• Breaking News

    Sektor Pertanian Daerah Sumatera Selatan

    Sumber Gambar Kebun teh Pagar Alam
    Potret Pertanian - Sumatera selatan merupakan salah satu Provinsi yang ada di Indonesia yang memliki luas wilayah 60.302,54 (km2)  dengan populasi sekitar 6Juta jiwa lebih.
    Sektor Pertanian  untuk daerah Sumsel tersebar di Kabupaten Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, dan Musi Rawas yang merupakan lumbung bagi komoditas padi dan palawija. Hampir seluruh daerah kabupaten/kota di Sumatera Selatan memproduksi padi sawah maupun ladang kecuali kota Palembang.  Dengan optimalisasi pemanfaatan potensi sumber daya lahan yang tersedia secara keseluruhan melalui upaya peningkatan pelayanan jaringan irigasi dan rawa, penggunaan agroinput, peningkatan kemampuan petani mengakses modal perbankan dan pengembangan penggunaan alat mesin pertanian, maka kedepan Sumatera Selatan mampu meningkatkan produksi padi. Pertambahan produksi ini akan membuka kesempatan berusaha baru dan menambah pendapatan petani. Dengan Program Sumatera Selatan Lumbung Pangan semoga akan dapat mengatasi masalah kemiskinan, pengangguran dan peningkatan pendapatan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera Selatan.

    Perkebunan 
    Perkebunan karet di Indonesia saat ini lebih dari 3juta ha, dimana 85 persennya adalah perkebunan yang di kelola oleh rakyat. Indonesia merupakan negara penghasil karet terbesar dibanding negara-negara lainya. Namun Indonesia dalam segi produksi menduduki posisi ke dua setelah Thailand. Hal ini disebabkan produktivitas karet rakyat di Indonesia hanya mencapai 600 kg karet kering/ha/tahun. Di Provinsi Sumatera Selatan luas perkebunan karet mencapai 662.686 ha Perkebunan Rakyat sebesar 614.021 ha, Perkebunan Swasta sebesar 24.007 ha dan Perkebunan Negara Sebesar 21.741 ha. 
    • Kabupaten Banyuasin
    • Kabupaten Muara Enim
    • Kabupaten Lahat
    • Kabupaten MusiBanyuAsin
    • Kabupaten Ogan Ilir
    • Kabupaten Musi Rawas
    • Kabupaten OKI
    • Kabupaten OKU
    • Kabupaten Lubuk Linggau
    • Kabupaten Pagar Alam
    • Kabupaten Prabumulih (sumber: http://regionalinvestment.bkpm.go.id)
    Produktivitas karet rakyat di Sumatera Selatan sebesar 840.000 ton tidak sesuai dengan luas lahan perkebunan karet yang ada. Faktor utama penyebabnya adalah bahan tanam yang digunakan oleh karet rakyat berbeda dengan perkebunan besar, ditambah lagi dengan kurang intensifnya pemeliharaan yang diterapkan pada perkebunan rakyat. Dengan berbagai prediksi potensi ketersediaan, dan konsumsi karet alam dunia, masa depan karet alam tampaknya masih cukup cerah. Lebih-lebih jika dilihat dari pesatnya perkembangan industri otomotif di negara China yang memerlukan pasokan karet alam cukup besar. Dengan kondisi demikian maka pemerintah Sumatera Selatan perlu memperhatikan sektor perkebunan karet, bagaimanan perkebunan karet tersebut bisa menghasilkan getah karet yang berlimpah. Program peremajaan bisa dilakukan pemerintah dengan revitalisasi perkebunan yang bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahateraan rakyat.

    Selain perkebunan karet masih banyak perkebunan lain yang bisa diberdayakan guna menunjang kemajuan perekonomian provinsi Sumatera Selatan seperti, perkebunan sawit, kopi, coklat, durian, duku dan masih banyak yang lainnya.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad