Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain)

Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain) - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain), Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Hidroponik, Pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain)
link : Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain)

Baca juga


Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain)

-- --

Potret Pertanian - Ebb and Flow System atau disebut juga Flood and Drain System atau Sistem Pasang Surut merupakan salah satu sistem hidroponik dengan prinsip kerja yang cukup unik. Dalam sistem hidroponik ini, tanaman mendapatkan air, oksigen, dan nutrisi melalui pemompaan dari bak penampung yang dipompakan ke media yang nantinya akan dapat membasahi akar (pasang). Selang beberapa waktu air bersama dengan nutrisi akan turun kembali menuju bak penampungan (surut). Waktu pasang dan surut dapat diatur menggunakan timer sesuai kebutuhan tanaman sehingga tanaman tidak akan tergenang atau kekurangan air.

Sistem seperti ini umumnya dilakukan dengan pompa air yang dibenamkan dalam larutan nutrisi (submerged pump) yang dihubungkan dengan timer (pengatur waktu). Ketika timer menghidupkan pompa, larutan nutrisi akan dipompa ke grow tray (keranjang/tempat/pot tanaman). Ketika timer mematikan pompa air, larutan nutrisi akan mengalir kembali ke bak penampungan. Timer diatur dapat hidup beberapa kali dalam sehari, tergantung ukuran dan tipe tanaman, suhu, kelembaban, dan tipe media pertumbuhan yang digunakan. Sistem hidroponik ini dapat digunakan untuk beberapa media pertumbuhan. Media yang dapat menyimpan air cukup baik untuk sistem hidroponik ini seperti rockwool, vermiculite, coconut fiber.

Kelebihan sistem hidroponik Ebb and Flow / Flood and Drain / pasang surut:
  • Tanaman mendapat suplai air, oksigen, dan nutrisi secara periodik
  • Suplai oksigen lebih baik karena terbawa air pasang dan surut
  • Mempermudah perawatan karena tidak perlu melakukan penyiraman
Kekurangan sistem hidroponik Ebb and Flow / Flood and Drain / pasang surut:
  • Biaya pembuatan cukup mahal
  • Tergantung pada listrik
  • Kualitas nutrisi yang sudah dipompakan berkali-kali tidak sebaik awalnya
Demikian sedikit  Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain) semoga dapat menjadi manfaat dan bagi yang ingin mencoba monggo dicoba dan semoga sukses. sekian dulu untuk artikel lainya tentang hidroponik silahkan baca artikel berikut , Aquaponik - Hidroponik, Cara Budidaya Dengan Sistem Aeroponik dan Budidaya Hidroponik Sistem Wick



Demikianlah Artikel Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain)

Sekianlah Pembahasan Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb and Flow / Flood and Drain)"
    Back To Top