SEKALI TANAM BISA PANEN PADI BERKALI-KALI DENGAN SISTEM BUDIDAYA PADI SALIBU

SEKALI TANAM BISA PANEN PADI BERKALI-KALI DENGAN SISTEM BUDIDAYA PADI SALIBU - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul SEKALI TANAM BISA PANEN PADI BERKALI-KALI DENGAN SISTEM BUDIDAYA PADI SALIBU, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Budidaya, Tanaman Pangan, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : SEKALI TANAM BISA PANEN PADI BERKALI-KALI DENGAN SISTEM BUDIDAYA PADI SALIBU
link : SEKALI TANAM BISA PANEN PADI BERKALI-KALI DENGAN SISTEM BUDIDAYA PADI SALIBU

Baca juga


SEKALI TANAM BISA PANEN PADI BERKALI-KALI DENGAN SISTEM BUDIDAYA PADI SALIBU

-- --
Potret Pertanian -Upaya peningkatan ketahanan pangan Nasional yang dilakukan pemerintah, memicu pada para peneliti untuk berfikir bagaimana meningkatkan hasil panen petani dengan segala daya upaya, sehingga melahirkan sistim-sistem baru dalam berbudidaya. Seperti yang sudah lama diterapkan diindonesia yaitu sistim tanam Jajar Legowo, selanjutnya pnemuan baru yang saat ini sedang disosialisasikan kepada masarakat luas, yaitu sistem tanam padi sengan sistim Salibu.
 
Yang dimaksut sistim tanam padi salibu merupakan tanaman padi yang tumbuh lagi setelah batang sisa panen ditebas/dipangkas, selanjutnya akan muncul tunas baru dari buku yang ada di dalam tanah tunas ini akan mengeluarkan akar baru sehingga suplay hara tidak lagi tergantung pada batang lama,tunas ini bisa membelah atau bertunas lagi seperti padi tanaman pindah biasa, inilah yang membuat pertumbuhan dan produksinya sama atau lebih tinggi dibanding tanaman pertama (ibunya).
 
Padi salibu berbeda dengan padi ratun ( singgang ) ratun adalah padi yang tumbuh dari batang sisa panen tanpa dilakukan pemangkasan batang. tunas akan muncul pada buku palingatas, suplay hara tetap dari batang lama. Pertumbuhan tunas setelah dipotong sangat dipengaruhi oleh ketersedian air tanah, dan pada saat panen sebaiknya kondisi air tanah dalam keadaan kapasitas lapang.
 
Budidaya padi salibu dapat memacu peningkatan produksi padi dengan meningkatkan IP (indekpertanaman). Beberapa keuntungan budidaya salibu diantaranya adalah umurnya relatif lebih pendek, kebutuhan air lebih sedikit, biaya produksi lebih rendah karena penghematan dalam pengolahan tanah,penanaman,penggunaan bibit dan kemurnian genetik lebih terpelihara.
 
Pertumbuhan tunas-tunas terjadi salah satunya karena adanya perlakuan pemangkasan. Tinggi pemangkasan batang menentukan jumlah mata tunas yang ada untuk pertumbuhan ulang, maka tinggi pangkasan berpengaruh terhadap kemampuan pembentukan tunas salibu. 

Budidaya salibu akan meningkatkan indek panen karena,tidak lagi melakukan pengolahan tanah,persemaian dan tanam, sehingga rentang waktu produksi lebih pendek. Budidaya ini secara tidak lansung juga dapat menanggulangi keterbatasan varietas unggul, karena pertumbuhan tanaman selanjutnya terjadi secara vegetative maka mutu varietas tetap sama dengan tanaman pertama. Budidaya padi salibu akan lebih ekonomis sekitar 45 %dibanding budidaya tanam pindah,hal inilah yang meningkatkan pendapatan petani. karena bisa panen berkali-kali.


Demikianlah Artikel SEKALI TANAM BISA PANEN PADI BERKALI-KALI DENGAN SISTEM BUDIDAYA PADI SALIBU

Sekianlah Pembahasan SEKALI TANAM BISA PANEN PADI BERKALI-KALI DENGAN SISTEM BUDIDAYA PADI SALIBU kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "SEKALI TANAM BISA PANEN PADI BERKALI-KALI DENGAN SISTEM BUDIDAYA PADI SALIBU"
    Back To Top