Investasi Tepat Bertanam Pohon Albasia

Investasi Tepat Bertanam Pohon Albasia - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Investasi Tepat Bertanam Pohon Albasia , Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Tanaman Perkebunan, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Investasi Tepat Bertanam Pohon Albasia
link : Investasi Tepat Bertanam Pohon Albasia

Baca juga


Investasi Tepat Bertanam Pohon Albasia

Potret Pertanian - Selamat berhari minggu sahabat semua, Ngomong-ngomong hari minggu nih cocok nya  berlibur sambil bermain. seperti saat ini saya juga sedang berlibur, tapi libur kali ini saya tidak shoping atau menikmati indahnya alam wisata, tapi kali ini saya berlibur keladang bareng anak-anak, sesampai diladang wah kaget nih bukan main, ketika saya lihat pohon albasia dan sengon yang sudah menjulang tinggi, wah lumayan nih dalam kondisi saat ini, harga kayu albasia sampai 1,5 juta perkubik, untuk harga sengan 1,2 samapi 1,6 juta perkubik. nah bagaimana jika kita mempunyai 200 batang saja jika rata rata perpohon 1 kubik saja. wah sudah pasti 200 jt an kan. tapi sayang untuk albasia yang saya tanam baru berumur 5 tahun. tapi untuk sengon sudah 18 tahun dan berdiameter sekitar 80 cm perbatang sekitar 5 kubik perbatang.. gak banyak sih cuma 57 batang,


Nah berikut saya mencoba berbagi cara Investasi Tepat Bertanan Pohon Albasia. yuk kita simak ulasan berikut semoga bermanfaat.

1. Waktu Penanaman
Menanam pohon Albazia sebaiknya dilakukan pada moment yang tepat,  waktu penamanannya tidak tepat maka hasil yang di dapatkan juga tidak akan maksimal. waktu yang tepat untuk menanam adalah pada saat musim hujan. maksudnya, agar pohon tersiram air hujan dan kita tidak perlu lagi sibuk untuk menyirami pohon. karena air hujan tersebut sudah cukup mewakili untuk menyiraminya.

2. Mempersipkan Lahan
Lahan merupakan hal penting yang harus dipersiapkan dalam proses penamanan pohon. Lahan yang tepat untuk menanam pohon adalah lahan yang sudah bebas ilalang, rumput liar, dan sebagainya. Jika hal tersebut masih ada maka dapat segera dilakukan pembersihan. Caranya adalah dengan membersihkan menggunakan  peratan manual, mesin atau secara kimia.

Kemudian, dilakukan proses pembuatan lubang tanaman. Adapun ukuran yang tepat adalah 25 cm x25 cm x25 cm. sedangkan jarak antar tanaman adalah 3×3 meter. Tujuannya adalah supaya ketersediaan makanan cukup, sinar matahari leluasa masuk, akar dari tanaman dapat bergerak aktif. Setelah lubang selesai dibuat masukkan furadan. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya hama/nematode. Akibat yang ditimbulkan dari hewan ini adalah mengerat akar tanaman dan pada akhirnya bibit pohon tersebut mati.

Untuk proses pemupukan awal dilakukan menggunakan kompos sebanyak 3 kg per lubang. kemudian, ditambahkan pupuk NPK sebanyak 20 gr per lubang. Untuk memperkuat akar tanah maka pupuk NPK ini juga harus dicampur dengan media tanah.

3. Penanaman Pohon Albazia
Bibit pohon Albazia sangat rentan untuk patah dan terluka. Maka untuk proses penanaman jangan sampai memegang batang pohon. Bagian yang dipegang ketika menanam adalah polybag nya. Kemudian, segeralah siram ketika waktu itu tidak terjadi hujan. hal ini dilakukan untuk menghindari tanah cepat kering dan akhirnya membuat tanaman mati.


Demikianlah Artikel Investasi Tepat Bertanam Pohon Albasia

Sekianlah Pembahasan Investasi Tepat Bertanam Pohon Albasia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Investasi Tepat Bertanam Pohon Albasia "
    Back To Top