Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung

Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, solusi pertanian, teknik budidaya, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung
link : Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung

Baca juga


Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung

Potret Pertanian – Sahabat semua pengunjung setia Potret yang baik hati, saya ucapkan terimakasih telah bersedia untuk membaca artikel diwebsite sederhana ini, dan senag sekali saya bisa selalu Berbagi Solusi dan Informasi dibidang pertanian, untuk yang lebih baik lagi, semoga artikel-artikel yang saya tulis dan bagikan akan bermanfaat buat kita semua para petani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian kita. Setelah dalam postingankemarin Cara Atasi RetakBuah Pada Tanaman Tomat sekarang akan saya bagikan Sedikit Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung.

Untuk meningkatkan hasil panen serta berkualitas tinggi tentunya sudah menjadi  hal wajib yang harus kita lakukan dalam berbudidaya, dan merupakan hal yang sangat membanggakan mendapatkan hasil yang maksimal serta bermutu tinggi, karena akan mempengaruhi nilai jual hasil pertanian kita. Yang ahirnya akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kita.

Tanaman tomat yang biasanya kita budidayakan akan menghasilkan beberapa tandan buah 5 sampai 6 dari mulai pangkal batang sampai unjung tanaman yang menggunakan ajir yang untuk menopang tanaman tomat yang kita rambatkan, Nah berikut hal yang harus anada lakukan untuk melakukan Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung.

  1. Dalam perkembangan buah tomat, diperlukan pembelahan sel yang cukup, dengan bantuan unsur Boron yang cukup pula, tapi ingat pemakaian boron yang berlebihan juga akan membuat terjadinya retak pada buah jika tidak diimbangi dengan pemakaian pupuk Calsium dan kaliuam yang tinggi, baca disini CaraAtasi Retak Buah Pada Tanaman Tomat, oleh sebab itu konsultasikan dengan toko kios yang atau dengan petugas pertanian ditempat anda supaya lebih efektif dalam pemakaian dengan dosis yang tepat. Karena sudah menjadi hal yang penting sekali dalam usaha pertanian dalam mengaplikasih baik itu pupuk pestisida dalam proses budidaya yang kita lakukan, yaitu Tepat Dosis, Tepat waktu dan tepat sasaran. "Saran dari saya gunakan pupuk yang sudah ada dengan dosis dan anjuran yang tepat serta unsur yang sudah pas untuk membuat tanaman menjadi besar, yaitu dengan menggunakan unsur yang terkadung didalamnya sudah lengkap dan susuai fase pada tanaman tomat yang kita budidayakan. Gunakan Pupuk Buah PRIMAPLUS dari CV. Primagro, yaitu pupuk buah dengan kandungan Boron Kalium Calcium dan Magnesium yang sudah diformulasikan oelh perusahaan tersebut".
  2. Sisakan tandan buah tomat cukup 4 sampai 5 tandan, dan potong ujung tanaman sehingga proses pertumbuhan berhenti, Potong tepat diatas tangkai dauun seperti gambar dibawah ini.
    Dengan pemotongan pucuk tanaman ini akan menghasilakan daun yang sama besar dari daun pangkal dan daun ujung, serta dengan pemotongan tersebut semua makanan atau hara yang kita suplai semua akan lari kebuah, karena terhentinya pertumbuhan tanaman akibat kita potong tadi. Keuntungan memotong ujung tanaman tomat tersbut, pertama, daun tomat dari bawah sampai keatas akan sama besarnya, kedua batang kan lebih besar dan kokoh sehingga suplai makan dari akar samapai kebuah lebih lancar. Ketiga dalam kondisi tanaman yang kuat dan kokoh maka tanaman akan lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.
Bagaimana Sahabat Potret Pertanian, caranya cukup simpelkan. Dengan adanya pemotongan tersebut tentunya akan membuat produksi buah tomat akan lebig seragam, dari mulai tangkai pertama sampai tangkai ujung, jadi buah tomat kita akan sedikit masuk afkiran buah A dan Buah B. Dengan pemotongan ujung dan yang akan menyisakan tandan buah 4 samapi 5 tandan saja, jika pertandan bisa mengjasilkan 1 samapi 1,5 kg saja maka estimasinya kita akan menghasilkan buah 6 sampai 8 kg perbatang tanaman, jika harga 1000 saja artinya kita akan mendapatkan perbatang Rp.6000 sampai Rp. 8000 ribu rupiah, jika modal untuk membudidayakan tanaman tomat tersebut adalah Rp. 3000 maka sudah jelas keuntungan kita adalah Rp. 3000 sampai Rp. 5000 perbatang Tomat.

Nah demikian lah sedikit Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung dari Potret Pertanian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, salam sukses selalu dari kami Potret Pertanain


Demikianlah Artikel Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung

Sekianlah Pembahasan Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Tips Membuat Buah Tomat Besar dan Seragam Dari Pangkal samapi Buah Ujung"
    Back To Top