Cara Penanggulangan Pohon Karet Yang Mati Getah

Cara Penanggulangan Pohon Karet Yang Mati Getah - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Cara Penanggulangan Pohon Karet Yang Mati Getah, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Budidaya, Pertanian Organik Modern, solusi pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Cara Penanggulangan Pohon Karet Yang Mati Getah
link : Cara Penanggulangan Pohon Karet Yang Mati Getah

Baca juga


Cara Penanggulangan Pohon Karet Yang Mati Getah

Potret Pertanian - Getah adalah hasil yang diharapkan dari tanaman karet, tetapi kadang kala tanaman karet tidak mengeluarkan getah sama sekali walaupun sudah waktunya berproduksi. Atau ada juga tanaman karet yang semula sudah berproduksi ( mengeluarkan getah) tiba tiba getah tidak keluar lagi, padahal tanaman tersebut secara fisik tetap tampak sehat dan pertumbuhan tajuk lebih baik dibandingkan dengan tanaman yang normal (mengeluarkan  getah). Wah... kenapa yha? 
Tanaman karet yang tidak mengeluarkan getah sama sekali sejak saat seharusnya mulai berproduksi umumnya terjadi pada tanaman yang berasal dari benih asalan.

Solusinya adalah ganti tanaman karet dengan benih unggul dan jangan lagi menggunakan benih asalan. Jika tanaman karet yang semula mengeluarkan getah tetapi lambat laun stop tidak mengeluarkan getah lagi, bisa dicurigai disebabkan karena eksploitasi penyadapan yang berlebihan. apalagi disertai dengan penggunaan bahan perangsang getah (ethrel/ ethephon).  inilah yang di sebut dengan penyakit Kering Alur Sadap (KAS).
Tahapan gejala penyakit KAS adalah sebagai beikut:
  • Tidak keluar getah di sebagian alur sadap. Beberapa minggu kemudian keseluruhan alur sadap ini kering  dan tidak mengeluarkan getah
  • Getah menjadi encer  dan Kadar Karet Kering (K3) berkurang
  • Kekeringan menjalar sampai ke kaki gajah baru ke panel sebelahnya
  • Bagian yang kering akan berubah warnanya menjadi cokelat dan kadang-kadang terbentuk gum (blendok). 
  • Pada gejala lanjut seluruh panel / kulit bidang sadap kering dan pecah-pecah hingga mengelupas
Penyakit KAS merupakan salah satu penyakit penting di perkebunan karet terutama di perkebunan rakyat. Keparahan penyakit ini di perkebunan karet rakyat cukup tinggi  yaitu sekitar 12-15 %. Hal ini terutama disebabkan karena kondisi sosial ekonomi petani yaitu: pengetahuan dan kesadaran petani yang kurang terhadap budidaya tanaman serta terbatasnya pendapatan petani untuk melaksanakan pengendalian penyakit.  

Untuk mengetahui adanya indikasi gejala KAS  di areal perkebunan karet Saudara, dapat dilakukan deteksi dini penyakit yaitu melakukan sadap tusuk di bawah bidang sadap sampai ke bawah pada pohon karet yang dicurigai. Apabila tidak keluar getah atau getah yang keluar mulai encer maka kemungkinan tanaman tersebut terserang KAS.

Pada kondisi tersebut perlu segera dilakukan pengendalian yaitu:
  • Menurunkan intensitas penyadapan pada pohon karet yang telah mulai menunjukkan kering alur sadap
  • Menghindari atau menurunkan intensitas penyadapan pada musim gugur daun alami
  • Bidang sadap yang mati dan kulit kering bisa dipulihkan kembali dengan pemberian formulasi oleokimia (Antico F-96, No. BB)
  • Pemberian oleokimia dengan cara mengerok kulit bidang sadap yang sakit kemudian dioles  segera setelah pengerokan selesai
  • Satu tahun kemudian kulit yang baru bisa disadap kembali
  • Penambahan 160 gram pupuk KCl /pohon/tahun dari dosis anjuran 
Demikian sekilas tentang Cara Penanggulangan Pohon Karet Yang Mati Getah, semoga bermanfaat, dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.
Baca Juga :


Demikianlah Artikel Cara Penanggulangan Pohon Karet Yang Mati Getah

Sekianlah Pembahasan Cara Penanggulangan Pohon Karet Yang Mati Getah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Cara Penanggulangan Pohon Karet Yang Mati Getah"
    Back To Top