Fungsi dan Jenis Akar Tanaman

Fungsi dan Jenis Akar Tanaman - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Fungsi dan Jenis Akar Tanaman, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Tanaman, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Fungsi dan Jenis Akar Tanaman
link : Fungsi dan Jenis Akar Tanaman

Baca juga


Fungsi dan Jenis Akar Tanaman

-- --
Potret Pertanian - Sahabat semuanya pasti sudah tahu bentuk dari akar yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Dimana akar merupakan bagian penting selain dari batang, daun, buah, tangkai yang tumbuh kokoh pada tanah. Biasanya bentuk akar meruncing pada ujungnya, karena supaya tembusnya lebih mudah di dasar tanah, biasanya berwarna putih tulang dan agak kecoklatan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Fungsi dan Jenis Akar  Tanaman apapun.

  • Menyerap air dan zat hara (mineral). Tumbuhan memerlukan air dan zat hara untuk kelangsungan hidupnya. Untuk memperoleh kebutuhannya tersebut, tumbuhan menyerapnya dari dalam tanah dengan menggunakan akar. Oleh karena itu, sering dijumpai akar tumbuh memanjang menuju sumber yang banyak mengandung air.
  • Menunjang berdirinya tumbuhan. Akar yang tertancap ke dalam tanah berfungsi seperti pondasi bangunan. Akar membuat tumbuhan dapat berdiri kokoh di atas tanah. Oleh karena itu, tumbuhan dapat bertahan dari terjangan angin kencang dan hujan deras.
  • Sebagai alat pernapasan. Selain menyerap air dan zat hara, akar juga menyerap udara dari dalam tanah. Hal ini mungkin dilakukan karena pada tanah terdapat pori-pori. Melalui pori-pori tersebut akar tumbuhan memperoleh udara dari dalam tanah.
  • Sebagai penyimpan makanan cadangan. Pada tumbuhan tertentu, seperti ubi dan bengkoang, akar digunakan sebagai tempat menyimpan makanan cadangan. Biasanya, akar pada tumbuhan tersebut akan membesar seiring banyaknya makanan cadangan yang tersimpan. Makanan cadangan ini digunakan saat menghadapi musim kemarau atau ketika kesulitan mencari sumber makanan.

Jenis-Jenis Akar

Akar pada setiap tumbuh-tumbuhan biasanya berbeda dan memiliki jenisnya tersendiri. Adapun jenis-jenis akar yaitu:

Jenis-Jenis Akar

Akar pada setiap tumbuh-tumbuhan biasanya berbeda dan memiliki jenisnya tersendiri. Adapun jenis-jenis akar yaitu:

Akar Serabut

Akar jenis ini pada umumnya terdapat pada tumbuhan monokotil, meskipun terkadang ada pada tumbuhan dikotil yang biasa ditemukan pada hasil stek ataupun cangkok. Jenis akar ini memiliki banyak akar kecilnya, sangat ramping berukuran sama dan biasanya bentuk akar ini seperti benang-benang.

Akar Tunggang

Akar jenis ini pada umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil. Seperti pada tumbuhan wortel dan bentuk umbi-umbian. Akar jenis ini memiliki akar yang besar dengan beberapa cabang & ranting akar.
Jenis akar lainnya yakni akar adventif antara lain:

Akar Gantung

Jenis akar ini tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuhnya ke arah tanah. Sehingga akar tersebut terlihat menggantung di udara. Fungsi dari akar gantung ini yaitu menyerap uap air & gas dari udara. Akan tetapi, jika akar tumbuh sampai ke tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi menyerap air dan garam-garam mineral. Contoh tumbuhan yang berakar gantung ini ialah pohon beringin.

Akar Napas

Yakni akar yang tumbuh keluar dari batang bagian bawahnya. Akar jenis ini sebagian ada yang muncul di atas permukaan tanah dan sebagian lainnya terdapat di dalam tanah. Akar ini memang terlihat menopang tegak dan kokohnya batang. Memiliki banyak ruang dan celah sebagai tempat masuknya udara. Sehingga fungsi dari akar jenis ini yaitu untuk bernafas atau respirasi. Contoh  tumbuhan ini seperti pandan & bakau.

Akar Pelekat

Jenis akar ini tumbuh di sepanjang batang tumbuh-tumbuhan. Yang fungsinya untuk melekatkan batang pada tembok atau pada tumbuhan lainnya. Contohnya tumbuhan sirih.

Sekian dulu ulasan tentang Fungsi dan Jenis Akar  Tanaman semoga bermanfaat dan salam sukses dari Potret Pertanian. Baca Juga Pengertian Daun dan Fungsinya Bagi Tumbuhan



Demikianlah Artikel Fungsi dan Jenis Akar Tanaman

Sekianlah Pembahasan Fungsi dan Jenis Akar Tanaman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • Tag : Tanaman
    0 Komentar untuk "Fungsi dan Jenis Akar Tanaman"
    Back To Top