Peran Penting Jamur Mikoriza Bagi Tanaman

Peran Penting Jamur Mikoriza Bagi Tanaman - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Peran Penting Jamur Mikoriza Bagi Tanaman, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Mikoriza, Pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Peran Penting Jamur Mikoriza Bagi Tanaman
link : Peran Penting Jamur Mikoriza Bagi Tanaman

Baca juga


Peran Penting Jamur Mikoriza Bagi Tanaman

Potret Pertanian - Mikoriza adalah bentuk simbiosis antara cendawan (fungi) dengan tumbuhan tingkat tinggi (tumbuhan berpembuluh, Tracheophyta), khususnya pada sistem perakaran. Terdapat juga cendawan yang bersimbiosis dengan cendawan lainnya, tetapi sebutan mikoriza biasanya adalah untuk simbiosis cendawan yang menginfeksi akar tumbuhan. Bentuk simbiosis ini terutama adalah simbiosis mutualisme, meskipun pada beberapa kasus dapat berupa simbiosis parasitisme lemah.
Mikoriza merupakan gejala umum pada perakaran tumbuhan. Sekitar 90% suku tumbuhan (mencakup sekitar 80% spesies tumbuhan) memiliki asosiasi simbiotik ini.
Dimana mikoriza adalah asosiasi jamur yang hidup diakar tanaman yang sangat berguna untuk membantu akar untukmenyediakan unshr hara Fosfat.

Manfaat yang diperoleh tanaman inang dari adanya asosiasi mikoriza adalah sebagai berikut : 

1. Meningkatkan penyerapan unsur hara. Tanaman yang bermikoriza biasanya tumbuh lebih baik daripada yang tidak bermikoriza, dapat meningkatkan penyerapan unsur hara makro dan beberapa unsur hara mikro. Selain itu akar tanaman yang bermikoriza dapat menyerap unsur hara dalam bentuk terikat dan tidak tersedi auntuk tanaman. 

2. Tahan terhadap serangan pathogen. Mikoriza dapat berfungsi sebagai pelindung biologi bagi terjadinya infeksi patogen akar. Mekanisme perlindungan ini bisa diterangkan sebagai berikut: 
  • adanya lapisan hifa(mantel) dapat berfungsi sebagai pelindung fisik untuk masuknya pathogen 
  • mikoriza menggunakan hampir semua kelebihan karbohidrat dan eksudat akar lainnya, sehingga tidak cocok bagi patogen. 
  • fungi mikoriza dapat melepaskan antibiotik yang dapat menghambat perkembangan patogen 

3. Sebagai konservasi tanah. Fungi mikoriza yang berasosiasi dengan akar berperan dalam konservasi tanah, hifa tersebut sebagai kontributor untuk menstabilkan pembentukan struktur agregat tanah dengan cara mengikat agregat-agregat tanah dan bahan organik tanah 

4. Mikoriza dapat memproduksi hormon dan zat pengatur tumbuh Fungi mikoriza dapat memberikan hormon seperti auxin, sitokinin, giberellin, juga zat pengatur tumbuh seperti vitamin kepada inangnya.-Sebagai sumber pembuatan pupuk biologis.-Fungi ini dapat diisolasi, dimurnikan dan diperbanyak dalam biakan non-esensial. 

5. Isolat-isolat tersebut dapat dikemas dalam bentuk inokulum dan sebagai sumber material pembuat pupuk biologis yang dapat beradaptasi pada kondisi daerah setempat. 

6. Sinergis dengan mikroorganisme lain Keberadaan mikoriza juga bersifat sinergis dengan mikroba potensial lainnya seperti bakteri penambat N dan bakteri pelarut fosfat. 

7. Mempertahankan keanekaragaman tumbuhan Fungi mikoriza berperan dalam mempertahankan stabilitas keanekaragaman tumbuhan dengan cara transfer nutrisi dari satu akar tumbuhan ke akar tumbuhan lainnya yang berdekatan melalui struktur yang disebut Bridge Hypae.

Anda bisa baca selengkapnya tentang " Manfaat Mikoriza Bagi Tanaman"

KESIMPULAN 

  1. VAM/CMA dapat digunakan secara efektif dalam mengurangi penggunaan pupuk buatan yang merupakan sumberdaya alam tak terbaharukan. Penggunaan pupuk buatan, apalagi yang dilakukan secara tidak bijaksana dapat menyebabkan degradasi lingkungan yang akan berakibat pada turunnya produksi pertanian. 
  2. Pertumbuhan tanaman meningkat dengan adanya VAM/CMA karena meningkatkan serapan hara, ketahanan terhadap kekeringan, produksi hormon pertumbuhan danzat pengatur tumbuh, perlindungan dari patogen akar dan unsur toksik. Sehingga penggunaan pupuk hayati dari VAM/CMA merupakan alternatif terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman dan produksi hasil pertanian.



Demikianlah Artikel Peran Penting Jamur Mikoriza Bagi Tanaman

Sekianlah Pembahasan Peran Penting Jamur Mikoriza Bagi Tanaman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Peran Penting Jamur Mikoriza Bagi Tanaman"
    Back To Top