Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise )

Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise ) - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise ), Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Pengolahan Hasil Pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise )
link : Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise )

Baca juga


Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise )

-- --
Potret Pertanian - Potret Pertanian – Umbi singkong, hem.. siapa yang tidak mengenal jenis tanaman ini, tanaman yang menjadi bahan dasar tapioca yang banyak digunakan untuk menjadi bahan olahan kue dan banyak lagi yang lainya. Singkong juga menjadi jenis tanaman pangan yang saat ini juga mulai banyak digenari oleh berbagai kalangan yaitu NasiTiwol Cassva Raise. Nah tahukan anda bagaimana membuat makanan yang satu ini, caranya pun terbilang mudah, siapa saja bisa membuatnya tanpa bantuan alat-alat yang modern, cukup menggunakan tradisional seperti lesung, atau dalam bahasa jawa adalah lumpang, sebagai alat untuk menumbuk dan menghaluskan yang biasanya digunakan untuk menumbuk padi, kopi dan membuat tepung beras secara tradisional.

Pengupasan - Pertama – tama Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise )adalah mengupas umbi singkong yang telah dicabut dan dilepaskan dari pohonya, kupas dan buang kulit ari dan kulit bagian dalam yang agak tebal, menggunakan pisau atau alat pengupas yang dimodofikasi dari pelek sepeda atau diberinama oleh masarakat disini adalah Peret Singkong.

Pembelahan umbi - Setelah umbi dibersihkan dari kulit nya, lalu belah umbi tersebut menjadi beberapa bagian, tergantung besar atau kecilnya umbi tersebut, juka umbi tergolong besar belah menjadi empat bagian, yang tujuanya untuk mempercepat proses pengeringan ketika didalam penjemuran.

Pengeringan - Setelah umbi kayu tersebut dibelah, siapkan tempat yang bersih untuk menjemur umbi yang telah dibelah menjadi beberapa bagian tersebut, jemur sampai benar – benar kering dibawah terik matahari. Umbi akan kering biasanya dalam waktu 4 sampai 5 hari setelah penjemuran, jika kondisi atau cuaca panas.
Perendaman - Setelah umbi kiering setelah beberapa hari kita jemur, siapkan bak penampung air, isi bak penampung air dengan air secukupnya dan masukkan umbikayu yang telah kering tersebut kedalam bak berisi air dan biarkan selama beberapa hari sampai umbi kayu yang direndam menjadi momot atau tekturnya berubah menjadi lunak dan siap untuk ditumbuk sampai halus.

Penepungan – Setelah umbi yang direndam sudah berubah menjadi lunak tibalah saat nya untuk membuat tepung dengan cara menumbuknya menggunakan alat tradisional yaitu lesung atau lumpang dalam bahasa jawa, atau bisa juga menggunakan mesin gilingan tepung untuk membuat menjadi lunak dan membuatnya menjadi granul seperti nasi.

Penggranulan – Setelah ditumbuk menjadi tepung yang basah sekarang memasuki proses penggranulan atu pembutiran dengan menggunakan ayakan juga tampah (dalam bahasa jwa) lihat seperti gambar dibawah ini.
Penjemuran ( Proses Ahir )- setelah dilakukan penggranulan saat nya sampai tahapan proses ahir Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise ), jemur sampai kering dibawah terik matahari dan setelah kering Nasi Tiwul sudah siap untuk dimasak.

Nah bagimana sahabat semua, mudahkan untun Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise ) semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.


Demikianlah Artikel Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise )

Sekianlah Pembahasan Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Cara Mengolah Umbi Singkong Menjadi Bahan Nasi Tiwul ( Cassava Raise )"
    Back To Top