Perbanyak Benih Mangga dengan Sambung Talkup

Perbanyak Benih Mangga dengan Sambung Talkup - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Perbanyak Benih Mangga dengan Sambung Talkup, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, penelitian, perbanyakan tanaman, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Perbanyak Benih Mangga dengan Sambung Talkup
link : Perbanyak Benih Mangga dengan Sambung Talkup

Baca juga


Perbanyak Benih Mangga dengan Sambung Talkup

Potret Pertanian - Benih mangga umumnya diperbanyak secara vegetatif melalui sambung pucuk. Keterampilan dan kecepatan seorang penangkar benih dalam melakukan penyambungan sangat menentukan keberhasilan sebuah penangkaran benih.

Di Kebun Percobaan Cukurgondang, Grati, Pasuruan, Jawa Timur milik Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), dikembangkan teknik sambung pucuk mangga dengan cara pengikatan tali langsung sungkup atau talkup.

Bahan yang digunakan sebagai batang bawah mangga Madu berumur 6 bulan  setelah semai, dan entres yang digunakan dari mangga Garifta Merah.

Hasil percobaan menunjukkan, dengan sambung talkup dapat lebih cepat 105 sambungan/jam dibandingkan cara pengikatan biasa yaitu 61 sambungan/jam. Persentase keberhasilannya memang tidak terlalu berbeda yaitu 95% pada cara talkup dan 94,5% pada cara pengikatan biasa

Teknik talkup bisa dilakukan seperti berikut. Pertama, potong batang bawah di atas daun bendera lalu belah membujur jadi dua bagian yang sama sedalam 2 – 3 cm. Kedua, sayat pangkal entres hingga berbentuk mata kapak sepanjang 2 – 3 cm. Selanjutnya masukkan dalam belahan batang bawah.

Ketiga, ikat dengan plastik putih yang ditarik memanjang sampai 2 – 3 kali panjang semula. Bidang sambungan diikat dari bawah ke atas sampai entres tertutup. Sisakan 1 – 3 cm ujung entres. Kemudian, gunakan sisa plastik untuk menyungkup ujung entres dengan membalikkan plastiknya.

Informasi selengkapnya dapat dilihat di Teknik Perbanyakan Sambung Pucuk Mangga dengan Cara Pengikatan Tali Langsung Sungkup


Demikianlah Artikel Perbanyak Benih Mangga dengan Sambung Talkup

Sekianlah Pembahasan Perbanyak Benih Mangga dengan Sambung Talkup kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Perbanyak Benih Mangga dengan Sambung Talkup"
    Back To Top