Tips Membuat Tanaman Cabe Berumur Panjang

Tips Membuat Tanaman Cabe Berumur Panjang - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Tips Membuat Tanaman Cabe Berumur Panjang, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, hara tanaman, pemupukan, teknik budidaya, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Tips Membuat Tanaman Cabe Berumur Panjang
link : Tips Membuat Tanaman Cabe Berumur Panjang

Baca juga


Tips Membuat Tanaman Cabe Berumur Panjang


Potret Pertanian - Selamat siang para saudara Petani di seluruh pelosok indonesia, jumpa lagi nih sama Yang punya sebutan Siboy Anak Ladangan he he he. Kali ini saya akan sedikit berbagi dengan sahabat semua Tips Membuat Tanaman Cabe Berimur Panjang sehingga akan menambah hasil produksi tanaman cabe yang kita budidayakan. 

Semakin lama umur cabe pastinya akan lebih banyak hasil yang didapatkan. Prinsipnya dalam budidaya cabe adalah bagaimana tanaman cabe tersebut bisa brrumur lebih panjang. 


Beberapa faktor yang paling mempengaruhi pendek atau panjang umur cabe adalah iklim ( ketinggian dari permukaan laut ) umur cabe didataran rendah cenderung lebih cepat masa panen dan juga umurnya. Didataran rendah umur cabe 4 bulan sudah mulai panen, dan biasanya umur 7 sampai 8 bulan sudah mati tanaman tersrbut.

Sementara untuk dataran tinggi cabe akan panen di usia 6 sampai 7 bulan. Sedangkan umurnya akan lebih panjang bisa mencapai satj tahun bahkan lebih tergantung perawatan.

Berikutnya adalah faktor perawatan Perlindungan tanaman dari OPT serta penbahan hara untuk memenuhi kebutuhan tanaman untuk dapat produksi optimal. 

Tapi sebelum saya anda membaca sampai ahir, saya tegaskan bahwa ini bukan hasil penelitian tapi hasil pengalaman saya bersama petani binaan semasa dilapangan sebagai formulator pestisida. Yuk langsung saja disimak ulasan dibawah ini.

Baca Juga :




Coba perhatikan titik tumbuh tanaman cabe berada di ujung ujung ranting atau pucuk, sedangkang bunga cabai atau buah cabai merah biasanya muncul dari percabangan atau ketiak daun dengan posisi buah menggantug. Berat cabai merah sangat bervariasi, yakni berkisar 5-25 gram. Buah cabai yang masih muda berwarna hijau, berangsur-angsur berubah menjadi merah menyala setelah buahnya tua 


Dalam bahasa petani awam seperti saya, buah cabe dibagi menjadi tiga.

  1. Buah batang, yaitu buah yang berada di batang utama tanaman cabe.
  2. Buah ranting, buah ini berada diranting ayau dahan yang biasa kita bilang buah utama.
  3. Buah Pucuk, buah ini berada di pucuk ranting, biasanya dibilang ini buah ahir. Karena setelah buah ini habis tanaman akan mati, kalau kata dosen saya sudah menyelesaijan siklus hidupnya.
Ngomong-ngomong ada yang lagi panen gak ya srkarang.?". Cabe harganya lumayan pedes... Bagi donk yang sedang panen.. Nah kok ngelantursih jadi nanyaiin siapa yang lagi oanen cabe, "Trus mana Tips Membuat Tanaman Cabe Berimur Panjang "?
Tenang Cuy... Tetap akan dibagikan kok tapi saratnya pakek mahar lo, maharnya gak susahkok, bukan uang, bunga setaman, kemenyan, bukan juga puasa 2 hark 2 malam. Msharnya cukup doakan websit ini dibagikan keyang lain ya, supaya ilmu yang saya tulis ini bermanfaat bagi semua petani aamiin.... Dan saya kan dapat pahala dari apa yang sudah saya bagikan je sahabat semua potret pertanian semua.

Kembali ke TKP


Sudah taukan titik tumbuh cabe berada dipucuk, selagi pucuk itu masih mau tumbuh dalam artian keluar terus nah selama itulah umur cabe akan bertahan. Jika kita mampu mempertahan pucuk atau tunas cabe tetap tumbuh dan tumbuh lagi pasti produksinyapun skan lrbih banyak lagi, karena pada tanaman cabe pucuk identik dengan bunga, sitiap keluar pucuk baru pasti membawa bunga dan begitulah seterusnya.

Intinya untuk mempertahankan umur cabe kita harus terus bisa mempertahanksn tunas cabe untuk bisa terus keluar, Inilah beberapa hal yang harus harys kita lakukan untuk yrtys merangsang pucuk cabe terus keluar.


