Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Bahan Bakar Biogas

Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Bahan Bakar Biogas - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Bahan Bakar Biogas, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, lingkungan, solusi pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Bahan Bakar Biogas
link : Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Bahan Bakar Biogas

Baca juga


Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Bahan Bakar Biogas

-- --
Potret Pertanian - Inovasi teknolgi dibidang pertanian terus dikembangkan sehingga mampu menunjang kesejahteraan petani, Kali ini saya akan mengajak sahabat Potret Pertanian untuk memanfaatkan bahan-bahan limbah dari kotoran ternak untuk dijadikan Bio Gas sebagai bahan bakar, yuk kita simak ulasan berikut.

Pemanfaatan kotoran ternak sapi untuk kebutuhan rumah tangga sebagai bahan pengganti bahan bakar minyak tanah, yaitu menghasilkan Biogas, Biogas dapat mengurangi krisis bahan bakar jenis minyak tanah atau gas LPG. Disamping itu mengurangi adanya penebangan tanaman kayu sebagai bahan bakar.

Selama ini kotoran sapi belum termanfaatkan secara maksimal yang saat ini hanya banyak digunakan sebagai pupuk saja dalam bidang pertanian. Nah oleh sebab itu perlu sosialisasi kemasarakat dengan lebih intensif. Kotoran sapi, kambing , kerbau, kuda, babi dan kotoran manusia, bila tidak dimanfaatkan tentunya dapat mencemari lingkungan.

Manfaat kotoran sapi

  •  Biogas. Biogas merupakan bahan bakar untuk memasak atau kompor gas, Lampu Petromak dan Generator Pembangkit Listrik.
  • Pupuk Padat. Kotoran sapi yang telah terurai gasnya, menyisakan kotoran padat ( sludge ) yang siap dimanfaatkan untuk memupuk tanaman, sedangkan kotoran yang kering atau basah dapat langsung digunakan sebagai pupuk tanpa  harus melalui proses terlebih dahulu.
  • Pupuk cair. Kotoran sapi yang berbentuk bubur  ( kotoran encer ) masih dapat dipisahkan untuk mendapatkan pupuk cair melalui proses penyaringan alami, tanpa tambahan bahan kimia.
Dengan demmikian sebagai petani yang menggunakan pupuk untuk pertanian tentunya akan menghemat pembelian pupuk dan bahan bakar.
Nah berikut gambar instalasi pembuatan biogas


Nah tapi potret minta maaf jika keterangan dan teknisnya kurang jelas, tapi bisa dicari dan ditanyakan sama eyang google, Nah sekian dulu ya sahabat semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan berbagi kesiapa saja jika anda peduli dengan lingkungan, dan salam potret Pertanian.



Demikianlah Artikel Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Bahan Bakar Biogas

Sekianlah Pembahasan Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Bahan Bakar Biogas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Bahan Bakar Biogas"
    Back To Top