Cendawan Macrophoma sp Penyebab Busuk Batang Pada Buah Naga

Cendawan Macrophoma sp Penyebab Busuk Batang Pada Buah Naga - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Cendawan Macrophoma sp Penyebab Busuk Batang Pada Buah Naga, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, hama dan penyakit tanaman, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Cendawan Macrophoma sp Penyebab Busuk Batang Pada Buah Naga
link : Cendawan Macrophoma sp Penyebab Busuk Batang Pada Buah Naga

Baca juga


Cendawan Macrophoma sp Penyebab Busuk Batang Pada Buah Naga

-- --
Potret Pertanian - Budidaya buah naga terbilang mudah dan tidak memerlukan keahlian tertentu, tetapi tetap membutuhkan ketelatenan dan keseriusan. Buah naga dapat berkembang dengan kondisi tanah dan ketinggian lokasi apapun, namun tumbuhan ini cukup rakus akan unsur hara. Di Indonesia, sentra produksi buah naga diantaranya Riau (Siak, Kota Pekanbaru), Banten (Serang), Jawa Tengah (Karanganyar, Tegal), DI Yogyakarta (Bantul, Sleman) dan Jawa Timur (Lumajang, Malang, Banyuwangi, Ponorogo). Seiring berkembangnya pemasaran dan informasi mengenai pasar buah naga, banyak juga daerah yang turut mengembangkan budidaya buah naga, diantaranya di Kepulauan Riau dan Sumatera Barat

Dalam berusaha tani buah naga, serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) merupakan salah satu kendala. Umumnya, OPT buah naga yaitu: kutu daun, kutu sisik, kutu dompolan, kumbang Protaetia impavida, semut merah, atau bekicot. Sedangkan yang banyak menjadi masalah bagi pertanaman buah naga yaitu penyakit busuk batang, bercak coklat, atau antraknosa. Selain itu, yang tidak kalah penting dan cukup mempengaruhi pertumbuhan buah naga adalah keberadaan gulma. Untuk itu, penting dilakukan sanitasi lahan secara rutin untuk membersihkan lahan dari gulma sekaligus memantau perkembangan OPT yang ada.  

Kali Potret akan berbagi  atau mengenalkan Penyebab Busuk Batang pada tanaman buah naga yang saat ini banyak terjadi di perkebunan buah naga yang disebabkan Oleh Cendawan Macrophoma sp.

Tanaman yang terserang penyakit busuk batang menunjukkan gejala berupa bercak bertitik hitam pada ‘pelepah’ tanaman. Bagian yang berwarna hitam merupakan cendawan patogen kemudian lama kelamaan akan membusuk (biasanya basah) pada buah dan batang. Patogen ini (Macrophoma spp.) termasuk cendawan tular tanah (soil borne).

Penyakit busuk buah ini menunjukkan gejala busuk pada buah atau batang, sedang penyakit bercak batang menunjukkan gejala bercak-bercak kecil di batang. Kedua penyakit mempunyai sifat bertahan hidup pada sisa-sisa tanaman sakit misalnya potongan batang atau buah yang , tanah.
Penularan penyakit ini bisa melalui bibit, sedangkan antar tanaman melalui melalui percikan air. Curah hujan yang tinggi apalagi disertai suhu yang tinggi memperberat serangan.
Demikian tadi sedikit tentang  Cendawan Macrophoma sp Penyebab Busuk Batang Pada Buah Naga, semoga dapat bermanfaat dan salam sukses selalu ya.


Demikianlah Artikel Cendawan Macrophoma sp Penyebab Busuk Batang Pada Buah Naga

Sekianlah Pembahasan Cendawan Macrophoma sp Penyebab Busuk Batang Pada Buah Naga kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Cendawan Macrophoma sp Penyebab Busuk Batang Pada Buah Naga"
    Back To Top