Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe

Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Perlintan, Tanaman Hortikultura, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe
link : Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe

Baca juga


Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe

 Potret Pertanian -Salam Pertanian Buat Sahabat seluruh Petani Nusantara, Senang sekali hari ini saya dapat menjumpai sahabat semua dalam postingan kali ini untuk berbagi pengalaman sedikit dalam teknis budidaya tanaman cabe yang akan kita bahas dalam judul artikel Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe Potret bukanlah Ahli dalam bidang pertanian, tapi Potret sekedar berusaha untuk berbagi berdasarkan pengalaman yang Potret dapat dilapangan selama 13 tahun dalam mengawal dan mendampingi Petani binaan dari berbagai daerah diseluruh pelosok pulau sumatera, dari mulai lampung sampai Aceh Alhamdulilah Potret sudah jelajahi untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dalam bidang pertanian hortikultura, mudah-mudahan dengan sedikit bekal ini potret dapat berbagi solusi dan informasi dibidang Pertanian.

Sumber gambar : http://www.lmgaagro.web.id/
Nah tidak panjang lebar, kebetulan tadi malam ada sahabat potret yang berkenan datang kerumah untuk sekedar berbagi masalah tanaman cabe, yang sekarang ini dia budidayakan dlam jumlah yang lumayan cukup banyak, sekitar 2 hektar yang populasinya sekitar 50.000 batang anak cabe, dia menanam dua tahap, tahap pertama sudah saat ini sudah panen buah pertama, tapi sayang pada buah pertama cabe dia tidak bisa dipanen dikarenakan mengalami busuk buah. Nah dengan alasan itulah dia konsultasikan kepada Potret bagaimana mengatasi buah yang rontok karena busuk tersebut. untuk lebih jelas yuk kita simak Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe.

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan proses budidaya tanaman cabe, tapi kali ini yang akan kita bahas yaitu masalah rontok bunga yang sering terjadi pada tanaman cabe, Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe. karena ini adalah cikal bakal buah yang nantinya akan kita penen, Rontok pada bunga adalah gejala kekurangan unsur hara, jika tidak segera diatasi atau ditanggulangi sesegera mungkin maka diahir pembuahan cabe akan mengalami rontok buah, yang dibarengi dengan terserangnya penyakit antrakosa. Rontok pada buah cabe berawal buah cabe yang berwarna pucat, kuning separo pada buah, dan busuk ahirnya rontok. pada fase buah busk ini banyak penyakit yang memanfaatkan kondisi seperti ini, terutama bakteri antraknose.

Tanaman akan mengungkapkan kekurangan hara melalui fisik tanaman, mulai pada daun batang bunga dan buah, maka dari itu kita harus paham gejala-gejala yang disampaikan oleh tanaman pada kelainan-kelainan pada fisik tanaman cabe tersebut. seperti hal nya rontok pada bunga, Rontok pada bunga merupakan gejala kekurangan Unsur Calsium kalium dan Magnesium, sehingga kan membuat bunga cabe tidak lengket dan mudah untuk gugur. jika tidak segera diatasi di fase selanjutnya pada masa pembuahan akan sangat berbahaya selain rontok pada buah juga akan mengundang penyakit lainya. Baca Disini  Mengenal OPT Pada Tanaman Cabe.

Untuk mengatasi kasus seperti ini, segera atasi dengan menggunakan pupuk yang dengan kandungan Calsium, kalium dan magnesium, segra semprotkan atau melalui penambahan pupuk instan pada saat pengecoran. pada usia pembungaan cabe. 

Jika terlambat dalam mengatasi dan ahirnya terjadi kerontokan pada buah cabe,  segera buang jauh-jauh buah tersebut bila perlu dibakar untuk menghindari terjangkitnya bakteri antraknosa. dan segera semprot menggunakan pestisida untuk pengendalian atau preventive kusus untuk pengendalian antraknose, seprti fungisida pengendali jamur yang berbahan aktif tembaga hidroksida. jika untuk sekedar mencegah datangnya Antraknosa cukup menggunakan fungisida berbahan aktif Propineb 70 WP, yang sudah banyak terdapat di toko-toko pestisida dengan berbagai merek.

Nah demikian sekilas tentang Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe semoga bermanfaat, jika kurang paham dengan penjelasan diatas silahkan tinggalkan kementar dibawah ini, dengan senang hati Potret akan menjawabnya. Ok salam sukses selalu dari POtret Pertanian.



Demikianlah Artikel Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe

Sekianlah Pembahasan Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 1 Komentar untuk "Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe"

    Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Hariyati Dewi Tki Hongkong, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya saya menemukan jalan /solusi melalui Program Pesugihan Dana Gaib Tanpa Tumbal. saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Dengan keyakina dan keberania saya ikut bergabung untuk mengikuti Program Pesugihan Dana Gaib Tanpa Tumbal dan memohonkan dana sesuai kebutuhan dan kesanggupan saya. Cuma dalam waktu 1 hari 1 malam saya mendapat telpon dari pihak Program tersebut, Alhamdulillah dana yang saya mohonkan sudah cair dan sudah dapat saya gunakan untuk melunasi hutang. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi
    Ki Witjaksono: 085-2222-31459
    Atau kunjungi website

    Klik-> PESUGIHAN DANA GAIB

    ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya.

    Back To Top