Mengenal Peran Giberelin Bagi Tanaman

Mengenal Peran Giberelin Bagi Tanaman - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Mengenal Peran Giberelin Bagi Tanaman, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Kimia Pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Mengenal Peran Giberelin Bagi Tanaman
link : Mengenal Peran Giberelin Bagi Tanaman

Baca juga


Mengenal Peran Giberelin Bagi Tanaman

-- --
Potret Pertanian - Giberelin merupakan sejenis hormon yang ditemukan pada tanaman dengan kingdom fungi. Pada tanaman, hormone ini ditemuka disekitar akar dan daun muda tanaman. Pada biji tertentu juga bisa ditemukan hormone giberelin. Hormone ini ditemulan pertama kali pada 1926 oleh peneliti jepang bernama E. Kurosawa.

Penelitian ini berhasil mendapatkan senyawa yang membuata tanaman padi tumbuh tidak normal pada batangnya. Senyawa ini berasal dari jamur bermarga gibberella. Penelitian lainnya menunjukkan, giberelin juga juga disintesis oleh tumbuhan lainnya. Hormone giberelin mempunyai fungsi penting dalam pertumbuhan tanaman dan pemecahan sel.

Hormone gibirelin juga mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan embrio dengan bantuan cahaya. Selain itu juga merangsang enzim amylase untuk memecahkan senyawa amilum. Penguraian senyawa terjadi di tempat penyimpanan cadangan makanan. Pemecahan ini bertujuan membentuk glukosa sebagai penghasil energy.

Hormone gibirelin biasanya diberikan kepada tanaman kerdil agar pertumbuhnnya menjadi normal seperti tumbuhan lainnya. Hormone giberelin biasa dibantu dengan hormone auksin dalam melakukan tugasnya.

Peran giberelin bagi tanaman

Hormone giberelin akan aktif ketika tunas atau embrio tanaman terkena air. Ketika hormone ini keluar akan memicu enzim keluar.

Enzim yang keluar adalah enzim maltase, enzim amylase dan enzim lain yang dapat memecah protein. Keunikan lain dari hormone giberelin adalah mampu menghilangkan biji buah ketika bunga buah diberikan hormone giberelin, seperti semangka tanpa buah.

Semua jenis tanaman akan bertambah ukurannya jika diberikan hormone giberelin, seperti tumbuhan kerdil akan menjadi normal.

Pemberian hormone giberelin pada tumbuhan normal akan membuat tumbuhan tersebut jadi lebih besar dari pada ukuran normal lainnya. Hal ini tidak berlaku bila hormone giberelin diberikan pada tanaman jagung, karena tidak akan menghasilkan apa-apa.
 
berikut Fungsi hormone giberelin bagi Tanaman
 
  • Memanjangkan batang
Hormone giberelin mampu merangsang perkembangan batang dan daun, juga akar. Batang akan memanjang dam membelah.

Hormone giberelin bekerja sama dengan hormone auksin untuk mempengaruhi batang yang baru tumbuh. Giberelin juga akan memicu pertumbuhan tanaman kerdil dan memperpanjang batang dengan cepat. Perpanjangan ini dimaksudkan untuk menopang pertumbuhan pohon yang membesar.
  • Pertumbuhan buah
Dalam proses pembentukan buah, hormone giberelin akan bekerja sama dengan hormone auksin. Kerjasama ini akan merangsang tanaman agar menghasilkan buah dengan ukuran super dan tahan penyakit.
  • Pembentukan tunas
Saat embrio tanaman terkena air, maka seketeika itu hormone giberelin akan keluar bersama dengan enzim amylase. Hormone ini akan merangsang tunas untuk segera keluar dari biji dengan bantuan cahaya matahari, serta memecah enzim amylase sebagai keperluan bahan makanan.
  • Pembentukan buah tanpa biji
Bunga buah yang baru mekar apabila diberikan semprotan berbahan hormone gibirelin akan tumbuh membesar dan tanpa buah.
Gigibrelin akan menghambat pertumbuhan biji dalam buah. Gibirelin juga dapat mencegah pembusukan buah dan merangsang buah bertambah banyak.
  • Pembungaan
Hormone gibirelin akan memicu bunga seger keluar pada tanaman yang berbunga. Selain itu, gibirelin juga membesarkan batang ketika musim bunga tiba sehingga kuat untuk menopang bunga. Hormone giberelin juga akan memperpanjang ruas antara batang pohon pada tanaman.
  • Mengatur ekspresi seks
Kombinasi dua hormone antara gibirelin dan auksin akan mengontrol ekspresi seks pada tanaman dari pengaruh tanaman lain. Ini terutama terjadi pada tanaman yang berkelamin ganda.
Penyemprotan pada tanaman tertentu seperti ketimun akan merubah jenis seks, sehingga dalam satu tanaman aka nada kelamin ganda sehingga dapat saling membuahi diri.
Demikian sekilas tentang Mengenal Peran Gibrelin Bagi Tanaman, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi para petani untuk menentukan produk pertanian yang akan digunakan untuk meningkatkan hasil pertanianya, sekian dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.


Demikianlah Artikel Mengenal Peran Giberelin Bagi Tanaman

Sekianlah Pembahasan Mengenal Peran Giberelin Bagi Tanaman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 1 Komentar untuk "Mengenal Peran Giberelin Bagi Tanaman"

    sebagai petani dari kampung patutlah mendalami soal apa tadi grefirin ya,kayanya sangat bagus untuk tanaman ubi cilembu nih

    Back To Top