Cara Menanam Rumput Gajah Mini ( Pennisetum Purpureum)

Cara Menanam Rumput Gajah Mini ( Pennisetum Purpureum) - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Cara Menanam Rumput Gajah Mini ( Pennisetum Purpureum), Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Peternakan, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Cara Menanam Rumput Gajah Mini ( Pennisetum Purpureum)
link : Cara Menanam Rumput Gajah Mini ( Pennisetum Purpureum)

Baca juga


Cara Menanam Rumput Gajah Mini ( Pennisetum Purpureum)

Potret Pertanian - Rumput Gajah elephant grass, naper grass, Uganda grass bahasa latin pennisetum purpureum) adalah rumput bernutrisi tinggi berukuran besar yang biasanya dipakai sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing, gajah, dll. Rumput gajah banyak dibudidayakan di Afrika karena ketahanannya terhadap cuaca panas.

Rumput gajah mini (Pennisetum Purpureum cv.Mott) adalah salah satu jenis rumput gajah yang baru dikembangkan sekarang ini. Ukurannya yang lebih kecil dari rumput gajah, membuatnya juga sering di sebut rumput gajah kerdil. Rumput ini dapat tumbuh pada berbagai macam tanah, sampai liat alkalis, dan sangat responsif terhadap pemupukan.

Rumput Gajah Mini adalah salah satu jenis rumput yang di tanam di halam rumah.Nama Latin atau nama lain rumput gajah mini yaitu pennisetum purperium schamach. Perawatan rumput gajah mini ini sangat mudah. Cara merawat rumput gajah mini yang pertama dan utama anda lakukan adalah telaten dan ulet menyiram, memupuk dan memangkasnya secara teratur.


Ciri-ciri dari Rumput Gajah Mini yaitu daun hijau pekat, tebal dan sejuk dipandang mata. Mempunyai tepi daun yang keriting merupakan ciri khas dari rumput gajah mini. Panjang daun rumput gajah mini sekitar 5cm bahkan ada yang 10cm, dengan akar sepanjang 5cm-8cm. Rumput gajah mini digunakan sebagai penutup tanah seperti karper hijau nan alami.Berikut ini gambar rumput gajah mini seperti ciri diatas 

Tips Cara Menanam Rumput Gajah Mini
  • Langkah pertama yaitu gemburkan tanah menggunakan cangkul. Cangkul dan balikkan tanah hingga kedalaman sekitar 15cm. Setelah itu, ratakan permukaan tanah.
  • Yang Kedua siapkan rumput dalam bentuk dan ukuran kecil. Pecah rumput besar menjadi ukuran lebih kecil, antara 3cm-5cm. kemudian tanam rumput kedalam tanah hingga seluruh akarnya tertimbun. Benamkan rumput secara motif zigzag sehingga pertumbuhan rumput subur, rapat, dan rapi.
  • Ketiga yaitu perkuat “ikatan” rumput dengan tanah. Pukul perlahan permukaan rumput hingga akarnya melekat kedalam tanah. Serta Ratakan juga posisi rumput dan permukaan lebar batu bata atau balok kayu. Diamkan rumput selama satu minggu hingga akarnya tumbuh.
  • Yang KeEmpat mulailah taburkan pupuk urea dan NPK secara merata. Lakukan proses ini dua minggu kemudian.
  • Siram dengan air menggunakan gembor (ceret) yang berlubang kecil. Tekanan rendah akan menghindari penggenangan air pada tanah dan rumput yang dapat mengakibatkan pembusukkan rumput.
Setelah mengikuti tips cara menanam rumput gajah mini dengan baik dan benar, rumput gajah mini akan tumbuh subur dan lebat seperti yang kita harapkan. Namun demikian apabila rumput gajah mini tersebut tidak terawat dengan baik akan terlihat tidak rapi bahkan mati. Berikut ini tips cara merawat rumput gajah mini

Cara Merawat Rumput Gajah Mini
  • Penyiraman secara rutin menggunakan air tawar, takaran disesuaikan dengan keadaan cuaca atau kelembapan tanah
  • Pemberantasan rumput liar disekitar ladang rumput gajah mini tersebut.
  • Edging atau pembatasan pertumbuhan rumput gajah mini. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan keindahan tata ruang
  • Pemupukan & pengobatan guna enciptakan suasana hijau dan asri, menjaga pertumbuhan dan menghindarkan dari hama.
  • Menyulam atau menambahi bagian yang tertanam tidak merata
Harga jual dari rumput ini sangatlah menjanjikan untuk dibudidayakan. Harga rumput gajah mini berkisar antara 25rb - 30rb per kotak/blok. Ini menjadikan bisnis tanaman rumput gajah mini sangat maju pesat karena Cara Menanam dan Perawatan Rumput Gajah Mini sangatlah mudah. Rumput gajah mini menjadi salah satu tanaman berguna dan bermanfaat untuk dibudidayakan dan di tanam sebagai pelangkap keindahan


Demikianlah Artikel Cara Menanam Rumput Gajah Mini ( Pennisetum Purpureum)

Sekianlah Pembahasan Cara Menanam Rumput Gajah Mini ( Pennisetum Purpureum) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • Tag : Peternakan
    0 Komentar untuk "Cara Menanam Rumput Gajah Mini ( Pennisetum Purpureum)"
    Back To Top