Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme )

Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme ) - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme ), Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Pertanian, solusi pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme )
link : Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme )

Baca juga


Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme )

-- --

Potret Pertanian - selamat ahir pekan sahabat Potret, senang sekali hari ini saya bisa berbagi Solusi dan Informasi kepada sahabat Petani dimanapun berada, yaitu   Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme )  EM4 ini adalah salah satu jenis larutan yang mengandung bakteri antara lain bakteri dekomposer yang berfungsi sebagai pengurai bahan organik secara alami didalam tanah. Oleh sebab itu sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan pupuk organik.

Em4 ini banyak mempunyai manfaat baik untuk lingkungan pertanian, EM4 dapat dijadikan untuk membuat bokashi atau pupuk sebagai bahan  fermentasiaitu bahan-bahan Organik, mengurangi bau amoniak dalam kotoran ternak dapat untuk membuat pupuk cair

seperti yang saya jelaskan yang jelaskan dalam pembuatan pupuk abokasi yaitu akan membantu dalam proses fermentasi karena bakteri dalam EM4 yang akan mengurai bahan di dalam pupuk, Nah berikut 
Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme )

Baca Juga :



A.  Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme )

Berikut ini cara pembuatan EM yang sudah banyak dilakukan masyarakat, dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat.
Bahan dan alat :
  1. Susu sapi murni dua liter
  2. Isi perut (lambung) kambing atau sapi secukupnya.
  3. Gula pasir 1 kg
  4. Bekatul 1 kg
  5. Nanas 1 buah
  6. Terasi ½ kg
  7. Air bersih 10 liter
Cara Membuat
  1. Haluskan buah nanas dengan mengunakan blender/parutan. Campurkan dengan gula pasir, bekatul, terasi dan air bersih di dalam panci. Masak sampai mendidih, lalu dinginkan.
  2. Tambahkan susu sapi murni dan isi lambung kambing atau sapi, aduk hingga tercampur rata.
  3. Tutup panci rapat-rapat hingga 12 jam atau satu hari.
B. Membuat EM4 dengan bahan Tumbuhan
Mungkin sudah ada yang tahu bahwa membuat EM4 dengan bahan usus hewan menimbulkan bau busuk yg kurang sedap, oleh karena itu, saya tuliskan cara membuat mikroba komposter EM-4 dengan bahan-bahan tumbuhan yang tidak terlalu berbau busuk.
Bahan-bahan
  1. Sampah sayur, terutama kacang-kacangan
  2. Kulit buah-buahan (papaya, pisang, rambutan, mangga, dsb.)
  3. Bekatul, secukupnya
  4. Gula merah, sedikit saja
  5. Air beras, secukupnya
Cara membuat:
  1. Sampah sayur, kulit buah-buahan dan bekatul dicampurkan. Tempatkan misalnya di dalam sebuah ember atau penampung yang lain. Tutup. Sambil kadang-kadang diaduk, biarkan selama satu minggu sampai membusuk sehingga menjadi EM1. EM singkatan dari Effective Microorganism, yaitu jasad renik "ganas" yang akan mempercepat proses pengomposan. Ditengarai dengan angka 1 karena inilah cairan mikroorganisme yang terbentuk setelah mengalami dekomposisi selama satu minggu.
  2. Cairan EM1 dicampur dengan sampah sayur dan kulit buah-buahan. Kemudian didiamkan lagi selama satu minggu. Cairan baru yang terbentuk disebut dengan EM2.
  3. Cairan EM2 dicampurkan dengan bekatul, gula merah dan air beras. Dan didiamkan lagi selama satu minggu sehingga menjadi EM3.
  4. Diamkan lagi selama satu minggu tanpa menambahkan apa-apa. Cairan itu telah menjadi EM4.
C. Membuat EM4 dengan mudah
Sebagai starter mikroorganisme pada proses dekomposer EM4 menjadi begitu penting dalam dunia pertanian organik. Jika kita harus membeli EM4 tersebut harganya lumayan mahal, padahal ada berbagai cara untuk membuat EM4 sendiri dengan harga bahan baku yang sangat murah. Salah satu caranya adalah sebagai berikut:
Bahan:
  1. Pepaya matang atau kulitnya 0,5 kg
  2. Pisang matang atau kulitnya 0,5 kg
  3. Nanas matang atau kulitnya 0,5 kg
  4. Kacang panjang segar 0,25 kg
  5. Kangkung air segar 0,25 kg
  6. Batang pisang muda bagian dalam 1,5 kg
  7. Gula pasir 1 kg
  8. Air tuak dari nira 0,5 liter
Cara Pembuatan:
  1. Pepaya, pisang, nanas, kacang panjang, kangkung dan batang pisang muda dihancurkan hingga ukuran menjadi agak halus. Buah harus yang sudah matang atau dapat juga digunakan kulit buah yang tidak dimakan.
  2. Setelah dihancurkan, campuran bahan tersebut dimasukkan dalam ember.
  3. Campurkan gula pasir dan tuak dalam ember tadi dan aduk hingga rata.
  4. Wadah ditutup rapat dan disimpan selama 7 hari
  5. Setelah 7 hari larutan yang dihasilkan dikumpulkan secara bertahap setiap hari hingga habis.
  6. Larutan tersebut disaring dan dimasukkan kedalam wadah yang tertutup rapat. Larutan tersebut adalah EM4 yang siap digunakan dan dapat bertahan hingga 6 bulan.
  7. Ampas dari hasil penyaringan larutan bisa digunakan sebagai pupuk kompos.
Sekian dulu ya sahabat Potret  Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme )
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba bgi ingin membuatnya sendiri. Ok salam sukses 
potret pertanian


Demikianlah Artikel Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme )

Sekianlah Pembahasan Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 1 Komentar untuk " Cara Membuat EM4 ( Efektive Miccro Organisme )"

    mau tanya ciri2 kalau em4 berhasil itu gimana ya? saya menggunakan cara langkah C

    Back To Top