• Breaking News

    Telur Asin Rasa Udang Pasiran Jaya

    Potret Pertanian – Telur adalah salah satu sumber Protein Hewani yang memilioki rasa yang lezat, mudah dicerna dan Bergizi tinggi. Selain itu telur mudah diperoleh dan harganya relative murah. Telur dapat dimanfaatkan sebagai lauk, bahan pencampur  berbagai makanan, tepung telur, obat dan lain sebagainya.

    Telur terdiri Protein 13 %, lemak, 12 %, sert a vitamin, dan mineral. Nilai telur terdapat pada bagian kuningnya. Kuning telur mengnadung asam amino esensial yang dibutuhkan serta mineral seperti : besi, foesfor, sedikit Kalsium, dan vitamin B kompleks. Sebagian protein ( 50 %) dan semua lemakterdapat pada kuning telur. Adapun putij telur yang jumblahnya sekitar 60 % dari seluruh bulatan telur mengandung 5 jenis protein dan sedikit karbohidrat.

    Kelemahan telur yaitu memiliki saifat mudah rusak, baik kerusakan alami, kimiawi maupun kerusakan akibat serangan mikroorganisme melalui pori-pori telur. Oleh sebab itu usaha pengawetan sangat penting untuk mempertahankan kualitas telur.

    Tips Kesehatan

    Peternak bebek tipe petelur, biasanya memakai kepala udang yang diberikan sebagai campuran pakan agar warna kuning telur bebek bias menjadi lebih merah. Memeng didalam kepala  kepala udang ada zat pigment charophil yang bias membuat udang menjadi warna merah.

    Kepala udang ini merupakan hasil limbah pengolahan udang yang biasa diekspor. Bagian badan udang ekspor dan bagian kepala dan kulit sebagai limbah biasa dibuang. Limbah epala udang ini ( sebagian kulit udang ) ini ditampung dan dimanfaatkan sebagai campuran pakan bebek petelur yang berfungsi sebagai pemerah warna kuning telur.

    Dikampung Pasiran jaya Kecamatan Dente Teladas Kabupaten tulang bawang, para petani yang tergabung dalam GAPOKTAN PASIRAN JAYA membudidayakan bebek dengan menggunakan pakan organic berupa  “ Limbah Kepala Udang “ sehingga telur yang dihasilkan memiliki kuning telur yang bewarna merah dan memiliki kadar protein yang tinggi dengan cara pengolahan telur asin menggunakan herbal menekan kolesterol dan lemak yang terdapat pada telur bebek.

    Telur asin rasanya akan lebih enak, jika bebeknya diberi makan udang, atau limbah kepala udang seperti kepala atau kulit udang. Hasilnya kuning telur akan bewarna lebih oranye, lebih gurih, seperti udang. Telur biasanya mengandung kolesterol samapai 100 mg/dL, hasil olahan barunya kini tinggal 4 mg/dL Selain itu, kandungan lemaknya turun cukup signifikan. Lemak telur biasa pada umumnya, 13,6gr bias ditekan jadi 5,24gr. Keistimewaan lain, telur asin hasil produksi Gapoktan  Pasiran  mengandung Omega 3gr hingga 214,3gr dan kandungan betakarotene mencapai 380. Sehingga telur asin Produksi Gapoktan  Pasiran Jaya memiliki keistimewaan bercita rasa udang juga aman bagi penderita kolesterol.

    Baca Juga :
    Cara Membuat Telur Asin Herbal

    Potret Pertanian

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad