Mesin Untuk Menanam Padi ( Rice Transplanter SPW-48C )

Mesin Untuk Menanam Padi ( Rice Transplanter SPW-48C ) - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Mesin Untuk Menanam Padi ( Rice Transplanter SPW-48C ), Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Alat dan mesin Pertanian, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Mesin Untuk Menanam Padi ( Rice Transplanter SPW-48C )
link : Mesin Untuk Menanam Padi ( Rice Transplanter SPW-48C )

Baca juga


Mesin Untuk Menanam Padi ( Rice Transplanter SPW-48C )

Potret Pertanian - Penanam Padi Otomatis (Rice transplanter) adalah mesin modern untuk menanam bibit padi dengan sistem penanaman yang serentak. Cara pakai alat ini sangat gampang. Bibitkan gabah dalam petakan sawah seluas 20x80 cm. Setelah tumbuh menjadi bibit dan sudah berumur 15 hari, bibit tersebut ditaruh di atas mesin rice transplater.

Selanjutnya, mesin siap beroperasi. Dalam sekali gerak, mesin ini dapat membuat 4 jalur dengan jarak antar jalur 30 cm. Hanya dalam waktu 4 jam, satu ton bibit padi yang digendongnya sudah habis ditanam.
aSeorang operator dapat menanam mulai dari 0.8 sampai 1.0 hektar per hari karena SPW-48C 20 kali lebih efisien dibandingkan metode penanaman manual.

Penanaman manual VS SPW-48C

Hasil negatif dari penanaman manual : penanaman manual secara signifikan meningkatkan biaya tenaga kerja.b
Hasil positif dari SPW-48C : biaya tenaga kerja secara signifikan berkurang dikarenakan hanya satu orang operator yang diperlukan.c

Penanaman Lebih Presisi dan Akurat

Cakar penanam anti karat dan tidak merusak bibit

1Mesin SPW-48C aman bagi bibit di mana 2 cakar penanam mengangkat bibit secara hati-hati dari alat, kemudian bibit ditanam di dalam tanah. Hasil penanamannya presisi dan akurat seperti layaknya tanam menggunakan tangan manusia.
Cakar penanam ini terbuat dari besi anti karat dan mampu mempertahankan presisi dan keakuratan tanam bahkan setelah bekerja berjam-jam di lapangan.
2

Sistem penanaman dapat disesuaikan

Jumlah bibit per lubang, jarak tanam, dan kedalaman tanam dapat disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Keuntungan bagi Pengguna

  • Jarak antar tanaman dalam satu barisan dapat diatur dengan mudah.
  • Jumlah bibit yang ditanam dapat diatur sesuai dengan jarak tanam yang digunakan.
  • Tingkat kedalaman tanam bibit dapat diatur menjadi 5 tingkatan dengan hanya menggunakan tuas, sehingga akar tanaman dapat tumbuh secara optimal.

Desain ringkas dan ringan

3Bahan plastik digunakan pada beberapa bagian dari rangka alat guna mengurangi berat sehingga dapat meningkatkan kemampuan manuver dan juga mempermudah dalam pengangkutan.

Keuntungan bagi pengguna

  • Alat mampu menanam di berbagai kondisi baik di lahan sawah dalam maupun petakan sawah yang sempit.
  • Alat mudah dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya sehingga penggunaan alat dapat semaksimal mungkin.

Mudah dalam Pengoperasian

Memulai pengoperasian dengan mudah dan sederhana

Pengoperasian penanaman dapat dimulai sesaat setelah kopling transplantasi dan tuas kopling digerakkan ke posisi “ON”. Selain itu, tugas operator hanyalah mengubah tuas akselerator untuk pemilihan kecepatan operasional.
11

Keuntungan bagi pengguna

Pengoperasian dapat dimulai dengan sangat mudah, bahkan untuk operator yang belum berpengalaman.

Tuas untuk menyesuaikan ketinggian

Tuas pengontrol ketinggian dapat disesuaikan sehingga memudahkan operator memilih posisi terbaik yang paling efisien dan minimalisir rasa lelah selama pengoperasian penanaman.
12

Keuntungan bagi pengguna

Tuas ketinggian dapat dengan mudah disesuaikan dengan jangkauan operator sehingga efisiensi kerja dapat maksimal. Selain itu, tingkat kelelahan menjadi minimal walaupun setelah bekerja berjam-jam di lapangan.

Tuas-tuas pengontrol mudah terjangkau

13Semua tuas pengontrol yang terdiri dari main switch, tuas kopling tanam, tuas kopling gerak, dan tuas akselerasi dapat dijangkau dengan mudah oleh operator.