  1. Dalam mekakukan pemupukan harus diperhatikan konsentrasi atau dosis pemupukan, untuk ormupukan pertama lakukan pemupukan standar dengan disis anjuran yang buasa anda pakai. Lalu tambahkan pupuk brtbahan aktif boron dalam pencampuranya 1 kg pupuk borat atau boron berbanding 50 kg pupuk lainnya. 
  2. Untuk pupuk susulan baik nemakai mulsa atau tidak. Hindari pemakaian pupuk berkadar pospat berlebihan, kenapa.?! Nah disinilah letaknya Tips Memilih Pupuk Untuk Tanaman Cabe Berimur Panjang,  Biasanya asumsi petani pupuk tsp atau sp itu adalah pupuk Buah, atau pupuk untuk pembuahan adalah pupuk dengan kandungan posfat yang tinggi, Memang pada dasarnya demikian, dengan pemakaian posfat buah akan merangsang proses generatif akan tetapi menghentikan prosef Vegetatif atau pertumbuhan. Sementara ubtuk tanaman Cabe yang Imutnya berada di ujung ranting atau tunas, jika proses vegetatif berhenti maka usai sudah umur cabai tersebut, pertinyiinyi ???... 
  • Bagaimana Tetap menjaga proses generatif dan vegetatip secara bersamaan.?!.  Pertanyaan yang super sekali.!
  • Dalam masa generatip yanf harus sangat diperhatikan adalah pemakaian pupuk, baik pupuk melalui dauan ataupun pupuk melalui akar. Pemakaian pupuk harus harus sangat diperhatikan. 
  • Dalam face ini lakukan penambahan pupuk melalui daun, carilah pupuk dengan kandungan unsur hara makro dan mikro lengkap. Anda bisa mrmakao pupuk yang mempunyai kandungan boron dan kalium yang tinggi.sudah banyak kok sekarang pupuk yang demikian, Contohnya Pupuk Buah " PrimaPlus" pupuk asal  CV. Prima Agro Sekawan. Dan tambahkan pupuk mikro lengkap dalam penyemprotan tersebut. Mikro bisa dipakai seperti pupuk mikro, Santa mikro 2, tresmix dan Yaravita 2.
Kenapa harus pupuk dengan kandungan boron, kalium dan mikro.? Nah berikut alasanya.!

  • Boron adalah unsur hara yang banyak berperan srbagai unsur pembelahan Sel, drngan pemakaian boron yang seimbang akan membuat pemblahan sel berjalan normal, buah cabe butuh pembelahan sel untuk berkembang daun batang tetutama pucuk juga sangat membutuhkan pembrlahan sel untuk terus hidup. Tapi ingat pemakaian boron berlebihan akan memicu kerontokan bunga, buah dan juga akan mrnyebabkan keriting akibat keracunan jarena boron. Maka dari itu pakailah ptoduk yang sudah berimbang. Seperti ysng sudah saya sebutkan diatas. 
  • Kalium adalah unsur yang membuat elastis pada sel-sel tanaman yang membuat lebih kuat, yang tujuanya untuk mengimbangi pemakaian boron supaya tidak terjadi ketontokan pada buah dan bunga.
  • Mikro adalah pupuk yang jebutuhanya juga sedikit tetmaduk boron juga pupuk mikro, tapi untuk tanaman cabe unsur boron ini akan banyak dibutuhkan untuk mempetbanyak pembelahan sel untuk buah dan tunas yang akan terus tumbuh drngan membawa bunga, dan begitulah seterusnya selama kita mampu menyeimbangkan unsur tersebut selain boron unsur magnesium, calsium, sulfur, silikat, fe dan seng sangat diperlukan untuk mengimbangi unsur yang lain.
Dengan demikian cabe kita akan berumur lama, dan panen akan semakin banyak haduh capek ya nulis pake handphone, sampek kram nih tangan. Untuk lebih jelas dan detail bisa hubungi Saya langsung deh lewat BBM. 52657062 silahkan 24 jam dilayani. Nah semoga saja artikel kali ini bermanfaat ya buat kita semua. Mohon maaf atas salah penulisan fan kurang jelasnya keterangan yang coba saya berikan. Maklum ko.puter sedang rusak terpaksa pakai hp jadi banyak penulisan yang salah Atau kurang jelasnya artikel ini. Jika ini bermanfaat tolong dibagikan, supaya yang lain juga tau salam potret pertanian.



Demikianlah Artikel Tips Membuat Tanaman Cabe Berumur Panjang

Sekianlah Pembahasan Tips Membuat Tanaman Cabe Berumur Panjang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Tips Membuat Tanaman Cabe Berumur Panjang"
    Back To Top