Alat Pembuat Tepung Tradisional ( Lumpang )

Alat Pembuat Tepung Tradisional ( Lumpang ) - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Alat Pembuat Tepung Tradisional ( Lumpang ), Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Alat dan mesin Pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Alat Pembuat Tepung Tradisional ( Lumpang )
link : Alat Pembuat Tepung Tradisional ( Lumpang )

Baca juga


Alat Pembuat Tepung Tradisional ( Lumpang )

-- --
Potret Pertanian - Lumpang merupakan wadah berbentuk bejana yang terbuat dari kayu atau batu untuk menumbuk padi, kopi, ataupun bahan olahan lainnya. Alu adalah alat penumbuknya yang terbuat dari kayu dengan bagian tengah yang mengecil untuk pegangan. Pesatnya mekanisasi pertanian membuat lumpang tidak lagi populer namun sesekali masih digunakan untuk menumbuk singkong dalam proses pembuatan getuk.
Lumpang batu pernah sangat banyak ditemui di desa-desa di Pulau Jawa karena batu andesit yang merupakan bahan baku alat ini dan juga candi-candi banyak ditemukan di sungai-sungainya. Penduduk di pulau lain biasanya menggunakan lesung karena lebih mudah mendapatkan kayu daripada batu andesit.
Dari beberapa penggalian purbakala diperoleh kesimpulan bahwa lumpang batu telah ada sejak zaman prasejarah. Lumpang batu purba ditemukan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat serta Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Tak asing kiranya kita dengan alat pembuat tepung, yang saat ini banyak berada dimana-mana sampai ukuran produksi sekala besar industri maupun sekala rumahan. Keberadaan alat pembuat tepung ini sangat membantu para ibu-ibu rumahtangga dalam memproses segala jenis bahan baku makanan untuk membuat kue dan lain sebagainya.

Tapi didesa saya masih banyak sekali terdapat alat penghancur atau pembuat tepung tradisional atau Lesung, alat ini pada zaman dahulu digunakan untuk memisahkan kulit padi yang masih berupa gabah menjadi beras. Seiring perkembangnya zaman alat ini sudah mulai ditinggalkan karena dinilai tidak menghemat waktu untuk menjadikan gabah menjadi beras, bisa dibilang saat ini hamper tidak ada lagi orang yang menggunakan alat tradisional ini untuk membuat gabah menjadi beras, karena sudah banyak sekali disetiap daerah terdapat penggilingan padi yang bekerja sangat cepat memisahkan kulit padi.

Lesung ini dibuat dari kayu bulat yang dilubangi tengahnya yang berfungsi sebagi tempat untuk menaruh bahan yang akan ditumbuk, ada bebrapa jenis lesung atau lumpang, dalam bhasa jawa yang berbentuk panjang disebut lesung dan yang pendek adalah lumpang, lumpang ini ada yang dibuat dari batu yang berukuran besar.

Keberadaan lesung kecil yang disebut Lumpang Oleh masarakat didaerah kami masih banyak kita temuai, tapi saat ini bukan lagi sebagai alat untuk memisahkan kulit padi, tapi untuk membuat tepung ubikayu dan menumbuk kopi untuk konsumsi sendiri. Nah berikut lesung kecil atau lumpang.

Sekian dulu ya sahabat potret sedikit mengingat salah satu Alat Pembuat Tepung  Tradisional ( Lumpang )


Demikianlah Artikel Alat Pembuat Tepung Tradisional ( Lumpang )

Sekianlah Pembahasan Alat Pembuat Tepung Tradisional ( Lumpang ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Alat Pembuat Tepung Tradisional ( Lumpang )"
    Back To Top