PAKET DEMPLOT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN PRODUK PETROKIMIA KAYAKU

PAKET DEMPLOT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN PRODUK PETROKIMIA KAYAKU - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul PAKET DEMPLOT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN PRODUK PETROKIMIA KAYAKU, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Perlintan, Pestisida, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : PAKET DEMPLOT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN PRODUK PETROKIMIA KAYAKU
link : PAKET DEMPLOT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN PRODUK PETROKIMIA KAYAKU

Baca juga


PAKET DEMPLOT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN PRODUK PETROKIMIA KAYAKU

Potret Pertanian - Alahan Panjang Lembah Gumanti Kabupaten Solok sumatera Barat, Daerah ini memang terkenal dengan Kondisi tanah yang subur, sehingga membuat daerah tersebut menjadi daerah sentral Agropolitan. semua jenis tanaman sayur dapat tumbuh dan berkembang dengan baik disini. dari mulai Tanaman cabe, Tomat, Kentang, bawang, Kubis wortel dan lain sebagainya.
Dewasa ini Berbagai Hama dan penyakit semakin berkembang terlebih pada musim-musim tertentu dengan cuaca yang extrime tak jarang membuat para petani didaerah ini harus gulung tikar yang diakibatkan oleh serangan hama dan penyakit. dari bebagai peruhaan pestisida yang ada di indonesia juga berupaya untuk ikut memsusseskan para petani didaerah ini dengan cara sosialisasi lang dengan para petani. seperti yang dilakukan Oleh PT. PETROKIMIA KAYAKU, Sebuah perusahaan dalam Negeri yang ikut membantu mengatasi beberapa permasalahan menyangkut hama dan penyakit serta pemupukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudiyakan tanaman hortikultura didaerah ini.
Berikut Hasil PAKET DEMPLOT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN PRODUK PETROKIMIA KAYAKU , Yang dilakukan disalah satu petani binaan PT. Petrokimia Kayaku.
Pemilik             : Ismantono
Alamat             : Padang Laweh, Nagari Sei Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok
Produk             : Sinarbio, Wokozim, Gobest, Ziban 630 EC, Instop 311 EC, Agrifos 400 SL, Kordova 77  WP, Maxanil 27 WP, Topsin 70 WP dan Zole 250 EC.
Varietas           : Birma
Demonstrator  : Suryanto

1.    Pemupukan
Pemupukan Sinarbio dicampurkan dengan pupuk kimia yang lainnya, pemupukan dilakukan pada tanaman bawang merah berumur 3 minggu, caranya diletakkan dilubang tanam samping rumpun. Dosis pupuk hayati Sinarbio untuk luasan mulsa 20 kg sebanyak 5 kg, pupuk hayati Sinarbio setelah dicampur segera diaplikasikan agar mikroba yang terkandung tidak mati.



1. Pemupukan
Pemupukan Sinarbio dicampurkan dengan pupuk kimia yang lainnya, pemupukan dilakukan pada tanaman
bawang merah berumur 3 minggu, caranya diletakkan dilubang tanam samping rumpun. Dosis pupuk hayati
Sinarbio untuk luasan mulsa 20 kg sebanyak 5 kg, pupuk hayati Sinarbio setelah dicampur segera
diaplikasikan agar mikroba yang terkandung tidak mati.  



2.  Perawatan 
Perawatan tanaman bawang pada lahan Demplot ini untuk pengendalian hama ulat tanah dan ulat daun menggunakan Insektisida Instop 311 EC dan Ziban 630 EC, pada pengendalian ulat daun yang telah instar tinggi penggunaan Insektisida Ziban 630 EC ditambah Insektisida lain. Sedangkan perawatan untuk mengendalikan jamur menggunakan Fungisida Agrifos 400 SL sebagai imunisasi, serta menggunakan Fungisida Maxanil 27 WP untuk pertahan dari serangan penyakit embun tepung/ embun bulu yaitu pada umur tanaman 3 minggu.

Penggunaan fungisida berikutnya yang ditambahkan untuk mengatasi serangan jamur yaitu Fungisida Kordova 77 WP dengan system kerja kontak dan Fungisida Topsin 70 WP, serta Fungisida Zole 250 EC untuk mencegah serangan Embun Tepung/ Embun Bulu yang bekerja secara sistemik, fungisida ini mulai diaplikasikan pada saat tanaman berumur 40 hst sampai panen.
 
Produk untuk membantu meningkatkan produksi selain menggunakan Sinarbio yaitu menggunakan ZPT ( Zat Perangsang Tumbuh ) Gobest 250 EC dan Wokozim, yang diaplikasikan pada saat tanaman berumur 15 hst atau pada penyemprotan ke-1 dan ke-2, tujuannya untuk membantu memaksimalkan masa Vegetatif agar dapat lebih maksimal produksinya.

Tabel 1. Kosentrasi pemakaian Produk
 


3.    Panen
Panen dilakukan pada saat tanaman sudah patah pinggang, yaitu berumur -+ 75 hst ini terjadi pada bawang merah Varietas Birma.
Kesimpulan :
Paket Demplot menggunakan produk Petrokimia Kayaku ini menurut petani yang bersangkutan banyak keuntungan yang didapat, mulai dari biaya perawatan cukup hemat karna harga produk terjangkau dengan kwalitas baik, perkembangan tanaman yang lebih baik dari tanaman yang ke-1 dan ke-2 padahal pada lahan ini sudah ditanam yang ke-3 kalinya.
 
Produksi pada lahan Demplot ini mencapai 1.800 kg/ per bal mulsa 20 kg, biasanya pada luasan bal mulsa 20 kg dapat 1.500 kg, jadi ada peningkatan produksi 300 kg/bal mulsa 20 kg. petani merasa puas dengan hasil ini, karna dapat memberikan keuntungan bagi petani.

Demikian artikel PAKET DEMPLOT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN PRODUK PETROKIMIA KAYAKU semoga bermanfaat dan menjadi solusi bagi para petani dimanapun berada untuk dapat meningkatkan hasil dan kualitas Produksi pertanian mereka, dan sukses selalu dari Potret Pertanian.



Demikianlah Artikel PAKET DEMPLOT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN PRODUK PETROKIMIA KAYAKU

Sekianlah Pembahasan PAKET DEMPLOT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN PRODUK PETROKIMIA KAYAKU kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "PAKET DEMPLOT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN PRODUK PETROKIMIA KAYAKU"
    Back To Top