Cara Memanen Buah Pepaya Untuk konsumsi Sendiri Supaya Lebih Manis Rasanya

Cara Memanen Buah Pepaya Untuk konsumsi Sendiri Supaya Lebih Manis Rasanya - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Cara Memanen Buah Pepaya Untuk konsumsi Sendiri Supaya Lebih Manis Rasanya, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Tanaman Buah, Tips, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Cara Memanen Buah Pepaya Untuk konsumsi Sendiri Supaya Lebih Manis Rasanya
link : Cara Memanen Buah Pepaya Untuk konsumsi Sendiri Supaya Lebih Manis Rasanya

Baca juga


Cara Memanen Buah Pepaya Untuk konsumsi Sendiri Supaya Lebih Manis Rasanya

Potret Pertanian - Buah Pepaya, buah favorit saya nih, he he he. bagaimana dengan sahabat potret Pertanian, apakah juga senang dengan buah yang satu ini.?! Pertanyaan selanjutnya adalah, "apakah sahabat potret jiga punya tanaman buah ini!", nah kali ini saya akan berbagi tips yaitu Cara Memanen Buah Pepaya Supaya Lebih Manis Rasanya Ok langsung saja ke TKP.

Pepaya akan mulai berbunga pada umur 3–4 bulan setelah tanam. Sementara buahnya dapat dipanen setelah 3– 4 bulan sejak bunga mekar. Pemanenan biasanya dilakukan pada buah yang telah memenuhi tingkat kematangan optimal atau disesuaikan dengan kebutuhan. Pepaya memiliki 4 stadia kematangan buah, yaitu mature green, quarter ripe (25% kuning), half ripe (50% kuning), dan ripe/matang (75% kuning).

Sebelum pemanenan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni sebagai berikut.
  1. Lakukan pemanenan buah pepaya pada pagi hari (pukul 07.00—10.00) atau sore hari (pukul 15.00—17.00). Pemanenan sebaiknya dilakukan dalam kondisi cuaca cerah.
  2. mati tingkat kematangan buah, yakni dengan cara memperhatikan jumlah semburat merah pada kulit buah (20—25% semburat merah).
  3. Perkiraan umur buah dari saat bunga mekar adalah 140—150 hari atau 4—5,5 bulan.
  4. Agar tidak melukai kulit buah, ada baiknya bila pemetik buah mengenakan sarung tangan. ( jika akan dijual kembali ).
  5. Cara pemetikan dilakukan dengan memutar buah menggunakan tangan sampai terlepas dari tangkainya. Cara lain adalah dengan memotong tangkai buah sepanjang satu buku buah ke atas dengan pisau tajam. Untuk menghindari buah luka atau bonyok, usahakan buah yang dipanen tidak sampai terjatuh.
  6. Bila pohon mulai meninggi, pemetikan buah sebaiknya menggunakan bantuan tangga.
  7. Setelah buah dipanen simpan buah ditempat yang sejuk dan kering.
  8. Lukai kulit ari buah dengan pisau dengan cara menggariskan beberapa bagian seperti gambar diatas. ( tujuanya supaya getah buah pepaya kelur.
  9. simpan buah dengan posisi tangkai buah dibawah seperti penampakan gambar diatas.
Nah demikian sedikit tips  Cara Memanen Buah Pepaya Unuk konsumsi Sendiri Supaya Lebih Manis Rasanya, semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.




Demikianlah Artikel Cara Memanen Buah Pepaya Untuk konsumsi Sendiri Supaya Lebih Manis Rasanya

Sekianlah Pembahasan Cara Memanen Buah Pepaya Untuk konsumsi Sendiri Supaya Lebih Manis Rasanya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Cara Memanen Buah Pepaya Untuk konsumsi Sendiri Supaya Lebih Manis Rasanya"
    Back To Top