Khasiat dan Manfaat Pepaya - Tips Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Pepaya - Tips Kesehatan - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Khasiat dan Manfaat Pepaya - Tips Kesehatan, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Tips Kesehatan, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Khasiat dan Manfaat Pepaya - Tips Kesehatan
link : Khasiat dan Manfaat Pepaya - Tips Kesehatan

Baca juga


Khasiat dan Manfaat Pepaya - Tips Kesehatan

-- --
Potret Pertanian - Buah yang satu ini termasuk dalam golongan buah sungguh (buah sejati) tunggal. Buah sejati tunggal yaitu buah sejati yang terdiri dari bunga denga satu bakalbuah saja. Buah ini dapat berisi satu biji atau lebih, dapat pula tersusun darisatu atau banyak daun buah dengan satu atau banyak naungan. Dalam buahpapaya terjadi dari beberapa daun buah dengan satu ruang dan banyak biji.Pepaya juga termasuk buah buni(bacca). Biji-biji terdapat bebas dalam bagian yang lunak itu. Pepaya termasuk buah buni yang berdiding tebal dan dapat dimakan. Buah papaya juga bentuknya bulat sampai lonjong. 

Dibalik rasa yang manis dan enak ini ternyata pepaya mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan , nah berikut Khasiat dan Manfaat Pepaya - Tips Kesehatan yuk kita simak sampai tuntas artikel ini dan semoga saja dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

Khasiat dan Manfaat Pepaya

1. Batu Ginjal (niersteen = Belanda)
Bahan: 7 lembar daun pepaya. Cara membuat & menggunakan :
Memakai formula 3-5-7 plus, artinya :
  • Hari Pertama, 3 lembar daun pepaya yg masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
  • Hari Kedua, 5 lembar daun pepaya yg masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
  • Hari Ketiga, 7 lembar daun pepaya yg masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
  • Untuk menutupnya ditambah dengan minum air kelapa muda (degan=Jawa), yg dipilih dari buah kelapa hijau.

Baca Juga :  


Catatan : bagi yg mengidap hipertensi tidak boleh minum resep ini.

2. Hipertensi (tekanan darah tinggi)
a. Bahan: 2 potong akar pepaya. Cara membuat: direbus dengan 1 liter air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1 cangkir
b. Bahan: 7 lembar daun atau bunga tapakdara. Cara membuat: diseduh dengan 1 gelas air & dibiarkan berapa saat & disaring. Cara menggunakan: diminum menjelang tidur.

3. Malaria
Bahan: 1 lembar daun pepaya, tempe busuk sebesar ibu jari, garam secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian diperas & disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari selama 7 hari berturut-turut.

4. Sakit Keputihan
Bahan: 1 lembar daun pepaya, 1 potong akar rumput alang-alang, adas pulosari secukupnya. Cara membuat: daun pepaya dicincang halus, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan 1,5 liter air sampai mendidih & disaring. Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari 1 gelas & dilakukan secara teratur.

5. Kekurangan ASI
Bahan: buah pepaya yg masih hijau (muda) tanpa dikuliti. Cara membuat: buah pepaya tersebut dibelah menjadi 2 bagian, sebagian direbus dengan air & sebagian yg lain menggunakan cuka. Cara menggunakan: air rebusan tersebut diminum 2-3 sendok teh sehari & dilakukan secara teratur.

6. Reumatik
a. Bahan: buah pepaya, 2 butir telur ayam kampung; Cara membuat: buah pepaya dipotong penampangnya kemudian telur dimasukkan dalam pepaya melalui lubang yg telah dibuat dengan memotong penampang tadi, ditutup kembali rapat-rapat & dibakar hingga telur yg ada di dalamnya masak. Cara menggunakan: telur yg sudah masak tersebut dimakan pagi & sore
b. Bahan: 2 potong akar pepaya, 1 lembar daun pepaya; Cara membuat : kedua bahan tersebut ditumbuk halus,  kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih & disaring. Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari 1 gelas pada sore hari.  

7. Malnutrisi (gejala kekurangan salah satu zat makanan pada balita)
a. Bahan: 2 lembar daun pepaya, 3 tangkai daun dadap serep,kapur sirih secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus. Cara menggunakan: dipergunakan sebagai bedak & dioleskan pada perut balita yg sakit.

b. Bahan: 1 lembar daun pepaya
Cara membuat: direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminumkan pada balita 2 sendok makan setiap hari.

8. Gangguan saluran kencing
Bahan: 3 potong akar pepaya. Cara membuat: direbus dengan 1 liter air air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari 0,5 gelas.

9. Haid berlebihan
Bahan: buah pepaya yg masih hijau (muda). Cara membuat: direbus dengan air sampai masak. Cara menggunakan: dimakan dagingnya.

10. Sakit perut pada waktu haid
Bahan: 1 lembar daun pepaya, buah asam & garam secukupnya

Demikian Khasiat dan Manfaat Pepaya - Tips Kesehatan dan semoga bermanfaat. salam sukses dan bahagia selalu buat sahabat Potret Petanian.
 Baca Juga:
potret pertanian


Demikianlah Artikel Khasiat dan Manfaat Pepaya - Tips Kesehatan

Sekianlah Pembahasan Khasiat dan Manfaat Pepaya - Tips Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 1 Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Pepaya - Tips Kesehatan"

    nambahin satu boleh gk nih ? buah pepaya jug bermanfaat untuk melancarkan pencernaan :) bagi yang susah buah air besar bisa konsumsi pepaya untuk solusi nya :)

    Back To Top