Durian Unggul Indonesia

Durian Unggul Indonesia - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Durian Unggul Indonesia, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Pertanian, Tanaman Perkebunan, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Durian Unggul Indonesia
link : Durian Unggul Indonesia

Baca juga


Durian Unggul Indonesia


Potret Pertanian - Durian Ungggul Indonesia. Indonesia memang kaya dengan ragam buah asli indonesia yang nikmat untuk dikonsumsi seperti dutian Selain buahnya yang manis, buah durian ini ternyata juga memiliki berbagai kandungan nutrisi baik yang berkhasiat dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. tapi kali saya bukan akan membahas tentang kasiat buah durian tapi akan Durian Unggul Indonesia nah berikut ulasanya yuk kita simak.


Indonesia sebagai tempat asal durian, punya banyak sekali jenis durian, baik yang durian yang sudah dibudidayakan atau jenis durian hutan yang kurang komersiil. Dari sekian banyak jenis durian ini ada beberapa varietas yang termasuk durian unggul baik karena rasa, ukuran dan kualitas daging buahnya. Pemerintah sebenarnya sudah menetapkan 67 Jenis Durian unggul asli Indonesia, tetapi kayaknya program ini kurang bersinar, sehingga yang kita kenal cuma durian monthong aja. 
Mungkin saking banyaknya jenis durian unggul di Indonesia pemerintah jadi bingung, kalau di thailand cuma fokus pada dua varietas saja yang dikembangkan dengan serius sehingga terkenal di seluruh dunia.



Berikut beberapa durian unggul yang berpotensi untuk dibudidayakan: 

Durian Monthong

Meski durian ini berhasil dimuliakan di thailand namun sejatinya bibitnya berasal dari pulau kalimantan. Durian ini kita masukkan sebagai durian asli Indonesia saja. Buahnya terlihat menonjol dan ukurannya besar sehingga menggoda iman. memiliki rasa manis legit dan aroma harum yang disukai kebanyakan konsumen durian. Durian Monthong banyak disukai petani durian karena mampu berproduksi pada umur 4-5 tahun sejak di tanam. Produksi buahnya cukup banyak. Mampu beradaptasi pada berbagai tempat, Bentuk buah bervariasi, dari bulat panjang sampai hampir persegi. Durinya besar dan tersusun jarang. Bobot buahnya mampu mencapai 13 kg.

Durian Petruk.

Durian Petruk ini terkenal dengan rasanya yang ekstra legit dibanding jenis durian lain. Durian petruk berasal dari Jepara Jawa Tengah. Ciri-ciri durian petruk adalah rasanya yang manis, bentuk buah lonjong alur seperti buah belimbing,aroma mantab, manis, lezat agak pahit, baunya yang menyengat, daging buahnya tebal, dan bijinya yang kecil dan daging buahnya yang tidak lembek.

Jadi kalau anda jalan-jalan di daerah Jawa Tengah jangan lupa cicipi Duren ini. Jika ke semarang jangan lupa mampir di daerah Jepara dan rasakan durian petruk di tempat asalnya.tapi lihat juga musim panen duren di sana.

Durian Mimang

Durian Mimang merupakan durian Unggul dari Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Durian Mimang pernah juara ke 2 lomba durian se Asia Tenggara, Durian Mimang memiliki rasa Lebih manis, Legit, daging buah tebal 2-3 cm, biji kempes, kulit kempes. 

Durian Matahari

Durian Matahari durian Unggul Nasional dengan rasa manis legit pulen daging buah tebal berwarna kuning seperti pancaran sinar matahari oleh karena itu disebut durian matahari . Kelebihan durian matahari adalah tanpa biji dengan daging buah tebal, rasanya manis, dan beraroma.

Durian Candy (Candimulyo)

Durian yang panjang dan besar asli Magelang jawa Tengah. Rasanya, sangat sesuai dengan lidah para penggemar buah durian, manis, agak-agak pahit. Durian dari Candimulyo menjadi spesial karena buahnya yang besar, daging tebal, rasa manis khas durian unggulan, manis-manis pahit, serta pongge (bijih durian) kecil. 

Durian Bawor

Durian Bawor Monthongnya Banyumas merupakan Durian monthong Orange. Bibit durian bhinneka bawor di hasilkan dari berbagai macam jenis spesies durian yang dijadikan menjadi satu batang dengan batang pokoknya bibit durian montong dengan spesies-spesies yang lain dari bibit durian lokal yang mutunya bagus. 

Durian Bawor Berkaki Empat merupakan durian montong orange yang memiliki batang yang di sambung/okolasi langsung dengan tanaman durian lain yang menjadi ”kaki baru” yang salah satunya adalah untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, karena serapan unsur haranya bisa lebih.

Durian Bawor mempunyai beberapa keunggulan antara lain : umur 3-4 tahun sudah mulai berbuah, satu tahun bisa panen 3 kali, 1 buah mempunyai berbagai macam rasa, daging buahnya tebal rasanya legit, bijinya kecil / tipis, sistim perakarannya baik karena mempunyai kaki empat sehingga memudahkan mencari nutrisi dalam tanah maka semakin tua umur tanaman semakin lebat / banyak buahnya. Bahkan pohon induknya yang berumur 7 tahun dalam 1 tahun mampu menghasilkan 2 ton durian. Durian bawor dapat dipanen 3 kali dalam setahun sedangkan pohon-pohon durian yang lain hanya dapat dipanen setahun sekali, untuk memanennyapun tidak terlalu sulit karena rata-rata tinggi tanaman durian bawor hanya 2 s/d 3 meter .

Durian Si Mas

Si Mas yang asli Bogor memiliki daging buah kuning dan kenyal.

Demikianlah beberapa durian unggul indonesia, mungkin ada yang tidak masuk kedalam daftar postingan kami mohon ditambahkan dikolom komentar.

hem bagaimana sahabat potret Pertanian semua. hehe jadi pingin ngerasaai buah duian ya.  hehe tuh aromanaya sangat mengugah hasrat untuk segera mencomo buah yang satu ini, ok salam sukses lah pokoknya,... hehe maaf buru-buru nih mau makan buah durian.. 


Demikianlah Artikel Durian Unggul Indonesia

Sekianlah Pembahasan Durian Unggul Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Durian Unggul Indonesia"
    Back To Top