LAYANG – LAYANG POTRET PERTANIAN

LAYANG – LAYANG POTRET PERTANIAN - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul LAYANG – LAYANG POTRET PERTANIAN, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Pojok Potret, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : LAYANG – LAYANG POTRET PERTANIAN
link : LAYANG – LAYANG POTRET PERTANIAN

Baca juga


LAYANG – LAYANG POTRET PERTANIAN

Potret Pertanian - Selamat berjumpa kembali sahabat semua dimanapun berada, semoga saat ini kita semua selalu diberikan kesehatan,  kelancaran dan kesuksesan dalam menjalankan rutinitas kita sehari-hari aamiin.  Kali ini saya ingin mengajak sahabat untuk mereview kebiasaan kecil ketika musm kemarau.


Layang – layang Potret Pertanian, dalam bahasa jawa Layangan, dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah layang-layang, nama ini diambil mungkin kerena saat diterbangkan benda ini melayang – layang diudara, makanya dinamakan layang – layang.  Didaerah saya mempunyai tradisi yaitu musim layangan dalam satu tahun sekali, yaitu pada musim kemarau, lain halnya seperti dareah pantai yang banyak terdapat layang – layang setiap saat ada orang yang bermain menerbangkan layang- layang tersebut.

Menurut bapak saya dan tetua dikampung saya layangan mempunyai arti yang didalamnya mengandung unsur -unsur penyampaian kepada manusia. Layang dalam arti dalam Bahasa Jawa adalah Surat, Layangan artinya adalah suratan, layangan ini diterbangkan pada musim kemarau. Musim dimana para petani tidak banyak bisa melakukan aktifitas atau kegiatan berladang, dan pada musim ini adalah musim peceklik, musim dimana petani tidak bisa menghasilkan panenan dari lading petani didaerah kami, karena menanam apapun akan sulit tumbuh, ditambah jenis tanah didaerah kami yang didominasi tanah pasir, tanah yang tidak baik dalam menyimpan air didalamnya. Yang akan mengakibatkan tanaman diatasnya akan mati pada musim ini.

Didaerah kami hanya singkong atau ubi kayu yang bisa bertahan hidup, karena tanaman ini adalah tanaman yang kuat dengan cuaca panas extreme tidak seperti tanaman pertanian yang lainya, seperti padi, jagung, kedelai, kacang – kacangan serta tanaman sayuran yang lainya. Nah disinalah kenapa dedaerah kami pada musim ini adalah musim peceklik, Biasanya pada musim peceklik ini para petani akan berubah profesi menjadi kuli bangunan didaerah- perkotaan, mereka meninggalkan desa untuk mencari nafkan alias merantau.

Nah itulah yang disebut oleh bapak saya dengan arti layang - layang, surat yang disampaikan oleh layangan kepada kita semua, bahwa sudah tiba waktunya musim kemarau, musim peceklik, masa-masa sulit untuk mencari rejeki, masa msa susah untuk para petani. Menurut oaring tua saya, bisa kita lihat dari layang-layang yang oleng kesana kemari, kekanan kemari, itu adalah gambaran bagi kita yang bingun untuk mencari nafkah pada masa-masa musim kemarau datang. Belum lagi masalah susahnya petani untuk berbudidaya, pada masa itu susah juga untuk mendapatkan Air Bersih, sumur-sumur atau sumber air kering. sungai juga kering kerontang membuat semua aspek pertanian vakum total, ternak pun banyak dijual pada musim ini karena susahnya untuk mencari rumput, rumput –rumput hijau yang biasanya banyak terdapat dikebun dan dibantaran sungai pun saat musim kemarau datang semua mongering. Itu dulu tai sekarang sudah berubah, sumber air bersih pun sudah tersedia denga dibangunnya Bendungan-bendungan untuk penahan air disetiap desa didaerah kami.

Demikian sedikit Tentang Layang – Layang Potret Pertanian semoga bermanfaat dan salam sukses selalu ya dari Potret Pertanaian


Demikianlah Artikel LAYANG – LAYANG POTRET PERTANIAN

Sekianlah Pembahasan LAYANG – LAYANG POTRET PERTANIAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • Tag : Pojok Potret
    0 Komentar untuk "LAYANG – LAYANG POTRET PERTANIAN"
    Back To Top