Nematoda Penyebab Akar Gada

Nematoda Penyebab Akar Gada - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Nematoda Penyebab Akar Gada, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Hama Penyakit, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Nematoda Penyebab Akar Gada
link : Nematoda Penyebab Akar Gada

Baca juga


Nematoda Penyebab Akar Gada

Potret Pertanian - Salam Pertanian, Selamat berjumpa kembali ya sahabat Potret Pertanian, Senang sekali kali dapat berbagi bersama sahabat semua, semoga bisa bermanfaat buat kita semua aamiin. Kali ini saya akan mebahas sedikit Penyebab Terjadinya akar gada, atau bisul akar, yang disebabkan oleh jenis Hama tanaman jenis Nematoda


Nematoda Penyebab Akar Gada atau Bisul Akar atau bengkak akar (meloidogyne incognita korf.&Wh) berbentuk seperti cacing kecil dengan panjang 200-1.000 Ìm. Mulutnya memiliki stylet yang berbentuk seperti jarum runcing dan digunakan untuk menghisap zat makanan atau sel tanaman. Tubuh nematoda betina lebih besar daripada yang jantan. Sekali bertelur, nematoda betina bisa menghasilkan 100-500 butir. Telur-telur tersebut diletakan di permukaan akar.
Hama Nematoda ini menyerang akar, baik akar utama maupun akar cabang, sehingga akar membengkak. Pembengkakan akar terjadi karena nematoda muda yang baru menetas dimasukan kedalam ujung akar yang masih muda. Air liur dan kotoranya menyebabkan terjadinya pertambahan jumlah sel tanaman menjadi tidak normal (hyperplasia) dan sel-sel tersebut akhirnya terus membesar dan membengkak (hypertroph).

Kondisi ini menyebabkan tanaman sulit menyerap air dan unsur hara makro di dalam tanah. Akibatnya, tanaman mengalami klorosis, pertumbuhan terhambat, layu, buah mengecil dan swdikit, serta cepat menjadi tua. Serangan hama nematoda akar ini diperkirakan bisa mengurangi produksi hingga di atas 50%.

Untuk mengatasi nematoda bisul akar bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Kultur Teknis, yakni dengan melakukan rotasi tanaman. Tanaman yang bisa digunakan berupa tagetes aptula atau tagetes erecta yang menghasilkan thiopen yang mampu mematikan nematoda. Selain itu, lakukan penyiangan dengan secara rutin, mengolah tanah dengan benar, memberikan pupuk kandang atau kompos, dan menanam varietas tomat tahan hama nematoda akar.

2. Cara Kimiawi, yakni dengan mengaplikasikan nematisida, misalnya seperti: Furadan 3G, atau Rugby 10G , dan asih banyak lagi produk-podruk pertanian yang sekarang ini beredar dengan dosis sesuai petunjuk dalam kemasan.

3. Cara Mekanis, yakni dengan mencabut dan membakarnya agar tidak menularkan kepada tanaman yang masih sehat.

Nah demikian ya sahabat Potret Pertanian, sekilas Nematoda Penyebab Akar Gada, Semoga saja saja kita lebih waspada dalam membudidayakan tanaman hortikultura kita, dan semoga dengan saling berbagi akan membawa manfaat buat kita semua dan dapat meningkatkan hasil produksi yang kita budidayakan, aamiin... salam Sukses ya dari Potret Pertanian.
Baca Juga :
  1. Mengenal OPT Pada Tanaman Cabe
  2. Mengendalikan Hama Ulat Buah dan Ulat Tanah - Tips Pertanian
  3. Tips Mengendalian Hama Lalat Putih, Lalat Penggerek Daun dan Lalat Buah


Demikianlah Artikel Nematoda Penyebab Akar Gada

Sekianlah Pembahasan Nematoda Penyebab Akar Gada kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Nematoda Penyebab Akar Gada"
    Back To Top