Cara Penanganan Darurat Prolapsus vagina Pada Ternak Sapi

Cara Penanganan Darurat Prolapsus vagina Pada Ternak Sapi - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Cara Penanganan Darurat Prolapsus vagina Pada Ternak Sapi, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Peternakan, Tips Peternakan, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Cara Penanganan Darurat Prolapsus vagina Pada Ternak Sapi
link : Cara Penanganan Darurat Prolapsus vagina Pada Ternak Sapi

Baca juga


Cara Penanganan Darurat Prolapsus vagina Pada Ternak Sapi

Potret Pertanian -  Bagi para peternak sapi tentunya sudah tidak asing lagi dengan kasus keluarnya bagian organ genital ternak betina, yang disebut dalam bahasa medis adalah Prolapsus Vagina. beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kasus ini adalah ternak kurang terpenuhi pakannya, bibit sapi dari varitas besar sedang indukanya dari varietas kecil sampai sedang. serta pola pemeliharaan yang kurang baik dan sifat gangguan yang berulang.
 
Seebelum Penanganan
Penyebab lain adalah pola pemeliharaan yang kurang baik, dalam hal ini kesadaran dalam menjaga kebersihan kandang, karena dalam hal ini penyakit tersebut adalah infeksi dari bakteri yang berpotensi munculnya penyakit Prolapsus Vagina.
 
setelah penanganan
Berikut cara penanganan darurat untuk sapi prolaps:
  1. Siapkan air bersih
  2. Sediakan 4 bungkus es batu (1 literan)
  3. Siapkan alkohol
  4. Siapkan jarum jahit/1 set alat jahit steril (kalo ga ada, pake jarum karung dan tali rafia, rebus dengan air panas dan rendam dalam alkohol 70 %)
  5. Cuci alat reproduksi yang keluar dengan air bersih, serta singkirkan sisa plasenta dan korpus luteum sekalian, lalu perlahan-lahan dengan menggunakan tangan yang telah di pasang hand gloves, masukkan seluruh organ reproduksi itu kedalam sampai masuk seluruhnya.
  6. Tekan mulut vagina dan masukkan es batu kedalam, utk membekukan darah
  7. Jahit luka sobeknya dengan jarum dan tali rafia
  8. Letakkan sapi pada alas tanah dengan posisi kaki depan lebih rendah daripada kaki belakang
  9. Usahakan ternak berada dalam ruang yang terbatas, ternak tidak dapat memutar
  10. Injeksi dengan vitamin A, D, E, K serta preparat kalsium (misal, Calidex 25 cc SC)
  11. Beri ternak makan dan minum secukupnya
  12. Setelah 3-4 hari dan luka sudah kering, jahitan bisa dibuka
  13. Segera di jual karena partus selanjutnya kemungkinan besar akan prolap
Nah demikian sekilas tentang  Cara Penanganan  Darurat Prolapsus vagina Pada Ternak Sapi, semoga bermanfaat buat para sahabat peternak dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.


Demikianlah Artikel Cara Penanganan Darurat Prolapsus vagina Pada Ternak Sapi

Sekianlah Pembahasan Cara Penanganan Darurat Prolapsus vagina Pada Ternak Sapi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Cara Penanganan Darurat Prolapsus vagina Pada Ternak Sapi"
    Back To Top