Hal yang Harus Kita Tau Fungsi Uang dan Sarat-Syarat di Sebut Uang

Hal yang Harus Kita Tau Fungsi Uang dan Sarat-Syarat di Sebut Uang - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Hal yang Harus Kita Tau Fungsi Uang dan Sarat-Syarat di Sebut Uang, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Uang, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Hal yang Harus Kita Tau Fungsi Uang dan Sarat-Syarat di Sebut Uang
link : Hal yang Harus Kita Tau Fungsi Uang dan Sarat-Syarat di Sebut Uang

Baca juga


Hal yang Harus Kita Tau Fungsi Uang dan Sarat-Syarat di Sebut Uang

Potret Pertanian - Uang, Uang dan Uang... uang sebagai alat penukaran yang sah dan dilindungi undang-  undang Uang dicari dan dibutuhkan oleh setiap orang. Banyak kejahatan yang terjadi penyebabnya adalah uang. Sebenarnya fungsi uang dapat dipahami bersama dan didefinisikan sebagai berikut. Fungsi asli uang ada tiga, yaitu sebagai alat tukar, sebagai satuan hitung, dan sebagai penyimpan nilai.

Uang berfungsi sebagai alat tukar atau medium of exchange yang dapat mempermudah pertukaran. Orang yang akan melakukan pertukaran tidak perlu menukarkan dengan barang, tetapi cukup menggunakan uang sebagai alat tukar. Kesulitan-kesulitan pertukaran dengan cara barter dapat diatasi dengan pertukaran uang.

Uang juga berfungsi sebagai satuan hitung (unit of account) karena uang dapat digunakan untuk menunjukan nilai berbagai macam barang/jasa yang diperjualbelikan, menunjukkan besarnya kekayaan, dan menghitung besar kecilnya pinjaman. Uang juga dipakai untuk menentukan harga barang/jasa (alat penunjuk harga). Sebagai alat satuan hitung, uang berperan untuk memperlancar pertukaran.

Selain itu, uang berfungsi sebagai alat penyimpan nilai (valuta) karena dapat digunakan untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa mendatang. Ketika seorang penjual saat ini menerima sejumlah uang sebagai pembayaran atas barang dan jasa yang dijualnya, maka ia dapat menyimpan uang tersebut untuk digunakan membeli barang dan jasa di masa mendatang.

Selain ketiga hal di atas, uang juga memiliki fungsi lain yang disebut sebagai fungsi turunan. Fungsi turunan itu antara lain uang sebagai alat pembayaran, sebagai alat pembayaran utang, sebagai alat penimbun atau pemindah kekayaan (modal), dan alat untuk meningkatkan status sosial.

Suatu benda dapat dijadikan sebagai "uang" jika benda tersebut telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Pertama, benda itu harus diterima secara umum (acceptability). Agar dapat diakui sebagai alat tukar umum suatu benda harus memiliki nilai tinggi atau setidaknya dijamin keberadaannya oleh pemerintah yang berkuasa. Bahan yang dijadikan uang juga harus tahan lama (durability), kualitasnya cenderung sama (uniformity), jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat serta tidak mudah dipalsukan (scarcity).

Uang juga harus mudah dibawa, portable, dan mudah dibagi tanpa mengurangi nilai (divisibility), serta memiliki nilai yang cenderung stabil dari waktu ke waktu (stability of value).

    


Demikianlah Artikel Hal yang Harus Kita Tau Fungsi Uang dan Sarat-Syarat di Sebut Uang

Sekianlah Pembahasan Hal yang Harus Kita Tau Fungsi Uang dan Sarat-Syarat di Sebut Uang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • Tag : Uang
    0 Komentar untuk "Hal yang Harus Kita Tau Fungsi Uang dan Sarat-Syarat di Sebut Uang"
    Back To Top