• Breaking News

    Kelapa Kopyor Varietas Genjah Coklat

    Potret Pertanian - Kelapa kopyor sebenarnya merupakan buah abnormal. Kelapa biasa, daging buahnya melekat pada tempurung dan terpisah dari air kelapa. Pada kelapa kopyor, daging buah tidak melekat pada tempurung melainkan tercampur pada air kelapa. Hingga apabila kelapa kopyor diguncang-guncang, maka suara yang ditimbulkannya sangat khas, beda dengan kelapa biasa. Karena daging buahnya tidak melekat pada tempurung, maka selulosa (serat kasar) pada daging buah kelapa kopyor juga tidak terbentuk. Hingga tekstur daging buah kelapa kopyor tetap lunak dan lembut. Karenanya banyak orang yang mengira, bahwa kelapa kopyor adalah kelapa muda. Padahal kelapa kopyor justru dipetik setelah tua. Semua jenis kelapa, baik kelapa genjah maupun dalam, sama-sama berpeluang untuk menjadi kopyor.

    Tapi kali ini potret akan mengabarkan bagi sahabat Potret Pertanian yang ingin membudidayakan Kelapa Kopyor tersebut, jangan sampai salah memilih bibit yang baik dan benar ( bibit unggul ), Nah berikut Rekomendasi buat sahabat Potret yang akan menanam kelapa Kopyor, semoga bermanfaat.

    VARIETAS UNGGUL PERKEBUNAN – Kelapa kopyor varietas Genjah Coklat beradaptasi luas pada lahan kering beriklim basah dengan ketinggian lokasi hingga 300 m dpl. Kelapa unggul ini memiliki buah dengan lingkar polar 49 cm, lingkar equatorial 43 cm, dan kadar minyak 8% bobot basah, dan kulit buah berwarna kuning. 

    Varietas unggul Genjah Coklat dapat dipanen pertama pada berumur 48 bulan, bobot buah utuh rata-rata 1,1 kg, jumlah buah per pohon 80 -150 butir atau 1.200 butir per hektar per tahun, ukuran buah sedang.

    Varietas kelapa kopyor genjah ini disukai oleh umumnya masyarakat dan permintaan untuk konsumsi cukup tinggi. Oleh karena itu, varietas Genjah Coklat perlu dikembangkan secara luas dan komersial.

    Asal  ( Kecamatan Tayu, Margoyoso dan Duku Seti, Kab. Pati )
    Lingkungan tumbuh ( Lahan kering iklim basah, tumbuh baik di dataran rendah sampai 300 m dpl.)
    Umur mulai berbunga (bln) = ( 42 ± 6.0 )
    Umur mulai panen (bln) = ( 48 ± 6.0)
    Warna buah  = ( Coklat )
    Berat buah utuh (g) =   ( 1.001,82 ± 287,95 )
    Jumlah buah/tandan (btr) = ( 11,40 ± 4,21)
    Jumlah buah/phn (btr) =  ( 80 – 150 )
    Jumlah buah kopyor/tandan (btr)     :  4,00 ± 2,45
    Jumlah buah/ha/th (btr)                     : 1.200 ± 200
    Persentase buah kopyor (%)               : 34,99 ± 12,95
    Kadar minyak (%)                                 : 7,88 – 8,02
    Bentuk buah                                           : Bulat agak bulat
    Ukuran buah                                          : Sedang
    Tipe daging buah kopyor                      :Tipis dan tebal


    Demikian sekilas tentang Kelapa Kopyor Varietas Genjah Coklat sebagai rokomendasi bibit unggul untuk dibudidayakan, terimakasih telah berkunjung dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad