Cara Atasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat

Cara Atasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Cara Atasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, solusi pertanian, teknik budidaya, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Cara Atasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat
link : Cara Atasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat

Baca juga


Cara Atasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat

-- --

Potret Pertanian – Proses budidaya tanaman tomat memang tidak mudah, banyak tahapan yang harus dilalui, dari menyiapkan lahan tanaman sampai bibit yang baik, pemupukan yang berimbang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tanaman itu sendiri, serta perawatan dari gangguan OPT yang setiap saat mengancam proses dalam embudidayakan nya.

Setelah proses demi proses dari tahapan yang dilalui sampai buah tomat siap untuk dipanen, nah pada fase inilah sering terjadi retak bahkan pecah pada buah tomat, sehingga akan mengurangi kualitas hasil panen tersebut. Dan tak jarang petani harus membuang buah tomat yang retak karena takut mengurangi kualitas buah yang dihasilkan.  Dalam postingan CaraAtasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat  kali ini akan saya bahas sedikit tentang penyebab dan cara menanggulanginya, semoga artikel yang singkat ini akan bermanfaat bagi kita semua untuk meningkatkan hasil produksi tomat yang anda budidayakan.

Buah Tomat mempunyai  kulit ari yang berbeda-beda, dari yang agak tebal sampai yang sedikit tipis, tergantung dari farias yang kita gunakan masing-masing.  Tetapi penyebat utama terjadinya buah pecah dalam budidaya tomat adalah Musih, pada musim penghujan yang menyebabkan kelembapan tanah meninigkat sehingga membuat unsur nitrogen berlebih dalam tanah sehingga memacu peningkatan konsumsi tanaman terhadap unsur nitrogen tersebut,  sehingga akan membuat kekuatan tanaman menjadi rentan terhadap penyakit, seperti peningkatan serangan penyakit seperti pitoptora fusarium dan lain lain, karena fisik tanaman menjadi sedikit lemah dengan bertambahnya pembelahan sel yang berlebih akibat kebanyakan unsur nitrogen dalam tanaman. Untuk beberapa penyakit yang timbul akibat kebanyakan unsur nitrogen akan kita bahas diposting yang akan datang, kali ini kita akan bahas dulu untuk antisipasi buah pecah pada tomat.

Peningkatan konsumsi nitrogen akibat curah hujan yang tinggi atau meningkatnya kelembapan tanah sehingga memacau konsumsi nitrogen berlebihan yang akan berdampak pada buah tomat, buah tomat akan menjadi lunak terutama pada buah tomat yang sebentar lagi bisa dipanen. Kulit buah akan menipis akibat kelebihan nitrogen, akan terjadi retak-retak pada pangkal buah tomat, sehingga akan akan memicu organisme pengganggu tanaman untuk menyerang pada kondisi tersebut. Ahirnya buah tomat akan busuk dan rontok.

CaraAtasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat Ingat Pepatah mengatakan “ sedia payung sebelum hujan “ artinya lebih baik melakukan langkah preventive atau pencegahan sebelum terjadi gejala retak pada buah tomat. Langkah yang harus dilakukan adalah.

  1. Pada pemupukan susulan yang biasanya dilakukan dengan cara pengecoran, pada usia pembungaan dengan menggunakan pupuk dengan kandungan kalium dan dan calcium yang tinggi, tujuanya adalah untuk mengimbangi jika curah hujan yang tinggi sehingga membuat pasokan nitrogen dalam dalam tanaman akan diimbangi dengan kadar Kalium dan Calsium. Peran penting pupuk kalium dan calcium pada buah adalah meningkatkan ketahanan tangkai buah, membuat elastis pada kulit buah sehingga akan membuat kulit buah tomat menjadi lebih licin dan elastis, sehingga kulit buah tomat tidak retak karena kelebihan nitrogen yang juga akan memacu pembelahan sel pada buah yang meningkat pada kondisi nitrogen tinggi.      Selain itu dengan penggunaan unsur Kalium dan Calcuim yang tinggi akan membuat tanaman akan tahan terhadap serangan penyakit lainya, kususnya pada tanaman Tomat pada batang dan daun tanaman terdapat bulu-bulu halus yang menjadi protektis alami tanaman menjadi lebih kuat terhadap curah hhujan dan kemungkinan sepora jamur tidak akan sampai kepori-pori batang dan daun karena bulu –bulu yang kuat pada batang dan daun tanaman tomat tersebut.
  2. Pakailah pupuk buah yang mempunyai kandungan zing, atau pemakaian Fungisida dengan kandungan zink, Seperti Antracol, Brantacol yang mempunyai kandungan zink, sehingga unsur zink yang terdapat pada pupuk atau fungisida akan membuat unsur silikat pada tanaman sehingga terjadi proteksi pada tanaman dengan bertambahnya lapisan lilin pada kulit buah, sehingga kulit buah akan lebih tebal dan mengkilat, serta bulu-bulu tanamn akan lebih kuat terhadap terpaan air hujan yang turun.
Nah demikianlah sedikit tips dari Potret Pertanian, semoga bermanfaat, jika kurang jelas bisa ditanyakan pada kolom komentar, ok selamat mencoba dan sukses selalu dari Potret Pertanian.
Rekomendasi : Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung


Demikianlah Artikel Cara Atasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat

Sekianlah Pembahasan Cara Atasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Cara Atasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat"
    Back To Top