam bakar, dan serat/ serbuk kulit buah Kelapa. Cara bertanam hidroponik ini juga dikenal dengan sistem sumbu.

Pada cara bertanam hidroponik sistem wick ini sumbu yang digunakan bisa dari sumbu kompor, kapas atau kain bekas. Akar tanaman tidak dicelupkan langsung ke dalam air, melainkan, mereka tumbuh dalam beberapa bahan penahan air seperti rockwool atau sabut kelapa. Cara bertanam hidroponik sistem sumbu adalah pasif, tidak ada energi atau listrik yang digunakan untuk memberikan solusi nutrisi hidroponik pada tanaman. Ujung sumbu ditempatkan dalam reservoir yang berisi larutan nutrisi. Ujung lain dari sumbu ditempatkan dalam media tanam, lebih dekat ke akar tanaman, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar. Karena tanaman membutuhkan lebih banyak air dan nutrisi, maka disusun sumbu dan ke penahan air media tanam oleh tindakan kapiler. Dengan demikian tanaman mengambil larutan nutrisi dari ujung-ujung sumbu dan media tanam yang terlewati oleh sumbu menjadi lembab.


Pada Hidroponik, ada kebutuhan besar untuk aerasi yang baik. Dalam sistem sumbu hidroponik udara tersedot oleh akar tanaman bersama dengan larutan nutrisi. Sebuah media tumbuh yang memadai juga membantu untuk memastikan bahwa tanaman menerima cukup udara. Dengan sistem hidroponik sumbu, sebagai reservoir akan habis, dapat diisi lagi dengan manual. Hal ini tidak perlu menggunakan pompa seperti yang dilakukan dalam sistem hidroponik lainya.


Cara Budidaya Hidroponik Sistem Wick atau sumbu ini sangat mudah diterapkan terutama untuk tanaman hidroponik sayur seperti kangkung, sawi, seledri, pakcoy dan lain-lain. Selamat mencoba dan salam sukses selalu ya..!

Rekomendasi :

Cara Budidaya Dengan Sistem Aeroponik



Demikianlah Artikel Budidaya Hidroponik Sistem Wick

Sekianlah Pembahasan Budidaya Hidroponik Sistem Wick kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Budidaya Hidroponik Sistem Wick"
    Back To Top