Keuntungan bagi pengguna

  • Pengoperasian penanaman dapat dijalankan dengan lancar.
  • Sangat mudah dijalankan walaupun untuk operator pemula.

Efisien dalam Bekerja

Dimensi tempat bibit besar

14Pengisian bibit sangatlah mudah sehingga proses penanaman berjalan lancar dan efisien.

Dimensi tempat bibit dapat diperluas

Dengan dimensi tempat bibit yang lebih luas, frekuensi pengisian ulang bibit berkurang secara signifikan sehingga efisiensi pengoperasian dapat ditingkatkan.
15

Lampu dengan multi-reflektor

16Pengoperasian dan perpindahan dari satu lokasi ke lokasi lain pada waktu malam hari dapat dikerjakan dengan jauh lebih mudah.

Mudah dalam Perawatan

17Penutup mesin dapat dibuka dengan mudah tanpa memerlukan alat bantuan.

Keuntungan bagi Pengguna

  • Akses ke ruang mesin tergolong mudah, pemeriksaan serta perawatan harian dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.
  • Mudahnya penggantian Busi menjadikan efisiensi pengoperasisan meningkat secara signifikan.

Kekuatan Tinggi dan Keunggulan Efisiensi

Tenaga mesin tangguh dan handal

21Mesin Penanam SPW-48C didukung oleh mesin berbahan bakar besin OHV (Overhead Valve) berdaya 4.3 HP dengan kemampuan gerak mencapai 0.77 m/detik, menghasilkan performa operasional yang luar biasa di berbagai kondisi lapangan.

Keuntungan bagi pengguna

  • Pengoperasian berjalan dengan handal dan lancar bahkan pada kondisi lahan dalam atau lahan dengan tekstur tanah yang liat atau lengket.
  • Penghematan bahan bakar menjadikan biaya operasional lebih murah.

Tangki bahan bakar besar dan saluran pengisian lebar

23Tangki bahan bakar 4L yang besar membuat pengoperasian penanaman dapat terus dilakukan berjam-jam sementara saluran pengisian bahan bakar yang berdiameter 64mm membuat pengisian bahan bakar menjadi lebih mudah dan cepat.

Keuntungan bagi pengguna

Dengan mesin berbahan bakar bensin yang hemat energi, fitur-fitur ini mampu mengurangi secara signifikan jumlah pengisian ulang bahan bakar sehingga biaya operasional dapat semurah mungkin.

Roda berdiameter besar

25Dengan diameter roda 660 mm, pengoperasian dapat dilakukan pada lahan dalam dan berlumpur. Selain itu, bagian as mesin yang berbentuk segi enam membuat ketahanan mesin lebih unggul.

Keuntungan bagi pengguna

  • Daya cengkram roda yang mantap mampu menghasilkan pengemudian lebih handal dan bertenaga bahkan pada lahan persawahan yang dalam.
  • Roda berdiameter lebar juga mampu membuat pengoperasian penanaman lebih stabil dalam berbagai kondisi lapangan.

22

Penyesuaian kerja pada kondisi tanah bergelombang

24Mekanisme yang inovatif mampu membuat roda mesin menyesuaikan dengan permukaan tanah yang bergelombang sehingga mesin penanam tetap berada pada posisi operasional yang terbaik bukan hanya untuk ketepatan dan keefisiensian penanaman, tetapi juga untuk meminimalisir kerusakan pada rangka luar mesin.

Keuntungan bagi pengguna

Kedalaman penanaman yang stabil dapat tetap terjaga bahkan pada kondisi permukaan tanah yang bergelombang.

Perlindungan alat dengan adanya bemper

26Dengan adanya bemper dapat melindungi alat dari benturan dan masuknya material asing ke mesin selama pengoperasian di lapangan.

Keuntungan bagi pengguna

Fitur ini membantu mencegah platform/tempat bibit dan juga laci/wadah bibit dari kerusakan yang disebabkan benturan dengan batu keras atau lainnya yang sering dialami dalam pengoperasian penanaman.

Spesifikasi

spw-48c
transplanter
spw48c1

Seeder SR-K610

seeder



Demikianlah Artikel Mesin Untuk Menanam Padi ( Rice Transplanter SPW-48C )

Sekianlah Pembahasan Mesin Untuk Menanam Padi ( Rice Transplanter SPW-48C ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Mesin Untuk Menanam Padi ( Rice Transplanter SPW-48C )"
    Back To Top